Gila! Pemeriksaan Ini Bisa Deteksi Dini Kangker Payudara (Mammografi)

Apa yang akan anda lakukan saat tiba-tiba anda menemukan adanya benjolan di daerah payudara anda? Gemetar tentu. Kaget campur paranoid. Lebih-lebih belum jelas benar akan melakukan apa setelahnya. Jalan terbaik adalah pergi ke dokter yang paling berkompeten di masalah ini. Setelah itu dokter mungkin akan menganjurkan anda untuk melakukan. Belum sembuh bingungnya sudah, anda sudah di sodori lagi dengan istilah mammografi yang membuat kepala pusing. Dokter itu benar, karena sejauh ini pemeriksaan mammografi adalah pemeriksaan paling efektif untuk menentukan benjolan apakah yang ada pada payudara anda?Jadi, apa sih mammografi itu?


Apa itu Mammografi ?


Mammografi berasal dari dua kata yaitu mammae/mammo yang berarti payudara, dan kata grafi yang berarti pencitraan/pindai. Jadi mammografi merupakan suatu pemeriksaan untuk melihat adanya kelainan pada payudara perempuan. Tes ini menggunakan mesin khusus bernama mammogram dengan sinar X sebagai bahannya. Hasil pengambilan gambar kedua payudara itu akan direkam dalam suatu film sinar X atau langsung menuju komputer untuk dilihat oleh seorang radiolog atau dokter spesialis radiologi.

Melalui pemeriksaan Mammografi memungkinkan dokter untuk melihat dengan lebih jelas jenis kelainan benjolan pada payudara melalui perubahan di jaringan payudara. Mammogram dapat menunjukkan pula letak dan luas kelainan pada payudara seorang perempuan.


Kapan Seharusnya melakukan mammografi?


Mammografi seharusnya dilakukan setelah anda meraba anda benjolan di area payudara anda. Alat mammografi akan mendeteksi jenis benjolan apa yang ada pada payudara anda. Umumnya dokter akan mengusulkan kepada anda melakukan pemeriksaan lain jika memang di temukan suatu kelainan. Pemeriksaan itu bisa berupa MRI Scan, FNAB atau USG payudara.

Nah, apakah kegunaannya sampai di situ, jangan dulu. Karena mammografi bisa juga di gunakan sebagai alat deteksi dini kangker payudara. Jadi fungsinya untuk screening yang dilakukan dalam periode waktu tertentu. Di Amerika, pemerintah setempat menyarankan untuk setiap wanita dewasa melakukan mammografi setidaknya 1-2 tahun sekali. Ini tentu bertujuan agar mereka mengetahui sedini mungkin penyakit yang bisa timbul di payudara. Anda tentu faham bukan? Semakin dini kangker atau kelainan lain di temukan, semakin mudah penanganannya.

Apalagi jika anda adalah perempuan yang memang masuk dalam resiko kangker payudara? Sebaiknya anda lebih ketat lagi untuk melakukan pemeriksaan ini. Siapa saja yang beresiko?

1. Wanita yang tidak menikah.
2. Ibu yang tidak menyusui
3. Wanita yang berumur 35 tahun keatas.
4. Wanita yang tidak mempunyai anak.
5. Wanita yang memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
5. Wanita yang melahirkan anak pertama pada usia diatas 30 tahun.
6. Wanita pada masa menopause.


Bagaimana Prosedur Pemeriksaa Mammografi Dilakukan?


hasil-mammografi
Pasien berdiri di depan mesin sinar X khusus. Orang yang mengambil foto rontgen, radiographer (petugas pengambil citra radiologi), meletakkan payudara Anda satu per satu di antara dua lempeng terbuat dari plastik. Bidang ini kemudian menekan payudara untuk meratakannya. Anda mungkin akan merasakan sakit pada payudara selama beberapa saat. Ini yang akan membuat anda merasa tidak nyaman.

Abaikan saja. Karena memang itu cara untuk menegakkan diagnose mammografi. Karena semakin rata payudara Anda, makin baik gambarnya. Radiographer yang akan menilai apakah himpitan pada payudara anda itu cukup atau kurang. Anda perlu menginformasikan pada petugas, jika anda merasa sangat kesakitan.

Radiografer akan mengambil dari berbagai posisi. Paling sering dua gambar diambil dari masing-masing payudara, satu dari samping dan satu dari atas. Jadi anda perlu sabar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kurang lebih demikian ilustrasinya :


Di mana dapat melakukan pemeriksaan Mammografi?


Sayangnya pemeriksaan mammografi ini tidak merata di seluruh Indonesia. Bahkan di kota sekalipun. Alat ini walau sudah lama ada, namun pemerataan nya kurang. Anda perlu menanyakan terlebih dahulu pada sebuah rumah sakit apakah alat ini tersedia atau tidak? Biasanya yang paling sering adalah rumah sakit yang mempunyai pelayanan penanganan kangker dan tumor walau itu juga tidak pasti.
  
Bagaimana? Anda tertarik untuk memeriksakan kondisi payudara anda? Tidak usah menunggu sakit untuk melakukan tes ini. Segeralah!!


Selamat sehat….. 
Share this article :

+ comments + 1 comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger