Menu inilah yang membuat orang Jepang panjang umur

rahasia-sehat-wanita-pria-jepang
Bila anda ingin melihat contoh orang-orang dengan umur panjang. Pergilah ke negara matahari terbit yaitu Jepang. Anda akan menemukan banyak sekali  orang-orang tua berwajah keriput namun masih sangat sehat. Bahkan saat ini rekor manusia tertua masih dipegang oleh wanita Jepang yang berumur 116 tahun. 

Menurut penelitian, wanita Jepang memiliki harapan hidup sekitar 86,4 tahun. Angka tersebut menjadi rata-rata usia tertinggi dari negara-negara lainnya. Bahkan mengalahkan negara super power yang di anggap makmur yakni Amerika serikat. Wanita Amerika memiliki harapan hidup hanya sampai 81 tahun, lebih rendah  4 tahun daripada wanita Jepang. 

Bukan wanita saja, para pria Jepang juga mempunyai harapan hidup lebih panjang dengan harapan hidup mencapai 79,9 tahun meski angka ini masih kalah dengan harapan hidup di negara Iceland dengan harapan hidup 80,8 tahun.

Pertanyaan kemudian timbul, mengapa penduduk Jepang memiliki rata-rata usia lebih panjang daripada penduduk di negara lain?

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, rahasia usia panjang manusia Jepang ada pada pola makan dan menu yag mereka santap sehari-hari. Menu makanan mereka sangat mempengaruhi tingkat kesehatan mereka secara umum. Ada tiga jenis makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehingga mereka mendapatkan usia yang seperti itu. 

Inilah konsumsi mereka sehari-hari :

· Sayur

orang-jepang-sehat-karena-sayuran
Walaupun luas daratan mereka relatif sempit. Namun Jepang terkenal sebagai negara penghasil sayuran terbaik. Semua itu sepadan dengan tingkat konsumsi masyarakat yang amat menggilai sayuran. Hampir semua masakan Jepang menggunakan sayuran sebagai bahan utama atau tambahan. 

Sayuran yang mereka konsumsi akan meningkatkan kadar serat sehingga pencernaan mereka lancar, sehingga memaksimalkan daya serap usus dalam menyerap bahan-bahan esensial yang sangat dibutuhkan tubuh.

· Teh hijau

green-tea-bikin-panjang-umur
Bagaimanapun penyajiannya, teh itu sehat. Jargon ini sudah sangat terkenal di Jepang dan sudah diterapkan benar-benar oleh penduduknya. Apalagi konsumsi jenis teh hijau. Seperti diketahui, jenis teh ini sangat kaya akan anti oksidan yang akan membantu regenerasi sel rusak dalam tubuh. Teh hijau akan memperlambat proses degeneratif (kerusakan) tubuh sehingga akan selalu terlihat lebih muda. Teh hijau dengan kasiat anti oksidannya juga akan membuat radikal bebas yang masuk menjadi tidak berdaya. Semakin kecil jumlah radikal bebas yang masuk, semakin kecil pula resiko orang terkena penyakit-penyakit kronis mematikan akibat radikal bebas seperti jantung, paru-paru dan kangker. Inilah alasan kenapa orang jepang meminum teh utamanya teh hijau. Ingin tahu alasan lain kenapa anda harus minum teh. baca di " 5 alasan penting untuk mengonsumsi teh setiap hari "

· Sushi

sushi-rahasia-sehat-orang-jepang
Bukan makan sushi sebagai poinnya. Namun kebiasaan memakan makanan segar di Jepang membuat mereka nampak lebih sehat. Makanan segar yang dimasak setengah matang atau bahkan mentah tentu lebih mempunyai kandungan gizi yang lebih memadai dari pada makanan yang sudah matang penuh. Apalagi cara masak yang salah membuat kandungan gizi di dalam makan menjadi hilang. 

Ini mungkin yang membuat orang-orang jaman dulu relatif punya usia yang panjang. Karena di jaman itu belum ditemkan oven, penggorengan, microwave dan sebagainya yang membuat kandungan gizi dalam masakan menjadi agak berkurang. 

· Minim nasi

nasi-sedikit-bikin-sehat
Pernah bukan anda melihat film atau darama Jepang? Perhatikan cara makan mereka saat terjadi perjamuan. Perhatikan bahan pokok yang mereka makan. Mereka hanya memakan sedikit nasi saja. Nasi tersebut akan ditempatkan pada mangkuk kecil dan dimakan dengan sumpit. Ini akan mencegah mereka makan nasi secara berlebihan. 

Mereka juga memilih ubi sebagai bahan makanan pengganti nasi yang tentu lebih sehat karena termasuk dalam golongan karbohidrat kompleks. Silahkan cari tahu arti karbohidrat komplek di “Karbohidrat sederhana vs kompleks. Mana yang lebih baik?” 





Jadi jika anda memang benar-benar ingin mempunyai usia yang lebih panjang, jangan segan untuk meniru pola dan menu makan orang Jepang. Bukankah mempunyai usia panjang dan sehat adalah idaman setiap orang??? Harigato...

Selamat sehat...

Share this article :

+ comments + 1 comments

January 17, 2016 at 12:41 AM

hebat ya orang2 jepang...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger