Apa yang menyebabkan kerontokan rambut?


mengatasi-mencegah-rambut-rontok-botakMempunyai rambut tebal dan sehat adalah dambaan setiap orang. Pria maupun wanita. Rambut, sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rambutlah yang akan melindungi  kepala dari berbagai gangguan yang timbul di sekitarnya. Selain itu rambut juga menjaga suhu di kepala tetap stabil. 

Namun saya yakin, yang membuat kedudukan rambut sangat berharga bagi setiap orang adalah rambut berpengaruh pada estetika wajah. Bahkan rambut bisa jadi penentu kecantikan seorang wanita. Jika disuruh memilih mempunyai rambut tebal atau mempunyai rambut tipis, setiap orang pasti lebih memilih mempunyai rambut tebal. Apalagi jika itu sehat.

Kerontokan yan berlebih mungkin saja akan membuyarkan harapan untuk mempunyai rambut tebal nan cantik. Karena dengan kerontokan itu rambut menjadi terlihat tidak sehat dan nampak kusam dan tipis. 

Kerontokan adalah wajar 

Seperti halnya kulit yang mengelupas dan berganti menjadi sel kulit baru setiap hari. Sebenarnya rambut juga melakuakan hal demikian. Rambut akan rontok untuk memberi kesempatan rambut yang baru tumbuh. Normalnya rambut dalam sehari bisa rontok samapi 100-150 helai. Jadi jangan kawatir jika memang rambut anda mengalami kerontokan satu-dua helai saja.

Masalahakan jika kerontokan itu melebihi 150  helai perhari, kita pantas mulai was-was. Keadaan itu bisa menandakan ada sesuatu yan tidak sehat sedang mempengaruhi keadaan rambut sehingga terjadi kerontokan berlebihan. Kalau hal ini di biarkan terus-menerus, tak menutup kemungkinan akan terjadi penipisan rambut, bahkan kebotakan. Mau?

Dokter Ni Sari Widianingsih SpKK, dari RS bedah surabaya menyarankan, kerontokan perlu dicari penyebabnya agar mendapatkan solusi yan tepat. Jika tidak dicari sumbernya maka langkah-langkah pengobatan hanya mengurangi kerontokan saja.

Penyebab rambut rontok

Penyebab kebotakan bisa bermacam-macam sebab. Salah satunya yang paling umum adalah faktor usia. Seperti halnya tulang, saat usia kita beranjak semakin lanjut dengan sendirinya akar rambut akan merapuh. Demikian juga dengan warnanya akan semakin layu lalu berwarna  kelabu bahkan putih polos/ beruban (Cari tahu cara menangkal uban berikut “ Olahraga bisa menangkal rambut beruban, lo” ). Jadi wajar sekali jika rambut kita semakin banyak yang rontok ketika sudah memasuki usia matang.

Selain usia, ada beberapa hal lain yang membuat rambut anda rontok. Dan inilah beberapa di antaranya :

Stres

Stres merupakan situasi yang membuat hati dan fikiran tertekan. Masalah demi masalah baik keluarga maupun pekerjaan membuat otak anda berpikir terus-menerus tanpa henti. Namun anda mesti tahu, stres membuat kepala anda sangat panas. Ini yang membuat ada penilaian dari sebagian kita, bahwa orang pintar yang suka berfikir, rambutnya pasti jarang karena sering rontok.

Rambut keracunan bahan kimia

Jika anda menganggap perlakuan untuk memodifikasi rambut tidak berefek apa-apa pada rambut itu adalah pemikiran yang salah. Hati seseorang bisa stres, demikian juga rambut. Jika perlakuan seperti pemakaian hairspray, rebounding, keriting rambut dan sebagainya diteruskan, rambut bisa stres dibuatnya. Kalau sudah stres rontok adalah konsekuaensi logis sebagai hasil perlakuan berlebihan terhadap rambut. Pemakaian bahan kimia pada rambut bisa juga sebagai pencetus kerontokan rambut, seperti penggunaan shampo dan pewarna rambut yang salah.

Kebiasaan salah tentang rambut

Kebiasaan seperti menyisir saat rambut basah, merupakan kebiasaan yang kurang tepat saat seseorang ingin mempunyai rambut lebat. Sekuat apapun akar rambut anda, jika anda sering menyisirnya saat basah, otomatis angka kerontokan rambut anda akan selalu bertambah. Kebiasaan menggunakan penutup kepala seperti topi, kerudung dalam waktu yang lama membuat kulit kepala anda kesulitan bernafas sehingga membuat kulit kepala anda rapuh.

Faktor penyakit atau gangguan lainnya

Ada beberapa penyakit yang sering ditandakan dengan rambut rontok, misalnya kanker, dan penyakit auto imun seperti lupus. Sebenarnya bukanlah kangker yang membuat rontok rambut seseorang, tapi karena kemo-terapi sebagai salah satu cara pengobatan kangker yang membuat rambut seseorang rontok. Maka tidak heran, jika anda mengetahui dalam film ada seseorang yang hampir tidak punya rambut saat sedang menjalani pengobatan terhadap kangker yang ia idap.

Itulah beberapa sebab kenapa rambut seseorang bisa rontok berlebihan. Jika memang anda ingin menghindari kerontokan rambut, maka perhatikanlah benar-benar hal-hal yang menyebabkan rambut di atas. Semoga semua faktor di atas bekerja pada rambut anda. 

Bukankah mempunyai tubuh sehat, proporsional dan rambut indah merupakan hal yang di idam-idamkan setiap orang?

Selamat sehat....


Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger