Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Menggunakan High Heels

bahaya-sepatu-hak-tinggi
High heel atau sepatu berhak tinggi sempat jadi trend beberapa tahun lalu hingga saat ini Ini. Mungkin karena high heel  dinilai sebagai sepatu yang dapat menambah kepercayaan diri seseorang, apalagi yang mempunyai postur tubuh minimalis. Penggunaan sepatu berhak tinggi ini akan bisa menutupi “kekurangan” wanita dalam masalah postur tubuh. Kegunaannya yang penting ini membuat high heels seakan tak pernah terpisahkan dengan kehidupam para wanita modern belakangan ini.  

Hanya saja penggunaannya yang terlalu sering ternyata memberi efek negatif buat pemakainya. Ini telah di buktikan dengan berbagai penelitian bahwa penggunaan sepatu berhak tinggi ini terbukti kurang baik untuk beberapa anggota tubuh tertentu. Belakangan para ahli tulang menilai bahwa high heel telah memicu beberapa kasus nyeri sendi dan ngilu otot. 

Maka dari itu, anda mesti tahu apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh anda saat mengenakan high heels. Dan inilah yang terjadi pada tubuh wanita ketika sedang memakai sepatu berhak tinggi :

Keseluruhan kaki
Saat menggunakan high heels, sebagian besar masa tubuh anda akan bertumpu pada tulang kaki bagian depan. Ini akan membuat Anda lebih cepat lelah dan memberikan pekerjaan ekstra pada tulang tersebut.  Semakin tinggi hak sepatu  yang anda gunakan, semakin berat kaki anda menopang massa tubuh. Bila keadaan ini berlangsung lama bisa-bisa tulang dan syaraf kaki anda rusak dibuatnya.

Betis dan Pergelangan kaki
Penggunaan high heels memaksa betis Anda untuk condong ke depan. Posisi ini pastinya akan menghambat sirkulasi darah di daerah tersebut. Akibatnya anda akan sering merasakan pegal dan linu di area tersebut.  

Punggung
Inilah bagian tulang yang sangat tersiksa saat anda memakai high heels. Tulang belakang Anda perlu menyesuaikan posisinya dengan posisi high heels. Ini akan membuat otot dan tulang belakng menjadi tidak seperti biasanya dan menyebabkan sakit punggung. Pada jangka waktu lama, ruas-ruas tulang belakang akan menyempit dan akan menjepit syaraf di antaranya. Jika dibiarkan saja, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kelumpuhan. 

Lutut
Meski pusat tumpuan ada pada pergelangan kaki, namun lutut juga mendapat beberapa persen tumpun dari beban tubuh. Penggunaan heels yang lama akan membuat bagian dalam lutut tertekan dan meningkatkan resiko cidera. Bahkan jika anda sudah berumur panjang sekalipun, anda harus mewaspadai terjadinya penyakit osteoartrhitis.

Terus apa yang harus dilakukan?

Sebaiknya selingi penggunaan high heels dengan alas kaki yang rata/flat agar otot Anda tidak bekerja ekstra secara terus menerus. Pergelangan kaki Anda dapat menopang anda dengan baik meski tanpa high heels. Sebaiknya Anda tidak menggunakan heels pada saat Anda harus berjalan dan berdiri dalam waktu yang lama. Jika itu membuat anda agak terlihat mungil, tidak masalah. Bukankah mungil sehat lebih baik dari pada tinggi tapi sakit-sakitan. Right?

Selamat sehat….

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger