Apakah madu menyebabkan diabetes mellitus?

madu-aman-penderita-diabetes-mellitus
Jika judul itu dirubah “Apakah gula menyebabkan diabetes mellitus?” tentu saja jawabannya adalah, iya. Tapi jika judul itu tetap seperti di atas, anda harus dengan lantang menjawab, tidak!

Kenapa begitu? Bukankah dua-duanya berasa manis? Sedangkan pangkal dari masalah diabetes adalah makanan dan minumana yang berasa manis. 

Kalau begitu silahkan anda membaca dahulu artikel tentang diabetes ini terlebih dahulu. “ berkenalan dengan diabetes melitus dan tipenya” 

Perbedaan gula dengan madu

Sebelum masuk lebih dalam tentang jawaban pertanyaan, apakah madu menyebabkan diabetes? Kita harus mengetahui dulu perbedaan dua bahan makanan dan minuman ini. Madu memang berasa manis. Bahkan mungin lebih legit dari gula. Namun yang membedakan gula madu dengan gula olahan adalah kandungan jenis gulanya. Gula telah melalui proses pembuatan di pabrik ( manufakturing ) sehingga banyak kandungan gizi yang ada di sana telah hilang seperti asam organik, protein, unsur nitrogen, enzim dan vitamin. sedang madu umumnya masuk pabrik hanya untuk dikemas saja. 

Madu telah tercerna dengan baik oleh lebah sehingga ketika di konsumsi tubuh, tidak diperlukan lagi enzim untuk memecah gula dari madu tersebut, sehingga langsung bisa digunakan sebagai energi tubuh. Sedangkan gula hasil olahan masih memerlukan lagi enzim untuk memecahnya. Selain itu, hasil pemecahan sampai menjadi energi, gula menghasilkan zat sisa atau residu yang jika menumpuk terus menerus akan sangat buruk bagi kesehatan.

Madu sebagai obat diabetes? Ah, masak...?

Boro-boro menyebabkan diabetes, madu ternyata justru menyembuhkan penderita diabetes. 

Kebanyakan sumber rasa manis pada madu berasal dari kandungan fruktosa. Senyawa gula ini jika masuk ke dalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi oleh tubuh. Karena itu tidak memerlukan lagi hormon insulin untuk merubahnya. Semakin sedikit hormon insulin yang dilepaskan pankreas berarti semakin rendah kadar gula darah di dalam tubuh seseorang. Jika kadar gula darah rendah, berarti orang tersebut tidak bisa dikatakan menderita diabetes mellitus.

Madu juga bisa di gunakan sebagai obat pada kaki para penderita diabetes yang terluka, atau bahkan sampai membusuk. Di dalam madu terdapat aktivitas antiboiotik alami yaitu antibiotik nonperoksida. Sehingga luka penderita diabetes bisa diobati tanpa menggunakan antibiotik pabrikan. Zat anti inflamasi atau peradangan juga terdapat dalam madu sehingga bisa menghentikan proses peradangan pada luka.

Madu juga mengandung senyawa antiooksidan tinggi seperti chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin yang berguna untuk memerangi radikal bebas. 

Minum madu tapi kadar glukosa tetap tinggi

Bukan salah madunya. Mungkin ada kesalahan prosedur penggunaan madu atau memang madunya sendiri yang berkaualitas KW alias aspal. Madu yang tidak murni biasanya akan kaya air dan kebanyakan ditambah dengan gula buatan atau gula pasir untuk mempertahankan rasanya agar tetap manis seperti madu asli. Nah, tambahan gula inilah yang kemungkinan membuat penikmat madu aspal akan tetap beresiko terkena diabetes seperti halnya orang yang gemar meminum dan makan makanan yang banyak mengandung gula. (penyebab diabetes bukan dari makanan saja lo... simak di "penyebab diabetes dan solusinya"

Karena itu anda mesti hati-hati membeli madu, boleh jadi madu yang anda beli adalah produk bajakan yang tak bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Untuk itu anda perlu membaca “ Cara mudah membedakan madu asli atau palsu?” 

Jadi, apakah madu menyebabkan diabetes?

Jadi sudah jelas bahwa madu tidak menyebabkan seseorang menderita diabetes mellitus. Namun madu bisa membuat anda ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Mitos madu yang bisa mengakibatkan diabetes ini disebabkan karena masyarakat menggeneralisir semua makanan dan minuman yang berasa manis akan mengakibatkan timbulnya diabetes. Karena makanan utama penyebab diabetes juga berasa manis yaitu gula itu sendiri. Jika anda memang penasaran dengan sebab kadar gula darah seseorang tinggi, ciri paling khas penyakit diabetes mellitus, sebaiknya anda membaca “ Apa yang menyebabkan kadar gula darah tinggi?

Karena itu, tidak ada satupun alasan untuk tidak mengkonsumsi madu karena takut terkena diabetes.

Selamat sehat!



Share this article :

+ comments + 1 comments

December 27, 2015 at 11:32 PM

Menakutkan sekali penyakit diabetes . Sampai-sampai ada saudara saya yang mengalaminya harus terus-terusan menerima suntikan insulin. Padahal Saya sudah bilang sebelum parah tuh konsumsi Nature Diablast.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger