Cara paling jitu menurunkan kolesterol. Terbukti!


cara-jittu-turun-kolesterol
Saat anda mengetahui bahwa kadar kolesterol dalam darah anda tinggi dan melebihi angka normal, anda bisa kalang kabut dibuatnya. Saat anda belakangan mengetahui bahwa kolesterol tinggi adalah penyebab sakit jantung dan stroke, saya yakin kekhawatiran anda akan semakin semakin berlipat. 

Namun jika anda mengetahui bagaimana caranya menurunkan kolesterol, anda seharusnya tidak perlu stres. Karena sebenarnya kelebihan kadar kolesterol adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh kesalahan gaya hidup bagi pengidapnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengetahui lebih detail tentang penyakit ini di “ berkenalan dengan kolesterol “
Kesalahan gaya hidup ini adalah berupa asupan makan yang tak terkontrol, kurang aktivitas fisik dan stres. Karena itulah usaha menurunkan kolesterol itu akan berputar di sekitar tiga hal itu.

Karena itu mari kita sama-sama mempelajari bagaimana cara jitu menurunkan kadar kolesterol.

Kontrol makanan  berlemak

Orang yang kolesterol tinggi kadang paranoid dengan segala sesuatu makanan yang mengandung lemak. Sehingga sama sekali tidak menyentuhnya. Padahala hal ini justru salah. Dalam kadar yang seperlunya lemak itu dibutuhkan tubuh. karena itu untuk menurunkan kolesterol bukan dengan tidak makan berlemak sama sekali. Namun membatasi. Tentu makan gorengan  masih bisa di makan hanya dengan perlakuan khusus. Seperti saat anda menggoreng usahakan tidak terlalu panas agar tidak mengoksidasi minyak goreng. Tidak menggunakan minyak goreng yang sudah dipergunakan tiga kali. Setelah gorengan selesaipun harus meniriskan makanan harus benar, untuk lebih mengurangi lagi biasanya anda memerlukan tisyu atau kertas untuk mengeringkan minyak.

cintai makanan penurun kolesterol

Tentu yang turun bukanlah HDL yang bersifat baik, namun yang turun adalah kolesterol jenis jahat yaitu LDL. Memperbanyak makanan yang meningkatkan HDL otomatis akan menurunkan dengan sendirinya kadar LDL dalam darah anda. Makanan ikan-ikan-an terutama ikan laut mengandung banyak minyak tak jenuh yang mampu meningkatkan HDL. Demikian juga sayur kacang-kacangan, dan buah alpukat. Biar anda lebih jelas simak artikel “ tingkatkan HDL dengan asupan ini” 

Banyak-banyak anti oksidan 

Faktanya, antioksidan juga melindungi diri kita dari penyakit kelebihan kolesterol, seperti halnya penyakit jantung. Antioksidan memberi perlindungan terhadap kerusakan radikal bebas. Antioksidan dijumpai pada kebanyakan buah dan sayur. Teh hijau dan juga cokelat hitam dengan kualitas baik adalah sumber antioksidan. Kehadiran antioksidan ini akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Olahraga rutin

Olahraga dalam level sedang yang dilakukan secara teratur  dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga otomatis menurunkan kolesetrol buruk dalam darah anda(LDL). Olahraga yang cukup dan berkelanjutan, paling tidak 30-40 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu, seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang adalah pilihan yang sangat baik untuk memperoleh kadar kolesterol yang normal. 

Haramkan rokok

Di samping beresiko mengakibatkan penyakit jantung, dan kangker, rokok juga dapat mengakibatkan penurunan kadar kolesterol HDL. Berhenti merokok saja dapat menaikan kolesterol baik (HDL)  hingga 10 persen. Bonusnya berhenti merokok akan menurunkan tekanan darah Anda . Dalam waktu 24 jam, resiko Anda mengalami serangan jantung akan menurun, dan setelah 1 tahun risikonya hanya tinggal setengahnya dibandingkan perokok. 

Praktekkan manajemen stres

Rasa-rasanya sanat tidak mungkin menghilangkan sama sekali masalah dalam hidup anda. Yang bisa anda lakukan adalah memanajemen masalah tersebut sehingga tidak membuat anda stress apalagi depresi. Karena jika anda gagal, maka akan berdampak buruk pada metabolise tubuh secara keseluruhan seperti kadar gula darah, tekanan darah maupun metabolisme lemak. Stres akan membuat kolesterol anda akan naik. Ini akan diperparah dengan semangat anda untuk melahap banyak makanan sebagai pelampiasan saat anda mengalami stres. 

Jagalah Hati

Seberapapun besar usaha anda untuk memerangi kolesterol, akan terasa percuma jika anda tidak memperhatikan kesehatan organ yang memproduksi kolesterol alami tubuh anda. Organ yang mesti anda jaga itu adalah hati atau liver sebagai penyumbang 80% kadar kolesterol dalam tubuh. Karena itu, jika fungsi hati terganggu, akan sangat mempengaruhi sintesa kolesterol darah. 

Diet tepat

Langkah diet adalah langkah penyembuhan sekaligus pencegahan. Saat anda berhasil menurunkan kolesterol, sangat disarankan anda menjaga pola makan atau kata lain anda dianjurkan untuk berdiet. Diet akan membuat postur tubuh anda akan semakin ideal dan menjaga tubuh anda mengalami obesitas. Diet rendah lemak (jenuh) sangat efektif dalam usaha menurunkan kadar kolesterol darah anda.  Untuk mengetahui tips-trik dalam berdiet, sangat disarankan untuk menyimak semua artikel tentang diet di labet diet.

Itulah beberapa cara paling baru yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah anda. Semoga membantu untuk mendapatkan kesehatan maksimal anda.

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger