Gejala Awal Diabetes militus Ini Jangan Diabaikan

gejala-diabetes-militus-kencing-manis
Penderita diabetes militus/kencing manis seringkali tidak menyadari bahwa pelan-pelan ia mengalami tahap pra-diabetes sebagai pintu awal sebelum  benar-benar mengidap dibetes. Bahkan mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya sudah bertahun-tahun mereka mengidap diabetes. Semua itu karena gejala-gejala diabetes, apalagi yang masih stadium dini, sangat sukar diamati. Penderita mungkin  tidak merasakan apa-apa  atau merasa baik-baik saja, sampai penyakitnya benar-benar telah memburuk.

Itulah mengapa diabetes militus tergolong menjadi salah satu pembunuh dalam diam atau the silent killer. Lalu apakah tidak ada yang bisa anda lakukan untuk mencegah hal ini atau. Paling tidak menyadari diabetes lebih awal? Tenang. Walaupun memang gejala diabetes tidak terlalu spesifik, tetap saja gejala-gejala awal bisa dipelajari untuk menentukan sedini mungkin tindakan selanjutnya. Anda hanya perlu duduk manis, dan kembali menyimak penjelasan satu persatu dari artikel ini.

Siap? Sekarang saatnya anda mengetahui beberapa gejala awal yang mungkin timbul saat anda menderita diabetes. Dan inilah beberapa diantaranya :

Rasa haus terus menerus
Saat anda merasa sudah minum banyak air namun masih sering merasa kurang, barangkali itu petunjuk bahwa gula darah anda naik. Apalagi rasa haus itu dibarengi dengan permukaan bibir yang kering. Anda sudah harus mulai waspada adanya sesuatu yang tidak beres dengan gula darah anda.

Keadaan sering haus ini dipicu oleh tingginya kadar gul darah seseorng. Tinggi nya kadar gula darah membuat sel menggunakan lebih banyak air dalam proses osmosis. Karena itulah orang yang mengalami hyperglikogen akan meminum banyak air untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

 Sakit kepala ringan

Ketika gula darah meningkat, tubuh merasa lemas karena kurang energi. Demikian juga dengan kepala. Pada saat hiperglikemi,  penderita akan mengalami sakit kepala ringan secara terus menerus, karena tubuh termasuk sel saraf kekurangan glikogen.

Dehidrasi

Sekalipun pengidap diabetes sudah mencukupi minum, namun masih merasa kurang sepeti sedang dehidrasi. Seperti tanda-tanda rasah aus di atas, kekurangan air oleh penderita diabetes ini disebabkan karena kebutuhan air yang relatif lebih banyak pada penderita atau yang sedang menglami masa awal sakit dibetes.Tanda-tanda ini sering juga disertai tubuh lemas dan letih karena kurang energi.

Nafsu makan meningkat

Ingin makan ini dan itu walaupun baru saja selesai makan adalah salah satu tanda gula darah meningkat.

Sebabnya adalah, pada penderita diabetes, glikogen sebagai “makanan” sel, kurang mampu untuk menembus memban atau kulit sel, sehingg kebutuhan sel terhadap glikogen tidak terpenuhi. Karena sel tidak mendapatkan cukup glikogen, sel akhirnya menggirim sinyal lapar kepada otak agar segera bisa memenuhi kebutuhan glikogen. Inilah yang menyebabkan pada penderita diabetes, nafsu makan menigkat meski sudah makan banyak. Ada baiknya minum air putih lebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar-benar lapar atau hanya lapar otak atau lapar karena ingin saja.

Berat badan turun

Pada penderita diabetes, sel akan selalu mengalami kekurangan dalam kebutuhan glikogen. Karena kekurang mampuan glikogen menembus membrane sel. Padahal tubuh atau sel  sangat butuh energi. Akibat kekuranagn ini, untuk keberlangsungan hidup, sel akan mengambil energi dari otot dan lemak. Hal ini yang menyebabkan penderita diabetes menjadi kurus dan kehilangan banyak berat badannya.
Jadi jangan keburu senyum senyum saat berat badan anda tiba-tiba turun. Boleh jadi itu adalah pertanda diabetes.

Buang air kecil terus menerus

keadaan ini adalah konsekuensi dari seringnya penderita merasa kehausan. Untuk memenuhi keinginan rasa haus, penderita akhirnya akan banyak minum. Tidak heran jika penderita akan sering ke belakang untuk mengeluarkan hajat.  Sialnya, sekalipun kantung urine sudah kosong, rasanya ingin lagi dan lagi untuk buang air kecil. Seperti ada yang belum tuntas di keluarkan.

Warna urine gelap

Segera periksakan kondisi anda ke dokter apabila urine anda berwarna gelap. Urine yang normal berwarna kekuningan dan bening bahkan tidak berwarna. Warna urine yang gelap itu menandakan adanya glikogen yang keluar bersamaan dengan urine karena tidak digunakan oleh sel.

Mata kabur dan tidak fokus

Mata kabur tidak selalu disebabkan oleh kelainan mata sendiri. Namun kondisi ini bisa terjadi juga karena tingginya kadar gula dalam darah seseorang. Pada penderita diabetes memerlukan banyak air. Tubuh seringkali tidak bisa memenuhinya. Karena itu organ mata yang sangat memerlukan air untuk melumasi lensa mata, akan mengalami kekaburan karena lensa kurang air.

Nah, itulah beberapa gejala yang mungkin cukup membuat anda tergerak untuk memeriksakan kondisi tubuh anda. Rasa waspada terhadap gejala itu penting, karena itu akan membuat anda tidak lengah dan mengacuhkannya. Deteksi dini diabetes akan sangat menentukan pengobatan diabetes selanjutnya.
Selamat sehat….




Share this article :

+ comments + 6 comments

April 16, 2015 at 6:34 AM

Saya ingin bertanya karena dari sekian tanda-tanda dari penjelasan diatas itu seperti saya, tapi satu tanda yg berbeda yaitu berat badan menurun.Berat tubuh saya masih sama terus dan bahkann bertambah, apakah tanda itu tdk memengaruhi.

December 1, 2015 at 5:02 AM

mungkin tidak. tapi anda perlu waspada karena diabetes bermula dari kegemukan.

January 22, 2016 at 6:05 AM

Saya mau bertanya. Hampir semua gejala saya rasakan. Utk berat badan saya kurang tau. Tp saya tidak merasa ingin makan terus. Bahkan selama istirahat dirumah cm makan 2x sehari. Dan makan atau minum hampir g ada rasa. Dan saya merasa deman yg cukup tinggi hari pertama dan batuk2 agak berdahak tp susah dikeluarkan dan tenggorokan sakit .telinga juga kadang sakit dan gigik juga. Apakah saya kena diabetes? Kalai faktor keturunan ayah saya memang mengidapnya.

February 26, 2016 at 7:25 AM

semua gejala yang anda keluhkan kayaknya tidak mewakili kalau anda terkena diabet. Untuk memastikan silahkan periksa gula darah acak dan gula darah puasa. bila normal tidak usah khawatir. Untuk masalah keturunan, biasanya diabetes akan turun menyilang, artinya jika yang terkena ayah, biasanya akan menurun ke anak wanitanya. Namun anda tetap harus waspada. CMIIW

March 26, 2016 at 3:31 AM

saya ingin bertanya kalau saya hanya merasa sering haus, lemas dan kada sakit kepala bahkan kadang kalau setelah duduk atau tiduran lalu berdiri merasa semponyongan (kliyengan dlm bhs jawa) apa itu jg salah satu gejala diabetes?

February 9, 2017 at 9:54 PM

semua gejala di atas sama kecuali berat badan menurun berat badan saya malah bertambah atau normal, di tambah lagi tenggorokan berasa sakit dan kering sehingga ingin minum dan makan, kalau sudah makan tenggorokan saya sembuh, apakah berarti saya yerkena diabetes ?

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger