Ini yang terjadi pada leher saat asik main ponsel

jangan-menunduk-lihat-ponselKebiasaan bermain dengan ponsel jaman sekarang seperti tidak bisa dihindari. Ketergantungan orang dengan ponsel nyaris sama dengan ketergantungan orang dengan makanan. Apalagi ponsel sekarang lebih kaya fitur, sehingga membuat orang lebih sering melihat ponsel. Berbagai macam posisi akan dilakukan orang saat bermain dengan ponsel. Salah satunya adalah menunduk. Posisi ini diyakini lebih sering dilakukan orang saat melihat ponsel. Padahal terlalu sering menunduk saat melihat ponsel itu tidak baik untuk kesehatan. Utamanya bagi area tubuh bagian leher. 

Anda mesti tahu bahwa saat kita melihat ponsel dengan menunduk tekanan pada tulang leher menjadi seberat 27 kg. Jadi saat anda melihat ponsel sekali saja, itu sama saja anda meletakkan 4 batu besar sekaligus di leher anda.

Studi ini adalah sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Kenneth Hansraj, seorag chief surgery atau ahli bedah umum di New York Surgery and Rehabilitation Medicine. Dia dan tim nya menemukan bahwa melihat ponsel dengan menunduk berarti membuat  jumlah tekanan pada leher berlebih karena posisi leher membengkok.

Adapun pembeda jenis berat nya bisa di bagi menjadi beberapa bagian tergantung sudut leher saat menunduk. Saat anda Menunduk 45 derajat untuk melihat ponsel itu berarti anda sedang menambahkan kekuatan 22 kilogram pada leher. Jika menunduk 30 derajat saja, sama dengan menaruh beban seberat 18 kilogram, demikian juga saat anda menunduk 15 derajat sama saja menambah beban pada leher 12 kilogram.

Karena itulah, kita harus berusaha untuk melihat ponsel dengan posisi yang netral. Bagaimana posisi netral itu? Posisi netral adalah posisi saat leher tidak membengkok ke bawah maupun ke atas. Itu artinya ponsel harus berada sejajar di depan tubuh. Dengan posisi ini saja kita bisa meminimalisir dampak yang mungkin akan timbul saat kita melihat ponsel kita.

Selamat sehat....


Share this article :

+ comments + 2 comments

December 11, 2014 at 7:02 PM

bagus informasinya gan
salam semangat

January 23, 2015 at 2:25 AM

oh kadang ane ngerasain pegel gitu gan,, mungkin yaa sering bgt liat ponsel dengan nunduk,, thanks before gan atas info nya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger