3 Cara Paling Benar Menghitung Berat Badan Ideal

cara-menghitung-berat-badan-ideal
Bagaimana berat badan ideal menurut anda? Apakah yang berotot seperti atlet binaraga atau yang kurus kering seperti umumnya bentuk badan para model yang berlenggak lenggok di catwalk. Apakah seperti yang anda dapatkan di buku tentang kesehatan? Ataukah justru berat ideal itu seperti bentuk tubuh model-model yang sering tampil di TV.


Kadangkala dalam memandang berat badan ideal anda sering subyektif memandangnya. Ideal menurut anda belum tentu ideal bagi teman anda. Kalaupun anda menganggap Berat badan anda ideal, ternyata dokter anda menganggap BB anda masih belum ideal. Hal ini sering menimbulkan kebingungan bagi anda. 



Jangan resah dan gelisah. Karena sekarangpun anda bisa mengukur berat badan ideal anda sendiri. Mengukur berat badan ini berguna untuk mendapatkan penampilan yang proporsional yang tentu menarik dipandang mata. Selain itu dilihat dari tinjauan medis, orang yang tidak kelebihan atau kekurangan berat badan akan mendapatkan tingkat kesehatan yang prima. 



Nah, sekarang lah waktunya bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengukur berat badan ideal anda sendiri. Berikut ini disajikan tiga cara mengukur berat badan yang sudah dirokemandasikan oleh ahli kesehatan dan sudah digunakan bertahun-tahun. Mau pilih yang mana? Itu semua terserah anda :



Cara menghitung berat badan ideal 1


Cara ini telah sangat lama diandalkan selama bertahun-tahun lamanya karena itu cara ini lebih umum dari dua cara lainnya. 

Caranya adalah :
Berat Badan Ideal = (Tinggi badan – 100 ) x 90% 
Misalnya tinggi badan anda 170cm, BB ideal anda adalah sebagai berikut:
(170 - 100) x 90% = 63 kg. Jadi, berat badan ideal anda 63 kg


Ukurlah berat badan ideal anda. Anda termasuk kelebihan berat badan jika berat badan anda lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal. 

Jika hasilnya lebih dari 20% dari berat badan ideal anda berarti anda mengalami kegemukan/obesitas. 
Sebaliknya anda termasuk kategori kurus atau kekurangan berat badan jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal 2


Untuk cara yang kedua namanya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT). Ini adalah cara baru di dunia kedokteran yang disinyalir lebih akurat dari pada cara yang pertama.

Caranya yaitu:

Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)



Misalnya anda mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal anda adalah, 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Setelah mendapatkan angkanya, coba anda cocokkan dengan parameter berat badan di bawah ini:



· <17 =  Anda kekurangan BB berat

· 17 =  Anda kekurangan BB ringan
· 18,4 - 21 =  Normal
· 21,1 – 27 =  Anda kelebihan BB ringan
· 27,1 - 30 = Anda kelebihan BB sedang
· >30 =  Anda kelebihan BB berat.
Jadi, anda tergolong dalam kategori kelebihan BB ringan karena Indeks Massa Tubuh anda adalah 23,8


Cara Menghitung Berat Badan Ideal 3




Ini adalah cara paling mudah yang dapat anda lakukan, namun cara ini juga tidak terlalu akurat. Caranya adalah ukur lingkar pinggang anda menggunakan jengkal tangan. Satu jengkal biasanya sekitar 20 cm, untuk lingkar pinggang wanita tidak boleh lebih dari 4 jengkal (80 cm), dan untuk pria tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm). 



Kelebihan dari cara ini anda bisa dengan mudah mengukur kelebihan dan kekurangan berat badan namun anda tidak bisa menentukan secara nyata, berapa kurangnya jika anda mengalami kekurangan berat badan dan berapa kg yang harus anda turunkan jika anda mengalami kelebihan berat badan.



Demikianlah 3 Cara Menghitung Berat Badan Ideal, pengukuran ini tidak lain adalah untuk membuat anda mendapatkan berat badan ideal yang memang terbukti menghindarkan anda dari beberapa penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes militus, jantung dan lain-lain. Bahkan berat badan ideal bisa membuat para wanita jadi cepat hamil.



Hanya saja jangan terlalu terfokus untuk mendapatkan berat badan ideal anda. Yang penting adalah hidup seimbang. Kekurangan berat badan tidak berarti anda sehat demikian juga jika anda kelebihan berat badan tidak secara otomatis anda sakit-sakitan. Dapatkan berat badan ideal anda secara alami dan menyenangkan.



Okay. Selamat Sehat!





Share this article :

+ comments + 1 comments

March 9, 2016 at 6:02 PM

Terima Kasih Informasinya mengenai cara mudah menghitung berata badan yang ideal.
Informasi yang sangat bermanfaat :)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger