Melihat penyakit dari jenis keputihan wanita

penyakit-berbahaya-wanita-keputihan

Biasanya putih identik dengan cantik, sebagaimana perempuan menganggap kulit putih itu cantik. Tapi putih kali ini sama sekali tidak cantik. Sesuatu yang berwarna putih itu adalah keputihan. Cairan yang biasanya keluar dari lubang kemaluan wanita. Keputihan seperti ini bisa saja normal bisa juga justru pertanda adanya sebuah kelaianan atau penyakit yang sedang diderita oleh seorang wanita. Nah, bagaimanakah suatu keputihan itu dinyatakan sehat atau tidak?


Kapan keputihan itu di anggap normal?

Keputihan normal biasanya muncul tidak disertai rasa sakit. Keputihan ini juga biasanya mengiringi masa menstruasi seorang perempuan. Dilihat dari warnanya. Cairan keputihan akan nampak  bening atau bisa saja putih  pekat seperti susu, semuanya muncul tergantung pada masa subur.

Kapan keputihan itu dianggap tidak normal (abnormal)?

Kebalikan dari keputihan normal. Keputihan tidak normal akan keluar terus menerus dan berwarna cenderung pekat, hijau kuning, dan disertai aroma tak sedap dan rasa sakit. Kalau anda mendapati keputihan dengan ciri seperti ini, segera saja hubungi  dokter yang berkompeten di bidang kewanitaan, karena Keputihan yang seperti ini menandakan sesutu yang tidak baik sedang terjadi di saluran reproduksi anda.

Keputihan tidak normal juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri,   Jamur vagina  Kanker serviks,  bakteri Chlamydia dan gonorrhoea (kencing nanah), Trichomoniasis, diabetes (penyakit gula), Iritasi vagina , ISK (Infeksi saluran kencing)  bahkan situasi seperti Penggunaan antibiotik berlebihan, pil KB, atau pengggunaan Sabun dan lotion yang salah bisa menyebabkan keputihan abnormaal.

Untuk mengetahui penyebab keputihan yang di lihat dari jenis keputihannya anda bisa mendeteksi kelaianan apa yang sedang anda alami. Simak penjelasan di bawah ini ya...

Kanker serviks  ( Kangker leher rahim )

Apabila keputihan berwarna gelap seperti cokelat atau kemerahan. Anda perlu waspada dengan jenis kangker mematikan ini  ( lihat “mengenal kangker serviks”  ). Apalagi jika keputihan juga disertai pendarahan terus menerus serta sakit pada perut bagian bawah.

Gonorrhoea ( kencing nanah )

Ciri-cirinya apabila keputihan berwarna kuning atau kehitaman serta aromanya tak sedap. Saat kencingpun terasa nyeri dan rasa terbakar di daerah kemaluan. Itu dikarenakan infeksi kuman gonorhoe yang juga suka menyerang saluran  kemih pria. Biasanya keputihan akan disertai pendarahan di luar waktu menstruasi.  gonorrhoea) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata.

Trichomoniasis

Adalah keputihan yang warnanya kekuningan atau hijau, aromanya tak sedap serta kadang berbusa. Keputihan disertai rasa gatal dan nyeri ketika buang air kecil. Di daerah kemaluan akan nampak memerah. adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh serangan protozoa parasit Trichomonas vaginalis. Trichomoniasis menginfeksi saluran genitourinari ( saluran reproduksi dan saluran kencing ) lebihsering menyerang wanita.

Infeksi jamur

Wanita sangat rentan dengan jamur, tidak heran jika keputihan yang dialami berasal dari infeksi jamur. Keputihan jenis ini berwarna  putih hingga kekuningan. Cairan yang dikeluarkan kental dan pekat. Infeksi jamur  juga menyebabkan rasa perih pada saat berhubungan seksual. Ciri yang sangat khas berikutnya adalah rasa gatal di sekitar kemaluan.

Infeksi bakteri vaginosis

Keputihan jenis ini berwarna abu-abu, kuning, atau putih tergantung keparahannya. Infeksi bakteri juga mengakibatkan aroma cairan menjadi amis. Infeksi  bakteri vaginosis  juga menyebabkan kemaluan terasa gatal serta kemerahan. Saat semakin parah akan di sertai dengan bengkak. Bakterial vaginosis (BV) adalah infeksi ringan pada vagina yang disebabkan oleh bakteri jahat yang terlalu banyak pada vagina.


Hal terbaik jika anda menjumpai situasi seperti di atas adalah, segera datangi pusat kesehatan kepercayaan anda. Periksakan kondisi yang sedang anda hadapi. Jangan sampai anda datang saat semuanya sudah terasa terlambat. Sayangi bagian kewanitaan anda seperti rasa sayang anda pada suami anda.

Selamat sehat.....


Share this article :

+ comments + 1 comments

December 16, 2015 at 7:08 AM

informasi tentang keputihan sangat bagus sekali.tks

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger