Apa yang menyebabkan diabetes melitus dan bagaimana solusinya?

sebab-solusi-diabetes-melitus
Sebelum anda meneruskan membaca artikel ini, apakah anda sudah membaca artikel berkenalan dengan diabetes melitus? Kalau belum segera dibaca ya....

Baik kalau sudah, kita lanjut ke bab panjang berikutnya mengenai penyakit yang bernama diabetes melitus ini. Bab itu adalah apakah penyebab dari penyakit diabetes melitus dan bagaimana solusinya? 



Penyebab terjadinya diabetes melitus

Secara awam penyakit ini muncul akibat  tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. Dalam hal ini, kerja pankreas terganggu dalam menghasilkan insulin yang sesuai dengan kebutuhan. Pada keadaan tertentu pankreas bisa saja menghasilkan banyak insulin, namun tubuh tidak meresponnya sebagai insulin yang cukup. Jadi walau produksi insulin banyak, tubuh tidak menganggapnya demikian akibat respons tubuh terhadap insulin yang kurang. Ini lah dua sebab yang menjadikan sesoeorang terkena diabetes.

Tentu saja kondisi di atas bukan sesuatu yang tiba-tiba saja terjadi. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan seseorang mengalami diabetes melitus. Pemicu itu adalah :

1. Keturunan

Seperti halnya hypertensi, gen diabetes akan juga diturunkan pada keturunannya. Orang yang dalam riwayat keluarganya ada yang menderita diabetes, terutama diabetes tipe 2, akan 6 kali lebih besar kemungkinan terkena diabetes dari pada orang yag tidak. Ini tentu berhubungan dengan kekhasan metabolisme orang yang berbeda. Boleh jadi respons tubuh orang yang punya bakat diabetes akan insulin menjadi lebih rendah daripada orang yang tidak punya bakat itu. Apakah kondisi ini bisa di rubah! Cari tahu di sini “Orang tua diabetes, apakah anaknya otomatis iya?”

2. Obat-obatan yang merusak pankreas

Ini yang sangat berat, beberapa obat ternyata mempunyai efek buruk terhadap pankreas. Contohnya adalah obat penurun kadar kolesterol seperti statin. Obat ini akan merusak sel pankreas sehingga tidak cukup memenuhi kebutuhan insulin tubuh. Bahkan insulin bisa saja nol. Kalau sudah begini satu-satunya jalan adalah dengan terapi insulin Mengurangi sebebsar-besarnya obat kimia adalah jalan yang tepat agar respons tubuh terhadap insulin tetap baik.

3. Obesitas

Selain keturunan, Kegemukan merupakan faktor penting penyebab sesorang terkena diabetes. Masalahnya adalah kelebihan lemak yang dialami oleh sesorang akan menyebabkan resistensi terhadap insulin. Ini sebabnya dokter selalu menyarankan agar penderita DM harus menjalankan program diet untuk memperbaiki respons tubuh terhadap insulin. Dengan menurunkan berat badan akan mengurangi jumlah lemak sehingga membantu tubuh memanfaatkan insulin dengan lebih baik. Apakah berat badan anda berlebih? disini cara mencari tahu

4. Hamil

Ini adalah sebab seseorang mengalami diabetes tipe III atau gestasional diabetes. DM gestasional ini hanya selama kehamilan dan akan pulih setelah melahirkan. 2–5% kehamilan akan mengalami DM jenis ini. Penderita DM tipe ini dapat sembuh total  meskipun harus tetap diawasi dengan ketat oleh dokter selama kehamilan.

Solusi agar terhindar dari DM

Setalah anda  mengetahui hal-hal yang bisa mengakibatkan diabetes sekarang saatnya anda juga mengetahui bagaimana menghindari agar kita tidak terkena diabetes. 

Karena diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Solusi untuk menghindari atau  mencegah diabetes adalah dengan merubah gaya hidup anda. Gaya hidup seperti apakah yang bisa membuat kita dijauhi penyakit yang bisa mengakibatkan komplikasi ini? Gaya hidup itu adalah antara lain :

1. Istirahat berkualitas

Istirahat cukup merupakan salah satu faktor gaya hidup sehat. Jika istirahat kita berkualitas otomatis kerja seluruh organ tubuh termasuk pankreas akan ikut naik

2. Perbanyak gerak lewat olahraga

Olahraga adalah cara paling efektif dalam membakar lemak dan meningkatkan fitalitas tubuh. Utamanya adalah kesehatan metabolisme seseorang. Olahraga akan membuat metabolisme gula menjadi lancar.

3. Hindari menonton TV terlalu lama

Menonton TV atau bekerja di depan komputer terlalu lama akan selalu dihubungkan dengan penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung dan diabetes melitus. Ini ada hubungannya dengan kecenderungan para TV holic dengan kebiasaan ngemil, makan terlalu banyak dan kurang istirahat.Anda mesti tahu, menonton TV lebih dari 2 jam sehari bisa membuat anda jantungan lo... 

4. Diet

Percuma jika anda olahraga keras namun tidak diimbangi dengan berdiet secara sehat. Dengan berdiet orang akan mempunyai keseimbangan antara apa yang ia masukkan ke dalam tubuh dan pengeluaran berupa aktivitas. Olahraga bukan hanya jalan untuk mencegah diabetes. Bahkan orang yang sudah positif DM sangat dianjurkan untuk berdiet dengan benar.

5. No Junk Food

Junk food merupakan makanan jahat di muka bumi. Makanan semacam ini akan kaya dengan lemak, karbohidrat yang jika tidak diimbangi dengan gerak tubuh kelak akan menumpuk dalam tubuh dalam bentuk lemak. Anda sudah tahu bukan lemak akan mengurangi respons tubuh terhadap insulin?

Jika anda sudah mengetahui sebab dan bagaimana menghindari diabetes. Semoga kita akan sukses menghindari penyakit ini dengan jalan sesegera mungkin merubah secara revolusioner gaya hidup kita selama ini yang mungkin tidak sehat!

Sudah saat nya kita menyatakan perang terhadap diabetes melitus sekarang juga. 

Selamat sehat! 

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger