Hepatitis bukan karena serangan virus, doang lo.... Ini alasannya

alkohol-obat-menyebabkan-hepatitis
Penyakit hati di sini bukan karena putus cinta, iri dengan rejeki orang atau juga cemburu. Namun maksud  penyakit hati kali ini adalah penyakit fisik yang menyerang organ liver atau hati seseorang. Penyakit itu lazim di sebut hepatitis. Persis seperti yang sudah di jabarkan secara gamblang di artikel “ apakah saya terkena hepatitis? kenali gejalanya” 

Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar kasus hepatitis berasal dari infeksi virus. Seperti virus hepatitis A, virus pepatits B, C dan seterusnya sampai G.  Namun ternyata sebab hepatitis bukan melulu disebabkan oleh serangan virus. Karena ada beberapa kasus hepatitis yang disebabkan oleh kondisi non virus. 
Dan inilah sebab-sebab selain virus yang bisa membuat orang terkena hepatitis.

Penyakit Hepatitis Akibat Konsumsi Alkohol

Anda pecandu atau memang suka coba-coba meminum minuman remang-remang bernama alkohol? Kalau iya, bersiap-siaplah menanggung resiko terkena hepatitis, ya….Karena ternyata konsumsi alkohol berlebih akan membuat fungsi hati seseorang terganggu.

Alkohol dengan berbagai merk dan jenisnya sama-sama mengandung zat kimia berbahaya. Segala bentuk zat kimia berbahaya akan di cerna oleh tubuh sebagai racun. Zat beracun tersebut akan melalui benteng pertama penyaring racun di dalam tubuh manusia. Benteng itu adalah organ hati. Dalam waktu yang relatif lama, bahan kimia berupa racun yang dihasilkan oleh alkohol akan meninggalkan residu di hati. Jika ini zat ini tertumpuk terus-menerus, akan mengganggu fungsi hati secara signifikan. 

Anda mesti tahu, kerusakan fungsi hati merupakan cikal bakal seseorang terserang penyakit hepatitis. Karena itu, bijaklah dalam mengkonsumsi sesuatu, jangan asal telan dan tenggak. Utamanya alkohol. Jika ada pilihan yang paling baik tentu saja menghentikan konsumsi alkohol secara total tanpa ampun sedikitpun. 

Hepatitis Akibat terpapar zat Kimia dari obat

Buah simalakama, itulah yang dihadapi oleh para pengkonsumsi obat kimia. Satu sisi mereka di tuntut untuk selalu meminum obat itu agar penyakitnya sembuh, namun disisi lain obat tersebut akan memicu penyakit, apalagi jika tidak dikonsumsi dalam ukuran yang standart dan sesuai aturan dokter.

Sama seperti alkohol, pada dasarnya obat adalah racun. Ia akan mengalir ke dalam darah sebagai zat berbahaya yang akan bersirkulasi ke seluruh tubuh. Yang paling menderita adalah organ hati Karena organ inilah yang pertama kali menyaring zat-zat kimia yang turut masuk ke dalam tubuh darah lewat obat. Biasanya, reaksi yang akan timbul dari konsumsi obat-obatan tersebut berlangsung secara bertahap.

Reaksi kimia akan menghilang begitu saja Jika pemakaian obat dihentikan. Itupun jika penggunaan belum terlalu lama. Namun, jika sudah di konsumsi dalam kurun waktu yang lama, kebanyakan telah terjadi  kerusakan di dalam hati sehingga tetap memerlukan pengobatan untuk memeperbaiki hati yang rusak tadi.

Hepatitis sebagai komplikasi  penyakit Lain

Hepatitis bisa jadi tidak berdiri sendiri. Namun penyakit ini bisa tumbuh akibat gangguan penyakit lain yang keren disebut komplikasi. Ada beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan seseorang juga akan terkena hepatitis. Penyakit-penyakit itu adalah hiperlipidemia atau kolesterol, diabetes melitus atau penyakit gula dan kondisi bukan penyakit namun memicu penyakit seperti kegemukan atau obesitas.

Penyakit-penyakit di atas dapat membuat hati bekerja terlalu berat. Terutama beban hati dalam melakukan proses metabolisme lemak. Hal ini lambat laun semakin membuat hati  menjadi rusak dan tidak menutup kemungkinan hati akan meradang karenanya. Inilah yang menjadi masalah utama ganguan pada liver.

Karena begitu luasnya sebab dari penyakit hati ini dan efek buruk yang ditimbulkannya,  mulai sekarang, sayangilah hati anda seperti anda menyayangi perasaan anda. Jangan hanya takut dengan perasaan luka karena patah hati, tapi takutlah juga dengan organ hati anda dari serangan hepatitis.
Selamat sehat….




Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger