Mengenal diabetes militus/ kencing manis dan tipenya


apa-arti-diabaetes-militus-kencing-manis
Menurut survei terkini didapatkan bahwa diabetes melutus atau kencing manis termasuk salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat dunia. Banyak diantaranya akhirnya meninggal karena komplikasi penyakit ini, setiap tahun. Karena betapa pentingnya info tentang Diabetes mellitus, apakah anda lantas  merasa rugi mengetahui segala informasi mengenai kencing manis? 

Tentu tidak. Jika anda telah didiagnosa oleh dokter terkena DM, anda pasti ingin mengetahui lebih banyak tentang penyakit ini. Jika anda tidak menderita, minimal anda mengetahui agar suatu saat tidak terkena.

Kenapa bisa terjadi diabetes?

Intinya ada pada kelainan organ pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin secara cukup untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kenapa insulin? Karena insulin adalah suatu hormon yang dilepaskan dan diproduksi oleh pankreas untuk mengendalikan gula darah agar tetap normal. Sehabis makan atau minum kita akan mengalami kenaikan gula darah, hal ini akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin yang nantinya akan mengendalikan gula darah agar tetap normal. 

Ketika kita memakan gula untuk bahan sumber tenaga, entah gula itu bersumber dari makanan yang mengandung gula murni ataupun dari karbohidrat, maka akan terjadi kenaikan kadar gula dalam aliran darah. Glukosa itu nantinya akan dihantarkan darah ke sel. Nah proses pengantaran glukosa ini membutuhkan adanya hormon insulin. Pada penderita diabetes militus tidak terjadi sensitifitas pankreas dalam memproduksi insulin sehingga insulin diproduksi dalam jumlah yang tidak mencukupi. Karena tidak ada cukup insulin maka glukosa tidak berhasil menembus dinding sel sehingga gula akan tetap dalam aliran darah. Itulah diabetes militus.

Dari mana bisa ditentukan seseorang terkena DM?

Setiap orang rata-rata akan mempunyai kadar gula normal dalam darahnya, namun pada penderita diabetes, akan terdapat angka kadar gula darah yang melebihi kadar normal. Lalu kapankah seseorang itu dianggap sudah terkena diabetes militus?

Satu-satunya pemeriksaan yang bisa menentukan orang terkena diabetes atau tidak adalah pemeriksaan Gula darah acak (GDA) atau gula darah sewaktu dan pemeriksaan gula darah 2 jam PP. GDA adalah pemeriksaan gula darah yang tidak dipengaruhi oleh kondisi pasien. Kapanpun pasien bisa memeriksakan kadar gula darahnya. Beda lagi dengan gula darah 2 jam PP. Diperlukan puasa minimal 2 jam sebelum dilakukan pengambilan sampel darah. 

Dalam angka normal GDA akan di temukan tidak lebih dari >200 mg/dL kadar gula darah puasa >126 mg/dL ( kriteria diagnostik PERKENI [Perkumpulan Endokrinologi Indonesia] 2006). Jika angka gula darah melebihi angka tersebut maka anda sudah harus waspada terhadap penyakit ini. 

Tipe Diabetes 

Karena DM sangat berhubungan dengan produksi insulin, DM akan dibedakan menurut jumlah insulin yang di hasilkan, yaitu :

1. DM tipe 1

Dalam DM tipe satu ini, pankreas hanya menghasilkan sedikit sekali insulin atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan insulin. Rumit sekali menjelaskan DM tipe ini, namun menurut para ilmuwan pada dasarnya ketidak berdayaan pankreas menghasilkan insulin ini disebabkan oleh matinya sel-sel penghasil insulin (sebanyak 90%) didalam pankreas oleh karena penghancuran sistem kekebalan tubuh sendiri. Penghancuran ini disinyalir karena faktor serangan infeksai virus maupun faktor gizi pada masa anak-anak sampai dewasa awal. Oleh sebab inilah DM tipe ini sering diderita oleh remaja maupun anak-anak. Akibatnya mereka harus mendapatkan suntikan insulin secara teratur dalam dosis yang tepat.

2. DM tipe 2

Beda dengan DM tipe 1, pada DM tipe 2 insulin masih bisa diproduksi oleh sel-sel pankreas. Sel-sel pankreas pun umumnya dalam keadaan sehat dan prima. Namun yang menjadi masalah adalah sensitifitas pankreas untuk memproduksi insulin kurang. Jika terdapat banyak glukosa dalam darah, pankreas tidak mengetahuinya sehingga memproduksi insulin sedikit, kekurangan insulin ini otomatis akan membuat glukosa tetap akan beredar di dalam aliran darah dalam jumlah banyak. 

Kadang pankreas over produksi insulin namun tubuh tidak menganggapnya ada, sehingga tubuh tetap menganggap kekurangan insulin. DM ini bisanya diderita orang yang sudah menginjak 30 tahun. DM tipe ini bersifat menurun. Jika dalam anggota keluarga ada yang menderita DM, anaknya akan beresiko 6 kali lebih besar terkena DM daripada orang yang tidak ada riwayat penyakit dalam keluarganya. 


3. DM tipe 3 

atau sering disebut DM gestasional adalah  diabetes melitus yang terjadi hanya selama kehamilan dan pulih setelah melahirkan, Diabetes melitus tipe ini terjadi pada sekitar 2–5% dari semua kehamilan.  DM Gestasional bersifat temporer saja dan dapat meningkat maupun menghilang setelah melahirkan. Penderita DM tipe ini dapat sembuh total asal diawasi dengan ketat oleh dokter selama kehamilan.


Pengawasan itu meliputi pengawasan terhadap ibu dan janin yang dikandungnya, karena bayi dengan ibu menderita DM bisa mengalami gangguan. Gangguan itu isa berupa berat bayi yang tinggi (makrosomia), penyakit jantung bawaan, kelainan sistem syaraf pusat dan cacat otot rangka.


Setelah menyimak beberapa pemaparan di atas tentunya anda bertanya, apa yang menyebabkan terjadinya diabetes ini? Untuk itu anda bisa mengetahuinya di sini. Setelah mengatahui sebab dari penyakit ini anda perlu menghindari penyakit ini semenjak muda. Tentu semua bisa anda ketahui trik-triknya di sini? Namun jika anda kebetulan sudah dicurigai terdiagnosa kencing manis, jangan khawatir, ketahui gejala-gejalanya terlebih dahulu di sini. Dan kalau memang benar anda terkena diabetes, anda bisa mengetahui obatnya di artikel ini. 

Oke, terkena Kencing manis tak harus membuat kita kehilangan manisnya hidup. Karena kebahagiaan hidup hanya kita yang memilihnya! Tetap semangat, hidup itu terlalu manis untuk sekedar dibuat sedih. 

Selamat sehat!





















 

Share this article :

+ comments + 1 comments

terimakasih atas informasinya, salam sukses....... HERBAL SAKIT GULA

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger