Kebiasaan Kerja di Kantor Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

bahaya-kebiasaan-buruk-kantor-bekerja
Mungkin sudah menjadi nasib karyawan kantoran menghabiskan waktunya di kantor untuk bekerja 8 jam penuh. Dikejar dead line dan tuntutan dari bos membuat kita tidak memperhatikan lagi jam istirahat. Kadang juga dibumbui dengan stres dan perasaan tertekan. Kesialan tidak berhenti di situ saja, karena ternyata beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan di kantor ternyata bisa berpotensi buruk bagi kesehatan kita sendiri.
Kebiasaan-kebiasaan seperti apa itu?

1. Duduk Sepanjang Hari

Duduk adalah posisi tubuh yang paling lama dilakukan oleh para pekerja kantor. Dan komputer kadang selalu menjdi perangkat yang selalu dihadapi setiap hari.  Kalau seperti itu keadaannya, anda sudah mulai harus berhati-hati. Dalam waktu yang sangat lama, duduk  berbahaya bagi tubuh. Rasa nyeri dan ngilu-ngilu di bagian tubuh tertentu adalah efek samping yang paling kecil dari duduk sepanjang hari. Dampak paling buruknya tentu saja adalah risiko terkena sejumlah penyakit karena kurang gerak seperti diabetes,  jantung, dan gangguan tulang. Untuk mencegah, anda harus pintar-pintar mencuri-curi waktu buat berolahraga ringan. Beristirahat barang sebentar untuk meluruskan tulang punggung ternyata sangat berpengaruh signifikan mengurangi resiko akibat duduk terlalu lama.

2. Kualitas udara ruang kantor buruk

Badan Perlindungan Lingkungan menyebutnya "Sick Building Syndrome", yaitu gangguan kesehatan yang di akibatkan oleh udara kualitas udara yang buruk di dalam kantor. Tidak semua udara di dalam gedung bersih, nyatanya masih banyak ditemukan gedung yang mempunyai kualitas udara buruk bahkan bisa sampai 100 kali lebih kotor daripada udara di luar gedung. Ancaman udara buruk ini bisa berupa polusi yang ditimbulkan oleh pendingin ruangan, partikel beracun, dan bakteri berbahaya. Bagi orang-orang yang punya kesentifitasan terhadap debu juga perlu menghindari debu yang ada di dalam ruangan. 

3. Bekerja Lebih dari 10 Jam Per Hari

Tuntutan hidup yang semakin meroket membuat orang kini harus mati-matian bekerja, kadang melebihi batas kemampuan tubuhnya. Maka lembur menjadi satu-satunya jalan paling mudah untuk itu. Maka tak heran jika sehari kita bisa bekerja lebih dari 10 jam. Padahal ini adalah konyol. Bekerja dengan intensitas sangat panjang seperti ini sangat tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan. Para peneliti di Eropa menemukan bahwa orang-orang yang bekerja 10 jam atau lebih per hari memiliki risiko 60 persen lebih besar terkena gangguan kardiovaskular. Seperti  serangan jantung dan darah tinggi. Jika Anda adalah orang yang diharuskan bekerja 10 jam perhari, maka anda harus mengimbangi kebiasaan itu dengan budaya hidup sehat. Baik itu meliputi sering bergerak, menjaga asupan makanan dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan lain-lain.

 4. Mengetik Terlalu Lama

Apakah pekerjaan Anda selalu berhubungan dengan keyboard komputer? Kalau iya, anda mesti lebih berhati-hati lagi karena ternyata terlalu lama  mengetik bisa membuat Anda terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS) yaitu kondisi tangan serta lengan yang sakit karena disebabkan oleh syaraf yang terjepit di pergelangan tangan. Untuk menghidari CTS, Anda harus selalu menjaga proporsi berat badan Anda dan mengetik dan duduk dalam posisi yang menguntungkan. Menata kursi dan meja kerja sesuai dengan kebutuhan badan mungkin adalah jalan terbaik untuk lebih menyayangi jari-jati dan pergelangan tangan kita.

5. Stres karena bosan

Siapa bilang yang membuat stress adalah pekerjaan yang menumpuk saja? Stress juga bisa timbul justru saat kita menganggur dan kebanyakan bengong di kantor. Menurut sebuah penelitian dari University College London, orang-orang yang sering mengeluh bosan karena menganggur memiliki kecenderungan meninggal di usia muda. Loh, kok bisa? Sebabnya adalah rasa jemu yang sudah di ubun-ubun bisa meningkatkan risiko Anda terkena stroke atau sakit jantung. Kita bekerja di kantor untuk mengerjakan sesuatu bukan untuk bengong. Karena itu usahakan ada saja yang bisa anda kerjakan. Di saat rehat, mungkin anda bisa menata ulang meja kursi anda untuk membunuh rasa bosan dan menimbulkan semangat kerja baru.

Itulah 5 kebiasaan di kantor yang berbahaya bagi kesehatan anda. Anda mungkin tidak akan punya pilihan lain untuk bekerja diluar kantor, namun setidaknya anda telah mempunyai pengetahuan tentang beberapa kebiasaan yang mungkin bisa anda hindari saat bekerja di kantor. 

Selamat sehat....


Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger