10 Fakta Unik tidur yang buat mulut menganga

fakta-mengejutkan-tentang-tidur
Tidur adalah hal yang sangat penting. Bagaikan kehidupan manusia. Tidur seperti oksigen yang sangat dibutuhkan manusia untuk tetap hidup. Kadang kita terlalu meremehkan tidur, karena menganggap pekerjaan kita lebih penting daripada istirahat. Sehingga kita menundanya dengan meminum minuman yang menghambat rasa kantuk. Agar kita bisa terus terjaga untuk terus bekerja dan bekerja. 

Hal ini pernah dilakuakan oleh seorang wanita muda yang bekerja sebagai seorang copy writer. Tuntutan deadline pekerjaan memaksa dirinya untuk terus bekerja dua hari dua malam tanpa istirahat dan tidur. Akhirnya dihari kedua ia benar-benar tidur. Kali ini ia tidak pernah bangun lagi untuk selamanya.

Anda yang masih saja meremehkan tidur,  mungkin perlu menyimak 10 fakta mencengangkan seputar tidur berikut ini, yang mungkin akan menyadarkan anda untuk tidak pernah meremehkan kegiatan tidur. Cek it out! 

1. Dikalangan mamalia, manusia adalah satu-satunya maklhuk hidup menyusui yang menunda tidur. Sedangkan di kalangan mamalia lain, mereka akan langsung tidur saat mengantuk. Mungkin karena mereka belum tahu cara menyeduh kopi ya....

2. Orang yang baru putus cinta atau cerai, biasanya lebih mungkin mengalami gangguan sulit tidur (insomnia) . Apalagi jika tidak punya uang atau punya hutang yang menggunung.

3. Kafein adalah penunda tidur paling populer di dunia. Selain dalam bentuk kopi, kafein ada di dalam teh dan beberapa minuman ringan seperti soda, cola dan minuman berkarbonasi. Kafein juga ditemukan pada cokelat.

4. Idealnya, orang dewasa membutuhkan tidur 7 sampai 9 jam setiap hari. Namun tidak selalu begitu. asalkan berkualitas tidur 6 jam pun sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh.

5. Tidur sama pentingnya dengan makan dan olahraga. Karena itu, saat anda sakit, selain meresepkan obat, dokter akan selalu menganjurkan anda untuk istirahat cukup alias tidur cukup.

6. Orang yang sering bekerja shift malam ataupun lembur, dilaporkan lebih sering mengalami gangguan kesehatan berbahaya. Lebih detailnya ada pada artikel “ awas bekerja lembur”

7. Tubuh tidak akan pernah bisa menyesuaikan jadwal pekerjaan seseorang. Tubuh akan selalu mengajak untuk tidur saat malang menjelang, dan mengajak terus terjaga saat siang datang.

8. Bayi yang baru lahir akan tidur 10  jam hingga 18 jam setiap hari. Jam tidurnyapun cenderung berubah-rubah. Ini berguna untuk membangun organ-organ nya yang belum terbentuk sempurna.

9. Sekitar 90 juta orang dewasa di Amerika mengalaminya. Ini membuat Mendengkur menjadi gangguan tidur paling banyak diderita orang saat ini.

10. Orang yang kurang tidur akan semakin bernafsu terhadap makanan. Nafsu makan mereka bertambah karena kacaunya produksi suatu hormon yang disebut leptin.

Itulah beberapa fakta tidur yang bisa menyadarkan anda betapa kita sangat membutuhkan tidur, baik itu yang dilakukan di siang hari maupun malam. Karena itu, tidurlah saat anda merasa mengantuk ya.... Jangan suka menundanya? Karena rasa kantuk adalah alarm tubuh yang memberi tahu bahwa anda sedang mengalami kelelahan.

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger