1001 kebiasaan yang bisa mengatasi sembelit



mengatasi-sembelit-mudah
Sembelit bukanlah suatu penyakit yang mematikan layaknya kangker, jantung dan stroke, namun sembelit akan mematikan aktifitas anda sehari-hari. Apalagi sembelit yang anda alami sudah berlangsung berhari-hari, bahkan sampai hitungan bulan. Semua akan serba tersiksa, dan anda tak bisa berbuat apa-apa selain terus mengusahakan berkali-kali pergi ke kamar mandi.

Sembelit pada dasarnya adalah gangguan pengeluaran feses/sisa pencernaan yang dipicu oleh beberapa keadaan. Keadaan itu bisa berupa kerasnya feses. Namun bisa juga karena gangguan paristaktijk usus untuk mengejan. Tapi pada umumnya alasan pertamalah yang sering menimbulkan sembelit. Oleh karena itu jalan yang paling dianjurkan adalah bagaimana membuat feses kita menjadi lunak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

Sebenarnya anda bisa dengan mudah mengencerkannya. Tinggal membawa beberapa uang secukupnya pergi ke warung atau apotek, lalu membeli obat pencahar yang banyak sekali beredar di sana. Anda tinggal menelannya lalu beres. Tapi kalau seperti itu, kok sepertinya  tubuh kita tidak pernah pintar sehingga  apa-apa harus di bantu dari luar lewat obat. Bukankah Tuhan telah menciptakan kita dengan sanat sempurna. Apakah tubuh tidak bisa menyembuhkan diri sendiri? 

Sebenarnya alam telah menyediakan obat-obatan alami itu untuk mengatasi sembelit. Kebiasaan kita pun juga sangat berperan untuk menghindari sembelit. Jadi memang banyak sekali cara dalam mengatasi gangguan BAB ini. Karena itu tidak salah jika artikel ini dikiaskan dengan judul “1001 kebiasaan untuk mengatasi sembelit. Apa saja itu?

1.    Mengatur Pola makan

Makanan mau tidak mau menjadi faktor penting bagaimana sembelit terjadi. Terutama polanya. Aturlah pola makan sehat yang sesuai dengan kebiasaan anda. Perubahan pola makan yang tiba-tiba menjadikan perubahan pola  kerja usus juga. Makanlah sesuai dengan jam makan anda. Jangan sampai telat.

2.    Mengkonsumsi buah dan sayur 

Selain pola makan, sembelit juga bisa terjadi karena bahan makanan yang kita makan. Jika kita makan makanan yang miskin mineral air dan serat, sudah barang tentu, perut anda rentan sekali menderita sembelit. Makanana paling mujarab untuk mengatasi sembelit adalah sayuran dan buah. Keduanya sangat gampang tercerna oleh usus sehingga zat sisanya pun gampang dikeluarkan.

3.    Minum banyak air putih

Bukan hanya sekedar cukup, minum air seharusnya memang harus banyak. Karena air adalah elemen penting dalam kerja sel maupun organ tubuh. Demikian juga organ pencernaan. Dengan adanya air yang banyak, fungsi pencernaan akan berjalan dengan baik. Air juga membantu distribusi pengeluaran kotoran.

4.    HIndari terlalu banyak makanan olahan 

Beberapa makanan seperti makanan beku, burger, pizza, dan makanan-makanan sejenis merupakan makanan olahan yang sebaiknya anda hindari untuk konsumsi jangka panjang. Kenapa? Karena golongan makanan seperti ini hanya mengandung sedikit sekali serat. Walaupun penyajiannya kadang-kadang menggunakan sayuran. Mengknsumsi makanan olahan secara terus menerus akan mengakibatkan terganggunya saluran pencernaan seseorang.

5.    Batasi kafein

Sifat dari kafein adalah menyerap air sehingga akan memicu dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh manusia. Karena itu konsumsi kopi harusnya sudah mulai di batasi. Kafein juga terdapat pada minuman teh atau terkenal dengan nama tein( kafein teh ). Cokelat juga termasuk makanan yang mengandung kafein dalam jumlah yang sedang.

6.    Jangan tunda BAB

Jika anda tidak ingin megalami sembelit sebaiknya anda tidak sering menunda buang air besar/BAB karena kebiasaan ini bisa mengakibatkan sembelit. Sering menunda BAB akan membuat respon pencernaan menjadi kacau, akan mengakibatkan kesusahan dalam buang air besar di suatu hari. Biasakan setiap hari BAB. Jika demikian tubuh akan selalu terbiasa dengan kebiasaan ini. 

7.    Hati-hati dengan obat yang anda minum

Beberapa obat penenang terbukti bisa membuat keras feses yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Karena itu siasati dengan memakan banyak serat, juga vitamin C untuk mengimbangi efek samping dari obat tersebut

8.    Olahraga

Olahraga bisa menjaga metabolisme tubuh tetap lancar. Karena metabolisme lancar maka akan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dari organ-organ pencernaan. Selain itu olahraga mampu menyehatkan hampir seluruh kerja tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan yang mungkin bisa anda terapkan ketika anda sedang mengalami sembelit. Tentu kebiasaan di atas juga baik bagi anda yang memang ingin sekali terhindar dari gangguan sembelit. Semoga pencernaan anda selalu lancar, sehingga rejeki anda juga semakin lancar.

Selamat sehat!











Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger