Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Untuk Melangsingkan Tubuh


Kunyit adalah tumbuhan rimpang yang khasiatnya sudah sangat legendaris selain lengkuas, temulawak dan jahe. Jadi jenis tumbuhan ini tidak pernah absen sebagai bahan jamu tradisional maupun bumbu masakan sehari-hari. Bahkan karena banyak khasiat inilah yang membuat pabrik-pabrik obat kimia latah menggunakan bahan ini sebagai bahan obat. 

Banyak juga yang menggunakan bahan kunyit sebagai bahan kosmetik. Tapi siapa sangka kunyit justru bisa membuat tubuh anda langsing jika di buat bahan jamu. Kok bisa? Bagaimana caranya?

Sabar ya….

Jika anda mendengar jamu kunyit asam, itulah produk jamu yang sudah sangat familier di negeri kita Indonesia. Sebagai resep obat turun temurun untuk menanggulangi sutu penyakit atau menjaga tubuh tetap fit. Namun kunyit asam ini juga sangat baik digunakan untuk melangsingkan tubuh. Hanya saja tidak seperti namanya, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana meracik jamu ini sebagai alternatif pengobatan atau sebagai bahan melangsingkan tubuh. 

Sebelumnya mari saya ajak anda mengetahui khasiat secara umum tumbuhan rimpang bernama kunyit ini. 

Khasiat kunyit bagi kesehatan

Sudah tidak usah di ragukan lagi khasiat kunyit memang top untuk kesehatan. Kita saja yang karena tidak praktis, suka enggan menggunakan jamu kunyit asam untuk memanfaatkannya. 
Adapun beberapa penyakit yang mampu diatasi oleh tumbuhan bawah tanah ini antara lain :
Mencegah kangker, mencegah alzeimer, mengobati tifus, mencegah anemia, mengurangi resiko diabetes, mengatasi gatal  dan penyakit kulit, menyembuhkan luka, melancarkan pencernaan, mencegah dan mengobati panas dalam, mencegah keputihan, dan lain-lain. Tentang manfaat kunyit atau kunyit ini saya bahas lebih mendetail di artikel ( manfaat kunyit/kunir untuk kesehatan ). Saya yakin manfaat kunyit yang lain masih banyak yang belum diketahui atau memang belum diteliti, karena itu pakai aja dulu….

Segala manfaat kunyit tersebut bisa dijelaskan karena banyaknya kandungan zat berguna bagi tubuh manusia yang ada dalam kunyit. Kandungan zat itu adalah antara lain  Kurkumin sebagai zat anti oksidan, minyak asitri, lemak tak jenuh, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, serta garam-garam mineral penting seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

Khasiat kunyit untuk melangsingkan tubuh

Selain mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit, Kunyit juga sangat ampuh sebagai bahan untuk kecantikan dan merampingkan bentuk tubuh. Kunyit asam mampu membantu melangsingkan tubuh dan juga menghilangkan aroma tubuh. Penasaran akan bagaimana membuat? Ini, nih caranya….

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Untuk Melangsingkan Tubuh

Bahannya:
· 500 gram kunyit yang sudah cukup tua 
· 500 gram asam jawa 
· 250 gram gula merah 
· 2 liter air 
· 1/8 sendok teh garam dapur

Cara membuat:

1. Cuci bersih kunyit sehingga tidak ada lagi kotoran baik itu berupa tanah atau rimpang kulit kunyit yang menua. Disarankan di bawah air yang mengalir.

2. Haluskan kunyit dengan cara diparut atau diblender. Saring hasil parutan tadi dengan menggunakan kain dan ambil sarinya saja dengan cara diremas-remas sampai sari benar-benar terpisah dengan ampasnya

3. Campur sari kunyit tadi dengan air, setelah itu rebus air sari kunyit dengan ditambah bahan-bahan seperti di atas (gula merah, asam jawa dan garam). Biarkan mendidih di atas api kecil.

4. Setelah mendidih, dinginkan terlebih dahulu sebelum siap di minum.


Mudah bukan cara membuat kunyit asam manis? Selain rasanya manis, minuman ini juga terasa menyegarkan. Kalau ada cara enak melangsingkan badan kenapa harus cari cara yang lain?

Selamat sehat….

Share this article :

+ comments + 10 comments

November 17, 2014 at 9:26 PM

kunyit,tumbuhan rimpang yang mudah di dapat dan termasuk ramuan tradisional indonesia yang banyak manfaatnya,,,terima kasih infonya... :)

January 18, 2015 at 8:23 AM

Waah selain lengkap cara pembuatannya juga disertakan manfaat dan khasiatnya, thanks gan sudah mau berbagipengetahuan, agan suka jamu kunyit asam ?

April 22, 2015 at 11:58 PM

aku mau ah, mesen ke ayu penjual jamu aja, sama aja, kan? atau ada efek tertentu dari gula dan garamnya? Terima kasih :)

May 26, 2015 at 5:31 AM

Lebih enak bikin sendiri, lebih higienis lagi, taruh di kulkas lebih sedap

August 2, 2015 at 1:28 AM

Kalo bikin sendiri lebih jelas air yg dipake juga, kalo beli langsung minum belum tentu air dan cara buatnya blum tentu
bersih. Terima ksh resepnya.

October 7, 2015 at 12:56 AM

Blh x d tambah manjakani.

Anonymous
January 28, 2016 at 10:54 PM

terimakasih info nya sangat berguna...

July 10, 2016 at 7:32 AM

wah Mantap ..sangat berguna sekali untuk pembaca nih,.


sbobet judi bola indonesia

July 20, 2016 at 3:07 AM

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat dan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

December 28, 2016 at 2:17 PM

Trm ksh resepnya.. Sangat membantu sy untuk membuat jamu sendiri..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger