Kupas Tuntas seputar mandi malam hari


mandi-malam-bahayakah-manfaat
Orang kadang mengalami dilema. Ketika pulang kerja terlalu larut, kita tidak akan punya waktu untuk mandi. Padahal budaya Orang Indonesia ( hanya budaya, karena mandi sekalipun tidak masalah ) mandi harus dua hari dalam sehari. Pagi dan sore. Hal ini diperparah dengan adanya kabar bahwa mandi malam menyebabkan penyakit rematik. Kebanyakan orang akan semakin ragu melakukan aktivitas ini di malam hari.

Konon mandi malam bisa mengakibatkan orang terkena beberapa gangguan kesehatan yang tidak bisa di anggap enteng. Gangguan kesehatan itu bisa berupa gangguan jantung, beberapa macam reaksi alergi, dan yang paling terkenal adalah reumatik atau nyeri sendi.

Nah, sekarang apakah benar mandimalam tidak sehat dan mengakibatkan penyakit? Ataukah kabar semacam itu hanyalah kabar burung yang tidak tentu kebenarannya? Mari kita kaji bersama.

Mandi malam hari tidak menyehatkan?

Menurut teori ,mandi adalah aktivitas menyehatkan. Selain sebagai sarana membersihkan badan dari kotoran, bakteri dan virus, mandi terbukti akan melancarkan peredaran darah dan membuat otot dan syaraf menjadi rileks.  Apalagi jika mandi dilakukan setelah kita beraktifitas berat, efek dari mandi ini akan sangat terasa.

Namun masalahnya jika mandi dilakukan malam hari, apakah manfaat ini sebanding dengan resikonya? Apakah ini tidak akan memicu penyakit seperti rematik dan lain-lain?

Ternyata kabar tentang mandi malam bisa mengakibatkan reumatik hanyalah isu yang mungkin diambil berdasarkan pengalaman orang per orang saja. Karena menurut dr. Bahdar Johar seperti yang di lansir detik.com menjelaskan bahwa mandi malam di bolehkan atau belum terbukti menyebabkan gangguan kesehatan termasuk reumatik.  Karena tidak ada hubungan sama sekali antara aktivitas mandi dengan timbulnya penyakit.

Sebenarnya yang menjadi masalah, jika mandi dilakukan oleh orang yang sebelumnya telah mengalami gangguan kesehatan seperti reumatik, asma dan jantung, mandi malam memang tidak dianjurkan.

Orang yang mempunyai alergi, hampir selalu sangat rentan terhadap udara dingin. Nah, jika malam dengan suhu yang rendah itu di gunakan untuk mandi, sangat mungkin akan memicu terjadinya reaksi alergi termasuk bersin-bersin ( rinitis alergika ) atau bahkan serangan asma. Air dingin malam hari pun tidak baik terhadap jantung karena jika sebelumnya orang telah terkena ganguan jantung, ini tentu saja membuat jantung menjadi stres sehingga ke-abnormalan kerja jantung akan berlanjut.

Tentu yang paling haram dilakukan adalah mandi malam hari pada orang  yang mempunyai penyakut reumatik. Apa sebab ? Udara dingin malam hari di tambah dengan suhu air yang dingin akan membuat sendi-sendi yang terkena reumatik menjadi kaku sehingga akan timbul rasa sakit. Rasa sakit itu timbul akibat kurangnya pasokan oksigen ke dalam sendi. Udara dingin memang akan mempersempit pembuluh darah sehingga distribusi oksigen dalam tubuh akan terganggu. 

Kapan mandi malam justru di anjurkan?

Jadi, mandi malam hari bagi orang yang sehat memang boleh-boleh saja. Bahkan mungkin untuk orang tertentu justru di anjurkan. Misalnya bagi para pekerja pagi yang membutuhkan tubuh prima, kalau perlu mandi malam. Tentu setelah seharian bekerja keras dan tubuh terasa letih dan lelah, mandi malam hari akan sangat membantu walau dilakukan malam hari. Mandi akan meregangkan otot yang kaku sehingga tubuh akan rileks. Ketika tubuh rileks, maka kualitas tidurpun akan bagus. Sehingga saat terbangun, Orang yang bersangkutan akan merasakan tubuh yang segar dan siap kembali  memulai aktivitas hariannya.

Mandi malam juga disarankan setelah melakukan olahraga malam. Orang yang super sibuk kebanyakan tak akan sempat melakukan olahraga di siang hari. Demi menjaga kesehatan Kadang mereka melakukannya di malam hari. Sudah barang tentu setelah berolahraga tubuh akan lelah, letih dan kotor akibat keringat. Nah, saat itulah, aktivitas mandi malam sangat di anjurkan. Selain menghilangkan keringat dan kotoran, mandi akan kembali meregangkan otot-otot yang berkontraksi saat olahraga.

Namun begitu, para olahragawan malam hari harus memperhitubgkan waktu mandi. Jangan langsung mandi saat badan masih mengeluarkan keringat, karena pada dasarnya saat tubuh berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan panas tubuh. Jika orang tersebut langsung mandi, panas tubuh ini tak akan keluar. Ini akan membuat kerja kelenjar keringat menjadi buruk.

Setelah membaca penjelasan diatas, kita sama-sama tahu bahwa mandi malam bukanlah sebab dari penyakit seperti rematik, jantung ataupun asma. Aktifitas itu hanya akan memperburuk, jika penghobi mandi malam mempunyai masalah kesehatan sebelumnya.

Namun begitu alangkah baiknya jika mandi malam hanya di lakukan sebagai opsi terakhir untuk menghindari resiko yang mungkin timbul. Bagaimanapun mandi sore lebih baik. Kalaupun harus mandi malam gunakanlah air hangat karena dengan begitu perbedaan temperatur tubuh dengan air tidak terlalu mencolok. Tentu hal ini akan lebih menyehatkan bagi badan dan manfaat dari mandi bisa dirasakan secara maksimal. (beranda sehat.com)








Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger