Berkenalan dengan penyakit hernia

pengertian-penyakit-herniaTidak seperti namanya yang cantik, hernia ternyata adalah nama sebuah penyakit yang membuat orang menderita rasa sakit yang amat sangat. Ini terjadi karena infeksi yang terjadi pada hernianya. 

Hernia bisa dibilang adalah sebuah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Pelemahan otot perut ini terjadi karena faktor usia dan aktifitas yang berlebih. Pada anak-anak otot perut belum sekuat saat dewasa karena itu sering terjadi hernia pada anak-anak. Pada orang tuapun begitu, sering terkena hernia karena pada orang tua otot perut sudah mulai berkurang kekuatannya sehingga rawan turun. Anda juga pasti sering mendengar para olahragawan terserang hernia bukan? Itu semua karena aktivitas harian mereka yang  selalu menguras banyak tenaga.

Penyakit yang sering disebut turun berok ini memang lebih sering menyerang laki-laki. Penyakit ini terjadi akibat menonjolnya isi suatu rongga (misalnya usus) melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga.  Dinding rongga itu sering membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin untuk tempat keluar masuknya usus

Sejarah hernia 

Hernia diambil nama seorang professor yang melakukan penelitian di kota Maumere bernama sama dengan penyakit tersebut. Di dataran tinggi Papua Barat, Prof. Hernia menemukan sebuah virus yang menyebabkan isi rongga keluar melalui dinding rongga yang tipis ini. Profesor itu menemukan dalam penelitiannya  bahwa virus hernia hampir sejenis dengan jenis virus Avian influenza atau flu burung.

Sebab-sebab terjadinya Hernia 

Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis menutup, sehingga celah itulah yang akan dimasuki testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi biasanya karena aktivitas yang terlalu berat, rongga itu akan melemah.  Lain halnya apa yang terjadi pada orang tua, karena faktor usia maka akan terjadi pelemahan rongga yang tentu akan menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Jenis-jenis hernia

Hernia bisa saja terjadi karena bawaan sejak lahir bisa juga muncul setelah sudah dewasa. Letaknya pun bervariasi. Karena itulah jenis hernia bisa dibagi menjadi banyak kategori. Berikut ini adalah jenis-jenis hernia yang perlu anda ketahui :

Menurut  terjadinya, hernia di bagi menjadi dua yaitu :
Hernia bawaan / kongenital : adalah hernia yang ada sejak lahir sebagai penyakit kelainan bawaan. 
hernia yang didapat / akuisita : adalah hernia yang di dapat setelah dewasa

Berdasarkan letaknya, hernia dibagi menjadi 4, yaitu :
hernia diafragma yaitu hernia pada diafragma dada
hernia inguinal yaitu hernia pada selakangan
hernia umbilical yaitu hernia pusar
hernia femoral yaitu hernia di lipat paha

Berdasarkan sifatnya, hernia dibagi menjadi 5, yaitu :
hernia reponibel : bila isi hernia dapat keluar masuk.
hernia irreponibel : bila isi hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga hernia
hernia strangulata : bila terdapat keluhan nyeri karena terjepitnya pembuluh darah
hernia incarserata : bila hernia mengakibatkan timbulnya penyumbatan
hernia akreta  : bila hernia tidak mengakibatkan rasa nyeri
 

Penyembuhan hernia 

Tindakan paling umum yang dilakukan oleh dokter untuk menyembuhkan hernia adalah tindakan pembedahan. Dengan operasi dokter akan menutup lubang hernia sehingga bagian perut tidak akan keluar masuk lagi. Sebagian orang menyarankan penggunaan sabuk khusus untuk hernia, hanya saja efek penyembuhan oleh alat ini masih belum bisa di kaji lebih lanjut ke efektifannya maupun efek samping yang mungkin ada. Alat ini karena hanya bisa di gunakan untuk jenis-jenis hernia tertentu saja. 

Hernia mungkin bukanlah penyakit yang menakutkan. Namun yang lebih menakutkan justru operasi yang akan dilakukan untuk mengatasi hernia. Walaupun tingkat keberhasilan operasi hernia sangat tinggi, lebih baik kita menjaga diri saja daripada harus tidur di meja operasi akibat hernia.

Semoga anda sehat selalu. Selamat Sehat!









Share this article :

+ comments + 2 comments

March 29, 2015 at 8:28 PM

Solusi Penyakit Hernia: Selain pengobatan secara medis atau operasi bisa dengan Obat Hernia yang alami, karena jika alami sifatnya obat hernia ini sangat aman untuk dikonsumsi, dan juga bisa di gunakan sebagai obat hernia untuk anak bayi, dewasa maupun oran tua. Banyak para orang tua yang mencari informasi bagaima cara mengobati penyakit hernia pada anak bayi tanpa operasi ya karena bayi mungkin tidak seperti orang dewasa karena tingkat kekhawatirannya sangat tinggi. Banyak cara yang bisa dijadikan solusi untuk obat hernia pada bayi, anak, dewasa, dan orang tua tanpa harus operasi salah satunya dengan obat hernia yang alami.

jika letak hernia berada dilipatan paha atau penyakit hernia inguinali selain dengan obat penyakit hernia alami bisa dibantu juga dengan pemakain celana hernia. Agar pengobatan hernia ini berjalan dengan yang diharapkan carilah informasi dan penjelasan mengenai hernia contohnya seperti penyebab penyakit hernia, gejala penyakit hernia apa saja bahaya hernia baik lewat buku, internet maupun dokter spesialis. Jika kita sudah paham mengenai penyakit hernia ini mudah-mudahan anda bisa tahu bagaimana cara mengatasi penyakit hernia pada bayi, anak, dewasa maupun orang tua. walaupun didunia medis belum ada obat untuk penyakit hernia selain operasi tetapi dengan pengobatan hernia secara alami atau herbal sudah banyak testimoni hernia dengan produk herbal AgaricPro

terimakasih sudah berbagi infoo nya, salam kenal ya
obat herbal benjolan diketiak ampuh

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger