Gaya Hidup Sehat, Cara Terbaik Mengobati Hipertensi

Hipertensi

.cara-sembuh-hipertensi-gaya-hidupTekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan penyakit akibat gaya hidup. Karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan merubah gaya hidup anda. 
Hipertensi sangat berhubungan dengan genetik. Jadi jika ada salah satu atau kedua orang tua anda mengidap tekanan darah tinggi.  Resiko anda terkena darah tinggi juga lebih besar. Karena itu perubahan gaya hidup bagi orang yang beriko besar seperti ini mestinya harus lebih diprioritaskan. 

1. Stop merokok!

Perubahan gaya hidup dari seorang yang telah di vonis oleh dokter terkena darah tinggi adalah para perokok. Perubahan ini memang harus segera dilakukan mengingat sangat buruknya zat-zat menjijikkan yang terkandung dalam rokok  bagi pembuluh darah. Pembuluh darah para perokok akan mengalami pengerasan, sehingga kurang elastis lagi. Karena kurang elastis aliran darah akan mengalami masalah. Bahkan tersumbat. Ini lah yang menambah tekanan pada dinding pembuluh darah sehingga terjadilah hipertensi. Menguragi atau menghentikan sama sekali kegiatan merokok akan sangat menolong.

Karena itu matikan rokok anda sekarang. Jika sulit mengehentikan kebiasaan merokok, mungkin cara dalam artikel ini layak sekali anda praktekkan.

2. Gila olahraga

Penderita darah tinggi umunya berbadan bongsor, walau tidak selalu. Namun obesitas adalah hal yang sangat dekat dengan penyakit kardiovaskuler semisal darah tinggi. Obesitas atau kelebihan indeks massa tubuh merupakan hasil dari sebuah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup itu adalah malas bergerak. Apapaun alasannya baik disebabkan oleh tuntutan pekerjaan, banyak urusan keluarga, atau sibuk berbisnis. Seharusnya mengerakkan tubuh dengan berolahraga adalah sesuatu yang wajib anda lakukan. Apalagi bagi anda yang sudah terkena darah tinggi.

Saya yakin, tidak mungkin dalam sehari waktu anda habis di dalam kantor. Pasti ada beberapa waktu luang yang anda miliki. Gunakanlah waktu luang itu untuk berolahraga. Syukur-syukur  kalau nada mempunyai waktu lebih sehingga mampu berolahraga sekurang-kurangnya tiga kali dalam seminggu. Berolahraga tiga kali dalam seminggu masing-masing selama 30 menit saya rasa sangat membantu mengatur tekanan darah anda tetap normal.

3. Say no to garam

Anda perlu tahu ya...ternyata tekanan darah seseorang itutinggi atau tidak ternyata juga di tentukan oleh tinggi tidaknya kandungan sodium dalam darahnya. Sodium yang sering juga disebut garam sangat berperan besar dalam tekanan darah seseorang. Semakin besar kandungannya dalam darah semakin tinggi pula tekanan darahnya. Kenapa bisa begitu? cari tahu di sini ya... Yang jelas, mengurangi asupan garam pada menu harian anda adalah hal yang wajib anda terapkan di dapur nada.

4. Depresi? No way!

Gaya hidup lain yang harus anda lakukan saat anda teridap hipertensi adalah menghindarkan diri dari lingkungan yang menekan. Lingkungan yang banyak tekanan membuat anda stres, bahkan bisa jatuh ke dalam kondisi kejiwaan bernama depresi. Padahal stres sangat tidak baik bagi seorang pengidap hipertensi. Karena lingkungan stress akan menaikkan tekanan darah anda secara drastis. Dan itu adalah kabar buruk bagi jantung anda. Namun bagaimana kalau kita tidak bisa menghindari lingkunga yang menekan akibat pekerjaan kita?

Rilekslah sebentar, lihat sebuah masalah  dalam kaca mata yang berbeda. Dalam hal ini penerapan manajemen stres sangat diperlukan. Anda bisa membaca buku, main game di smart phone atau jika anda muslim, hilangkan tekanan batin itu dengan berdzikir.

5. Rileks

Dan semua usaha merubah gaya hidup akan terasa percuma jika anda tidak mengistirahatkan badan dan fikiran anda. Manusia sangat memerlukan istirahat untuk mengembalikan tenaganya. Organ-organ vital anda memerlukan istirahat setelah seharian bekerja keras. Sel-sel anda yang mati selama seharian butuh istirahat untuk meregenerasi membentuk sel baru.  Demikian juga metabolisme tubuh anda. Karena itu manfaatkan benar-benar malam hari anda untuk beristirahat. Jangan malah di gunakan untuk begadang sekedar liat film atau nonton bola. Tapi bagaimana jika memang pekerjaannya dilakukan di malam hari.  Mungkin sesuatu diartikel “ bahaya shift malam “ akan mampu membantui anda mencarikan solusinya.

Oke kawan. Hipertensi memang penyakit yang bandel. Sekali anda mengidapnya, seumur hidup anda harus selalu mengontrolnya agar selalu normal. Anda butuh pengorbanan memang untuk ini, namun buah kesehatan yang akan anda dapatkan mungkin akan membuat anda lupa dengan pengorbanan-pengorbanan itu. 

Selamat sehat....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger