Tingkatkan kolesterol baik (HDL) dengan asupan ini

almond-meningkatkan-hdl-kolesterol-baik
Di jaman serba instan belakangan ini, penyakit kelebihan kadar kolesterol darah merupakan masalah yang semakin sering dijumpai. Kenapa? Karena kondisi kelebihan kolesterol pada akhirnya akan membuat penderitanya rentan terhadap penyakit lain yang lebih pelik penanganannya. Anda pasti telah mengenal dua penyakit paling berbahaya dewasa ini,  yaitu jantung koroner dan stroke, bukan? Ya, dua penyakit mematikan ini berasal dari angka kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah. Karena itu orang berlomba-lomba untuk menurunkan angka kolesterol mereka agar terhindar dari serangan dua penyakit mematikan ini.

Tapi tunggu dulu, jangan serta merta galau ketika melihat angka kolesterol yang tertera di hasil pembacaan tes darah. Karena anda mesti membedakan lagi komponen-komponen pembentuk kolesterol. 

Ada tiga jenis yang harus anda perhatikan untuk mengevaluasi nilai kolesterol anda. Komponen itu adalah HDL, LDL dan Trigliserida. Jika LDL naik dan HDL rendah, anda mesti kawatir karena LDL lah yang nantinya akan menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. LDL dalam darah akan di keluarkan oleh HDL yaitu kolesterol baik yang akan mengeluarkan LDL dari pembuluh darah. Karena itulah jika HDL anda tinggi, ini akan membuat anda relatif aman dari serangan jantung dan stroke. Untuk keterangan lebih jelas tentang kolesterol silahkan di baca “ berkenalan dengan kolesterol

Atas dasar inilah, kita seakan-akan berlomba-lomba untuk mengusahakan naiknya kadar HDL darah demi melindungi pembuluh darah dari plak. Produk-produk kesehatan untuk meningkatkan HDL pun segera bermunculan. Padahal anda tidak perlu terlalu ngoyo mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk-produk peningkat HDL ini. Karena alam ternyata menyediakan beberapa bahan alami yang akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Dengan mengkonsumsi bahan-bahan tersebut secara rutin, HDL darah akan naik. Dengan sendirinya LDL juga akan turun karenanya. 

Inilah beberapa makanan ayang akan bisa meningkatakan kadar HDL darah anda.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Hal ini sering membuat orang takut untuk mengkonsumsi jenis buah ini. Tetapi Anda tidak perlu takut, karena jenis lemak yang ada pada  alpukat adalah lemak tak jenuh yang tentu jika dikonsumsi akan meningkatkan HDL dalam darah.  Selain lemak tak jenuh alpukat juga mempunyai beberapa zat yang baik untuk kesehatan. Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan  klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

2. Minyak kelapa murni

Bukan minyak kelapa yang telah mengalami pemrosesan atau pemanasan dalam pabrik, tapi minyak kelapa murni hasil penyulingan alami. Mungkin seperti minyak kopra yang beberapa tahun lampau tenar digunakan masyarakat.  Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah bantak diakui. 

3. Ikan 

Hampir semua jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Namun kandungan terbaik adalah pada ikan laut terutama perairan laut dalam . Ikan seperti  Salmon, herring, s, makarel, tuna dan arden adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Kegunaaan Lemak ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan yang paling penting adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill dan alga. Anda mesti tahu bahwa Asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL),  dan sekaligus mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

4. Kacang-kacangan atau polong-polongan

Menurut penelitian  Orang yang banyak ditemukan kacang-kacangan pada menu makanannya berisiko lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke, ketimbang mereka yang makan sedikit kacang. Kesimpulan ini adalah hasil studi yang di lakukan pada Harvard School of Public Health. Bahkan badan Pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) menyimpulkan bahwa  makan- makanan yang mencakup satu ons kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

Beberapa contoh jenis kacang yang mengandung omega 3 adalah kacang tanah, kacang merah, almond dan kenari.

Itulah, beberapa bahan makanan yang mampu menaikkan kadar kolesterol baik seseorang. 
Mengkonsumsi Jenis bahan makanan di atas bukanlah satu-satunya kunci dalam menaikkan kadar HDL seseorang.  Karena jika tidak dibarengi dengan pola hidup sehat, diet dan olahraga, usaha menaikkan HDL darah akan sukar dilakukan.Jangan lupa juga hindari makanan berlemak jenuh dan hindari karbohidrat berlebihan. Jika itu semua dilakukan, saya yakin anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah anda. 

Oke selamat sehat.....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger