Tahukah anda apa yang terjadi di tubuh saat Kita Menangis dan Tertawa?

manfaat-menangis-tertawa-bagi-kesehatan
Konon pelampiasan emosi berupa menangis dan tertawa sangat baik bagi kesehatan. Dengan menangis suasana hati menjadi plong. Segala beban yang menggalaukan bisa lampias,  sehingga akan mengurangi kadar kesedihan. Demikian juga dengan tertawa. Dengan tertawa lepas beberapa detik saja, katanya bisa meremajakan otot, sel kulit atau syaraf di sekitar muka sehingga menjadi lebih segar dan muda. Mungkin semua pendapat itu benar adanya, namun apakah anda tahu asal mula mengapa kedua kegiatan pelampiasan emosi di atas mampu menyehatkan tubuh? Apakah anda tahu proses apa yang terjadi didalam tubuh saat kita menangis dan tertawa?
Dan inilah beberapa reaksi yang terjadi dalam tubuh kita saat kita tertawa ataupun saat kita menangis :

Reaksi tubuh saat kita menangis

Menangis adalah reaksi wajar saat kita mengalami guncangan emosi berupa rasa sedih maupun terharu. Kita akan menagis sejadi-jadinya saat orang terkasih kita pergi, atau sebaliknya saat kita bertemu dengan sesuatu yang kita kasihi setelah lama tidak berjumpa. Demikian juga saat kita melihat sesuatu yang mengharukan seperti dalam film drama atau sinetron televisi.Tahukah anda apakah kita hanya sekedar menangis dan mengeluarkan air mata saja? 
Ternyata tidak. Anda mesti tahu air mata itu adalah "racun" yang keluar dari dalam tubuh? Saat menangis, ada satu jenis hormon bernama hormon adrenokortikotropik yang memiliki peran penting untuk memicu produksi kortisol. Apa itu hormon kortisol?  Hormon kortisol adalah hormon yang diproduksi oleh otak yang berkaitan erat dengan stres yang di alamai manusia. Saat kita mengalami perubahan emosi yang besar, hormon adrenokortikotropik akan memacu produksinya dalm tubuh sehingga akan juga memicu hormon kortisol. Saat kita bersedih terjadi  ketidak seimbanagan senyawa kimia dalam tubuh sehingga air mata akan keluar. Air mata yang keluar itu berusaha menyeimbangkan atau menstabilkan senyawa kimia dalam tubuh. Itu sebabnya saat kita selesai menangis, kita akan merasa lebih lega. Karena snyawa kimia stres telah keluar lewat air mata.

Reaksi tubuh saat kita Tertawa

Berbeda 180 derajat dengan menangis. Tertawa adalah suatu keadaan tubuh saat kita merasakan kebahagiaan yang besar. Karena bukan kesedihan yang memicu kita tertawa. Ada yang mengatakan bahwa tertawa adalah penyembuh terbaik, bahkan bisa jadi penyembuh segala penyakit. Karena itu sekaranag banyak yang menjalani terapi tertawa untuk menyembuhkan penyakit dalam tubuhnya. Sebenarnya apa sih yang terjadi di dalam tubuh kita saat kita tertawa?
Anda mesti tahu bahwa Saat kita tertawa, tubuh akan terpicu untuk memproduksi hormon endorfin. Apa itu endorfin? Endorfin ini adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di dalam otak. Saat kita tertawa beberapa detik saja, hormon endorfin akan segera diproduksi oleh tubuh. Saat jumlah endorfin dalam tubuh cukup banyak, maka kita segera akan mendapat perasaan nyaman, bahagia, dan penuh semangat. 
Seperti di ketahui bahwa Endorfin memiliki segudang manfaat. Bahkan ada yang menyamakan dengan morfin, obat psikotropika yang terkenal itu. Bahkan hormon morfin alami (endorfin) ini bisa memiliki kemampuan 200 kali lebih besar daripada morfin. Manfaat endorfin diantaranya adalah mengendalikan rasa sakit atau nyeri,  mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan perasaan tertekan atau stres, dan dan yang terpenting adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak gampang sakit. Dengan demikian benarlah adanya bahwa tertawa adalah obat sekaligus pencegah terhadap segala macam penyakit yang mengancam kita.

Nah, sudah puaskah anda dengan informasi di atas? Saya yakin sudah, dengan begitu anda sudah tahu bukan, betapa besarnya manfaat saat kita menangis maupun tertawa.
Menjalani Hidup memang berat. Namun itu jangan dijadikan alasan untuk terus bersedih. Bila memang bersedih jangan ragu untuk menangis, walau anda mungkin seorang laki-laki. Setelah menangis, tersenyumlah dan bergembiralah. Hidup ini terlalu berharga dan indah, tidak selayaknya hanya dihabiskan untuk bersedih yang justru akan menguras energi untuk bangkit. 
Selamat sehat.....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger