Ternyata Makan Telur BIkin Shock. Lihat nomor Lima. Sebar-Sebar!

bahaya-resiko-makan-telur
Satu kata yang membuat orang gemar makan telur adalah gurih. Makanan ini juga hampir selalu ada di setiap masakan yang anda buat. Beragam kue pun tak lepas dari bahan dari telur. Yang membuat enak juga, cara masak telur juga sangat sederhana. Tinggal pecahkan telur dari cangkang, beritaburan garam sudah cukup menggoyang lidah anda. Hanya saja di balik kelezatan dan kesederhanaan dalam penyajiannya, telur mengandung bahan-bahan yang jika berlebih justru akan membuat tubuh sakit, sehingga membahayakan bagi tubuh.

Efek samping kurang baik itu semakin berlipat jika volume makan telur bertambah setiap hari atau bahkan beberapa jam sekali. Sekarang kira-kira apa saja, sih, efek konsumsi telur berlebih? Berikut ini penjelasannya.


1.Meningkatkan Kolesterol

Telur mengandung lemak sekitar 200 mg per butirnya. Bayangkan jika sehari anda memakan lebih dari satu butir berapa banyak lemak yang masuk kedalam tubuh anda. Konsumsi 6 butir dalam seminggu adalah batas maksimal yang diperbolehkan. Namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan aktivitas yang cukup seperti olahraga atau pekerjaan yang membakar kalori. Pun demikian, kondisi ini juga harus di barengi dengan makan makanan sehat yang lain.  Bila tidak, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol.Tentu tahu kan, apa efek jika kita mempunyai kadar kolesterol berlebih?  ( jika belum, silahkan kunjungi artikel “ efek samping kolesterol tinggi

2. Jerawat

Kandungan lemak lagi-lagi menjadi biang keladi efek ini. Telur juga  membuat kulit kita menumpuk minyak sehingga menjadi cikal bakal muncunya jerawat. Telur sama halnya seperti kacang dan makanan pedas, sama-sama bisa memicu munculnya jerawat di kulit muka. Makanya orang-orang dulu menganjurkan untuk menghindari konsumsi telur dan kacang selagi kita mengalami jerawat di wajah.

3. Bertambah Berat Badan (Over weight)

Karena kandungan lemaknya tinggi, telur juga bisa membuat kita kelebihan berat badan. Dan tak berhenti disini, kelebihan berat badan membuat kita semain rentan terkena penyakit turunan dari kondisi kelebihan berat badan seperti jantung, diabetes dan lain-lain. Bila anda tak ingin mengalami itu, sebaiknya makan telur secukupnya aja, kira-kira  2-3 hari sekali. Tips ini juga di anjurkan  untuk anda yang merasa belum mempunyai berat badan ideal walau terlihat tidak terlalu gemuk ( ingin tahu berat badan ideal, segera hitung di sini “ cara mengukur berat badan ideal “.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Konsumsi terlalu banyak telur membuat hormonal tubuh tidal stabil. Apalagi pada wanita yang segala sesuatunya sangat bergantung pada hormon. Kondisi ketidak seimbangan hormonal ini pasti sangat buruk akibatnya. Ini bisa menjadi cikal bakal berbagai macam penyakit seperti nyeri haid, vertigo, bahkan sampai kanker payudara.  Konsumsi protein hewani berupa telur, ini sebaiknya di imbangi dengan lebih banyak memakan sayur dan buah untuk mengurangi efek sampingnya.

5. Menimbulkan Alergi

Ada orang-orang tertentu yang di lahirkan sebagai seorang yang mempunyai alergi terhadap makanan. Makanan yang sering menimbulkan alergi biasanya mempunyai kandungan protein hewani tinggi seperti makanan yang berasal dari hewan laut seperti ikan, kepiting, udang dan lain-lain. Sedang makanan protein hewani yang berasal dari darat biasanya berupa susu dan telur. Karena itu bagi anda yang mempunyai alergi telur, sebaiknya jangan pernah mengkonsumsi telur maupun produk turunannya, sampai dokter menyimpulkan bahwa anda sudah kebal. Takutnya jika anda melanggar, anda bisa mengalami gejala alergi telur seperti gatal-gatal, mata merah dan bengkak, mual, pusing bahkan bisa jadi shock atau pingsan. Sangat parah kan?

Jadi pada intinya semua makanan itu bagus buat tubuh, namun anda harus tahu batas-batasnya. Jangan berlebihan dan mengetahui secara pasti kondisi tubuh kita bagaimana. Itu adalah langkah yang bijak sebelum anda mengkonsumsi sesuatu seperti halnya ketika anda akan mengkonsumsi salah satu bahan makanan lezat yaitu telur. 

Selamat sehat, ya, Guys...

Share this article :

+ comments + 1 comments

July 20, 2016 at 8:20 AM

Kebetulan saya pengen gemuk, dengan makan telur banyak gpp kan?

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger