Fakta Tentang Osteoporosis yang Belum Banyak Orang Tahu

fakta-osteoporosis-keropos-tulang-rahasia
Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik seseorang akan semakin lemah. Anda pun suatu saat akan begitu? ( Atau memang sudah? ) Penuaan adalah pasti terjadi. Salah satu organ tubuh yang akan mengalami penuaan lebih dini ( jika tidak dijaga ) adalah tulang. Salah satu dari tanda penuaan tersebut adalah osteoporosis atau penyakit keropos tulang. Ibarat besi walau disimpan sebaik mungkin tetap akan karatan. Apalagi yang dibiarkan di tempat terbuka dengan paparan panas dan hujan. Demikian juga tulang kita, kondisi akan semakin runyam jika osteoporosis berujung pada patah tulang mengingat kepadatan tulang yang semakin berkurang. Dan itu tentu saja sangat menyakitkan.

Fakta yang mengejutkan adalah hanya dengan batuk saja tulang bisa saja patah saking rapuhnya. Hal tersebut biasanya terjadi di bagian pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang. Selain fakta mencengangkan di atas, ada beberapa fakta lain tentang penyakit pengeroposan tulang ini yang tentu saja menarik untuk kita simak.

Dan inilah dia, beberapa fakta tentang osteoporosis yang wajib anda mengerti. Cek it out!


· Saat ini terdapat kurang lebih 29 juta wanita Amerika mengalami penurunan kepadatan tulang. delapan juta diantaranya telah mengalami kondisi osteoporosis. Selain itu, 50% wanita berusia 50 tahun telah mengalami keretakan tulang dikarenakan osteoporosis. Tentu saja wanita yang lebih sering mengalami osteophorosis, mengingat banyak sekali kondisi hormonal di dalam tubuh wanita yng bisa melemahkan kepadatan tulang seseorang.

· Tiga dari empat orang wanita belum pernah memeriksakan keadaan tulangnya dengan dokter. Ini ironis, karena seharusnya pemeriksaan ini akan bisa mengantisipasi kehilangan lebih banyak kalsium pada tulang. Selain itu, 71% wanita yang telah mengidap osteoporosis, tidak mengetahui penyakitnya. Gejala osteophorosis sangat umum sehingga tidak spesifik. Kita mungkin akan mengira sedang mengalami kelelahan otot, cidera atau kelebihan kadar purin dalam darah ketimbang memikirkan sedang terkena osteophorosis.

· Merokok, dan mengonsumsi alkohol adalah dua kebiasaan yang sangat buruk. Lebih-lebih untuk kepadatan tulang. Kedua kebiasaan diatas akan meningkatkan kemungkinan osteoporosis. Demikian juga dengan kebiasaan minum-minuman ringan semacam kola, soda, dan minuman-minuman berbusa lainnya. Minuman tersebut selain bikin gemuk, juga akan meningkatkan resiko osteoporosis pada tubuh anda. Mau coba?

· Salah satu jalan untuk mencegah osteophorosis terjadi adalah dengan berolahraga. Namun anda harus lebih berhati-hati, karena berolahraga secara berlebihan ternyata malah menjadi pemicu penyakit ini. Di samping itu, berolahraga yang berlebihan juga akan meningkatkan resiko cidera bahkan patah tulang.

· Tulang yang mengandung banyak kalsium lebih sulit untuk keropos. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan kalsium anda yaitu sekitar 1.000 sampai 1.200 mg kalsium perhari. Meminum olahan susu atu produk turunannya akan meningkatkan kalsium pada tulang anda walau mungkin tidak akn mengehentikan proses penuaan. Dengan meminum susu yang cukup kalsium, saat kekurangan kalsium, tubuh tidak akan mengambilnya dari tulang. 

· Para wanita yang menginjak usia menopause. Hormon estrogen yang tubuh mereka hasilkan akan berkurang. Hal inilah yang kemudian memperbesar wanita risiko terkenanya osteoporosis.

· Satu-satunya jalan untuk menyembuhkan osteophorosis adalah membut anda semakin hari semakin bertambah muda. Dan itu tidak mungkin! Karena itulah osteoporosis termasuk penyakit yng tidak dapat disembuhkan. Namun jangan takut, penyakit ini masih bisa dihindari, kok. Lakukan olahraga dan makan teratur dapat memperlambat  proses pengeroposan tulang ini.

Itulah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang penyakit tulang bernama osteoporosis. Adanya fakta-fakta di atas jangan malah membuat kita patah semangat. Harusnya ini makin memicu   kita untuk terus menjaga kondisi tulang kita agar selalu fit dan panjang umur sepanjang usia kita. Ya, saya yakin kita bisa!

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger