Awas, Trigliserida lebih bahaya dari kolesterol. Apa itu?

obat-gejala-trigliserida-tinggi
Anda mungkin salah satu orang yang aneh mendengar kata trigliserida. Selain sulit di ucapkan dengan lidah orang Indonesia, biasanya salah istilah ini hanya familier di orang orang di lingkungan kesehatan. Selainnya orang awam hanya menyebut istilah ini dengan lemak darah atau bahkan hanya kolesterol. Padahal jika di sebut seperti itu, juga tidak cukup benar.

Meskipun aneh, dokter utamanya dokter spesialis penyakit dalam selalu menganjurkan pemeriksaan trigliserida ini untuk pasien-pasien yang diindikasikan punya masalah pada lemak darahnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan rombongan dengan pemeriksaan lainnya seperti HDL, LDL dan lain-lain, karena memang sangat berkaitan satu sama lain.

Jadi jika anda ingin mengetahui arti sebenarnya trigliserida ini, ada baiknya anda terus mengikuti penjelasan demi penjelasan di tulisan ini. Kawal terus ya..

Trigliserida adalah? Apa hubungannya dengan kolesterol?

Trigliserida merupakan jenis lemak yang merupakan elemen penting di dalam darah. Trigliserida merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi dan masuk ke tubuh. Tligliserida ini juga di produksi otomatis di dalam hati. Karena itu Sebenarnya trigliserida ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Kecuali jika keberadaannya berlebihan.

Sementara itu, trigliserida yang berada di luar hati dan berada dalam jaringan misalnya jaringan pembuluh darah, otot, jaringan lemak akan dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase. Sisa hidrolisis kemudian akan dimetabolisme oleh hati menjadi kolesterol LDL.

Kalori yang didapatkan tubuh dari makanan yang dikonsumsi tidak akan langsung digunakan oleh tubuh melainkan disimpan dalam bentuk trigliserida dalam sel-sel lemak di dalam tubuh yang berfungsi sebagai energi cadangan tubuh.

Nah, jika terlalu banyak makanan berlemak yang kita konsumsi, lemak yang semula hanya sebagai cadangan, tidak akan punya status sebagai cadangan lagi. Karena gudangnya sudah penuh. Jadilah hypertrigliserida atau trigliserida tinggi.

Asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan efek trigliserida di dalam tubuh seseorang. Jika kadar trigliserida meningkat, maka kadar kolesterol pun akan meningkat pula.

Trigliserida yang berlebih dalam tubuh akan disimpan di dalam jaringan kulit sehingga tubuh terlihat gemuk. Seperti halnya kolesterol, kadar trigliserida yang terlalu berlebih dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Efeknya bisa di lihat pada tulisan ini berkenalan dengan kolesterol atau pendek kata trigliserida darah yang berlebih akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan yang fatal seperti jantung koroner, stroke perdarahan maupun infark (kematian sel), dan lain sebagainya. 

Apa beda trigliserida dengan kolesterol

Walaupun keduanya sama-sama jenis lemak dasar dan memiliki kemiripan, tetapi ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut dapat dibedakan berdasarkan fungsi dan di mana ia di simpan.

Kolesterol berfungsi membangun sel-sel dan hormon-hormon tertentu dalam tubuh sedang fungsi trigliserida adalah menghasilkan energi bagi tubuh.


Berdasarkan di mana ia di simpan, kedua jenis lemak darah ini bisa di bedakan lagi. Kolesterol akan disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah. Sedang Trigliserida akan disimpan dalam sel lemak di bawah jaringan kulit.

Apa gejala trigliserida tinggi?

hipertrigliseridemia akan banyak meninggalkan keluhan pada penderitanya, seperti cephalgia (pusing), pening, rasa berat di kepala, mbliur atau vertigo,  migrain (sakit kepala sebelah)   vertigo (pusing berputar),   lemas,   penglihatan menjadi kabur atau berkunang-kunang,  mudah mengantuk,  emosi tak stabil,   mual,   keringat dingin  kadang di barengi dengan kesulitan nafas,    sering bersendawa, kebas atau kesemutan di tangan dan kaki.
Gejala-gejala itu bisa timbul secara perlahan-lahan, bisa juga timbul secara mendadak, bisa timbul satu demi satu, bisa juga timbul bersamaan. Semakin tinggi kadar trigliserida, semakin banyak keluhannya. 

Apa yang menyebabkan kadar Trigliserida tinggi
Umumnya penyebab dari kadar trigliserida tinggi ini tidak beda dengan penyebab kadar lemak darah lain. Karena itu jika HDL, LDL tinggi, biasanya juga akan mengerek angka trigliserida tinggi. Terlalau banyak asupana makana berlemak jenuh menjadi biang dari kenaikan kadar lemak darah termasuk trigliserida. Selain itu kekurangan aktifitas tubuh juga berpengaruh secara signifikan. Sedang asupan makanan kaya karbohidrat sederhana dan gula menjadi sebab sekunder. Yang menjadi sulit dan mustahil diperbaiki adalah sebab dari faktor keturunan. Karena tak mungkin bisa di rubah. Semenjak lahir reseptor di dalam sel-sel hati yang bertugas untuk mengubah trigliserida yang berlebih untuk menjadi kolesterol telah mengalami cacat bawaan.

Bagaimana mengatasi trigliserida tinggi?

Pada akhir tulisan ini,  pasti kawan kawan akan bertanya, bagaimana mengatasi kadar trigliserida tinggi? Caranya sangat simpel. Pertama diet lemak jenuh, kedua olahraga, dan ketiga perbanyak asupan makanan dan minuman sehat, dan yang terahir berdoa dan zikir karena dengan doa dan berzikir, akan memicu ketenangan jiwa sehingga metabolisme lemak mejadi lancar.

Untuk lebih faham dan mantap anda bisa juga menyimak penjelasan tentang cara menurunkan lemak darah lain disini cara turun kolesterol, makanan penurun kolesterol.

Selamat sehat.....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger