Madu Murni atau Tidak? Baca labelnya dulu


label-komposisi-sebelum-membeli
Sudah tidak usah diragukan lagi, madu adalah salah satu produk yang dari dulu hingga sekarang masih laris manis di pasaran. Ini semua karena manfaat madu yang luar biasa bagi kesehatan maupun kecantikan. Oleh sebab itulah banyak orang dan perusahaan licik yang hanya mementingkan profit sehingga tidak mengutamakan kualitas produk. Mereka bilang madu mereka asli, tapi sejujurnya palsu. Mereka bilang madu mereka murni, nyatanya ada bahan tambahan di dalamnya.

Seperti  Dilansir womenshelathmag.com, Food and Drug Administration (FDA) Amerika menyebutkan, sebagian dari madu yan ada dipasaran sekarang ini tidak murni  lagi. Produk-produk madu tersebut telah dicampuri dengan pemanis tambahan berupa sirup jagung atau gula untuk memperbesar keuntungan karena mengurangi ongkos produksi. 

Untungnya ada banyak cara mendeteksi apakah madu yang anda beli murni atau tidak. Mulai dengan percobaan telur sampai dengan pengamatan endapan atau bau. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar di sini karena semua sudah dijelaskan secara sanagt lengkap di artikel “ Bagaimana membedakan madu asli atau palsu?” 

Sayangnya percobaan di atas hanya bisa dilakukan setelah anda membeli, atau paling tidak pedagang memperbolehkan anda membuka segel. Karena itu anda bisa mendeteksi apakah madu yang anda beli itu murni atau tidak dari label yang tertera pada botol produk. 

Pada produk madu yang terjamin, selalu mengikut sertakan komposisi madu pada label. Pada madu murni komposisi madu adalah seratus persen. Sedang pada madu-maduan” atau madu abal-abal ditemukan komposisinya bukan 100 % madu melainkan ada beberapa persen bahan pemanis tambahan, seperti gula jawa ataupun sirup jagung.

Sayangnya hal ini tidak efektif jika si produsen madu tidak mencantumkan komposisi pada botol. Parahnya produsen madu menipu konsumen dengan menggunakan kebohongan bahwa madu mereka 100 % murni padahal sebenarnya tidak. 

Hanya saja kita bisa meminimalisir kecurangan pembelian madu dengan melihat label yang tertera. Jika memang anda tidak mau membeli yang tidak murni, jangan membeli madu yang ada komposisi lain selain madu. Keuntungan lain anda bisa melihat tanggal kadaluarsa madu sehingga anda terhindar dari keracunan. 

Melihat label sebelum membeli madu mungkin kita anggap hal kecil. Tapi jika anda menganggap kesehatan anda adalah suatu yang penting, melihat label madu sebelum membeli merupakan hal besar yang bisa anda lakukan untuk kesehatan anda.

Selamat sehat….



Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger