top 11 faktor penyebab tekanan darah tinggi


faktor-penyebab-hipertensi-darah-tinggi
Serangan darah tinggi memang seperti hantu yang tiba-tiba nongol di depan muka kita. Datang tiba-tiba dan mengagetkan. Anda mungkin dibuat terheran-heran dengan diagnosa dokter bahwa anda sudah mengalami tekanan darah tinggi, padahal kalau anda amati selama ini kita baik-baik saja. Mungkin anda merasa kaget karena selama ini anda rutin memeriksakan tekanan darah, namun hasilnya selalu baik-baik saja. Yang membuat anda pusing mungkin adalah apakah yang menyebabkan anda tiba-tiba terkena darah tinggi/hipertensi? Daripada anda pusing-pusing atas penyebab darah tinggi yang anda derita, mari kami rangkumkan sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan darah tinggi??

Berikut ini adalah 11 besar faktor resiko tekanan darah tinggi. Mari kita simak sama-sama :

10 besar Faktor Resiko Penyebab Tekanan Darah Tinggi  

1 Faktor keturunan

Sebab yang paling sulit di hindari adalah faktor keturunan. Mengapa? Karena setiap orang pasti mewariskan sifat baik itu fungsi, ataupun anatomi tubuh kepada anaknya. Demikian juga dengan sifat aliran darah, anatomi pembuluh darah, struktur sel darah juga sistem peredaran darah.  Ada orang yang mempunyai bentuk pembuluh darah sempit dengan elastisitas kurang yang meningkatkan resiko hipertensi. Pembuluh darah dengan karakter seperti ini berpeluang besar diturunkan ke penerusnya. Karena itu jika ibu atau ayah anda mengalami hipertensi, anda kemungkinan besar mengalami hal serupa


2 Berat badan berlebih

Saat ini, ukuran Yang bisa menjadi acuan berat badan kita termasuk ideal atau tidak adalah BMI (Indeks Massa Tubuh). Cara mengukur BMI silahkan di cek sini Jika BMI Anda 25 hingga 30, atau bahkan lebih, Anda terhitung kelebihan berat badan, dan lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Ini menandakan dalam tubuh anda terjadi kelebihan lemak yang akan menghambat laju edar darah anda. Ini tentu sangat berhubungan dengan faktor resiko nomor 4 dan 5 di atas.


3 Jenis kelamin

Jika anda seorang wanita, merasa berbahagialah, karena hipertensi akan lebih suka menyambangi pria. Lagi-lagi ini karena karakteristik dari pembuluh darah. Pembuluh darah seorang wanita lebih lebar dari pembuluh darah pria. Itulah mengapa kita lebih sering menemui penyakit pembuluh darah ini diidap oleh seorang pria.


4 Kurang gerak 

Sialnya kehidupan modern sekarang ini membuat orang malas bergerak. Bekerja di kantor dengan hanya duduk berjam-jam di depan komputer. Bahkan saat pulang ke rumah budaya moveless ini masih berjalan. Ambil contoh saat cuci baju tinggal pencet, ganti chanel TV tinggal pencet, masak tinggal pencet, apa-apa tinggal pencet. Anda mesti tahu bahwa olahraga mampu memperlancar aliran darah anda meski pada saat olahraga otomatis akan menaikkan tekanan darah secara drastis. Olahraga mampu mempertahankan kinerja jantung anda tetap fit kapanpun di butuhkan. Maka jangan heran jika penyakit ini lebih sering menyerang orang-orang jaman sekarang yang malas bergerak.


5 Pola makan salah

Ini sangat berhubungan dengan kolesterol darah. Sebabnya banyaknnya kandungan lemak (jahat) dalam aliran darah akan menghambat laju aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Apalagi jika telah terjadi arterosklerosis atau penyampitan pembuluh darah oleh lemak, jangan harap aliran darah akan lancar. Penerapan pola makan yang kaya akan lemak jahat seperti goreng-gorengan, jeroan, dan makanan tinggi kolesterol lainnya memicu terjadinya tekanan darah tinggi akibat kolesterol


6 Tidak suka dengan sayur dan buah

Anda mesti tahu dalam buah tomat mengandung zat yang sangat penting bagi aliran darah seperti Vit B3, potassium, asam folat dan lain-lain yang baik untuk menurunkan tekanan darah anda. Demikian juga pada bawang putih, buah aprikot, alpukat dan belimbing mempunyai khasiat yag sama dalam usaha menurunkan tekanan darah seseorang. Karena itu tidak menyukai buah dan sayur adalah faktor buruk yang akan meningkatakan  resiko tekanan darah tinggi.


7 Stres

Hormon adrenalin akan meningkat saat kita stres, Hormon adrenalin inilah yang akan mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat. Otomatis tekanan darah pun meningkat. Selain itu, pada saat stres kita akan cenderung melahap setiap jenis makanan, entah itu makanan sehat dan bahkan lebih sering adalah makanan tidak baik di konsumsi berlebih seperti coklat eskrim, fas food dan lain-lain. Jangan lupa bukan hanya tekanan darah tinggi saja yang akan mengancam anda. Melainkan penyakit mengerikan seperti diabetes juga ikut menyerang anda.


8 Komplikasi penyakit lain

Orang dengan diabetes mungkin juga akan mengalami tekanan darah tinggi. Demikian juga dengan orang yang mengorok saat tidur.  Menurut para ahli, gangguan kondisi kesehatan seperti Apnea tidur (Sleep Apnea) dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Karenanya segera konsultasilah ke dokter anda jika anda mengalami hal ini.


9 Merokok

Jangan lupakan kebiasaan buruk ini. Lebih dari 6000 zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok inilah yang membuat kita akan terkena serangan darah tinggi. Zat-zat menjijikkan yang terkandung dalam rokok inilah yang akan mengeraskan dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan kehilangan elastisitas. Naiknya jenis lemak jahat ( LDL dan Tg ) semakin membuat darah mengental sehingga aliran darah tidak lancar, ini jugalah yang membuat tekanan darah akan meningkat. Belum terlalu jelas dengan apa itu LDL dan Tg? Cari tahu di " Berkenalan dengan lemak darah "


10 Usia

Karena itu semakin tua usia anda maka semakin tua pulalah usia pembuluh darah dalam tubuh anda saat itulah proses degenerasi atau penuaan sel akan terjadi. Seiring dengan penuaannya, kehilangan yang pasti adari pembuluh darah adalah daya leastisitasnya. Dimana ia tidak bisa menyesuaikan lagi dengan tekanan aliran darah yang terjadi. Dengan kurang lancaranya aliran darah secara otomatis akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Itulah awal mula terjadinya hipertensi.


11 Suka begadang

“Begadang-jangan begadang jika tiada artinya” kata penyanyi dangdut legendaris Indonesia. Anjuran tersebut memang sangat beralasan, karena begadang bisa bikin pola tidur kita terganggu. Bayangkan saat malam saat tubuh butuh istirahat kita justru melek. Padahal tubuh sangat butuh tidur untuk mengistirahatkan organ dan meregenerasi sel mati. Orang yang bekerja shift malam pun sedang terancam  penyakit ini. Simak di “bahaya pekerja shift malam

Sebodoh-bodohnya manusia adalah yang jatuh ke lubang yang sama dua kali. Jika anda telah mengetahui faktor resiko yang bisa menyebabkan terkena hipertensi, mestinya anda akan mengindahkan 10 faktor di atas agar terhindar dari penyakit hipertensi. 
Ingat ya, hipertensi bukan akan sendirian menyiksa anda, karena hipertensi bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya seperti gagal ginjal, pembengkakan jantung ataupun stroke. Jadi mencegah sejak dini penyakit hipertensi itu lebih baik bukan? Dari pada tahu-tahu anda sudah di diagnosa dokter terkena serangan tekanan darah tinggi.
Selamat sehat....


Share this article :

+ comments + 2 comments

December 16, 2015 at 11:33 PM

Halo admin, saya diberitahu teman bahwa omega 3 plus bisa untuk nurunin hipertensi. Bisa kasih penjelasannya ga min ?

December 27, 2015 at 7:23 PM

omega 3 sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskuler termasuk pembuluh darah, jadi jika omega 3 mampu membuat tekanan darah turun, itu masuk akal. Omega 3 mampu meningkatkan kolesterol baik / HDL, dan menurunkan LDL, juga tekanan darah.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger