Tidak ingin gigi dan tulang rusak? hentikan minum soda sekarang

bahaya-minuman-ringan
Jangan pernah mengatakan tidak enak pada minuman berkarbonasi atau berbuih. Apalagi jika penyajiannya ditambah dengan es batu. Fuuhh...rasa haus di tengah terik matahari seakan hilang tak berbekas. Karena rasanya yang enak, ditunjang dengan kemasannya yang praktis membuat jenis minuman berbusa ini paling banyak dicari oleh penggila minuman instan. Makanya,  jangan heran jika hampir di setiap mini market bahkan toko  kelontong selalu menyediakan kulkas khusus yang di penuhi dengan berjajar-jajar minuman berkarbonasi dengan berbagai merk dan rasa.

Namun awas, ya... Sesuatu yang instan hampir selalu memberikan efek buruk bagi penggunannya/penikmatnya. Tidak terkecuali minuman instan bernama minuman bersoda. Tahu tidak, bahwa minuman bersoda sangat merusak tubuh kita. Telah terbukti beberapa bagian tubuh kita akan menerima dampak paling parah akibat miuman ini. Karena itulah dunia sebenarnya tidak pernah merekomendasikan minuan bersoda untuk dikonsumsi. Yang merekomendasikan hanyalah perusahaan-perusahaan produsen minuman yang hanya memikirkan keuntungan uang semata.

Lalu apa saja, sih. Dampak minuman bersoda ini pada tubuh kita?

Soda dan fenomena gigi berlubang

Soda mengandung asam dan gula yang sanggup mengikis kepadatan gigi. Maka jangan heran setelah anda meminum soda, gigi akan terasa kesat. Ini menandakan bahwa lapisan terluar dari gigi anda terkikis.

Rasakan sekali lagi, setelah anda meminum soda apa yang anda rasakan di mulut anda? Seluruh permukaan mulut anda akan merasakan sensasi seperti kesemutan bukan? Coba nikmati saat gas/buih sudah benar-benar habis, maka yang anda rasakan hanyalah minuman yang super manis. Dan apabila cukup lama berdiam di rongga mulut, akan terjadi fermentasi, sehingga akan melarutkan bagian terkeras gigi anda. Inilah yang menjadi cikal bakal karies atau gigi berlubang.

Soda dan fenomena pengeroposan tulang

Soda mengandung asam fosfor yang berpotensi mengikis kepadatan tulang. Asam fosfor pada minuman bersoda juga menjadi penyebab seseorang mengalami tulang keropos, bila mengkonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Semua proses ini akan semakin runyam jika yang mengalami kecanduan soda adalah seorang wanita. Perlu diketahui, tanpa mengkonsumsi soda pun sebenarnya wanita sangat rentan dengan penyakit pengeroposan tulang. Pada usia di atas 30, kepadatan tulang wanita akan mengalami kemunduran lebih cepat, ini dikarenakan faktor hormonal. Pada siklus menstruasi wanita cenderung melepas kalsium tulang sangat tinggi.

Belum lagi jika seorang wanita sedang dalam masa menyusui. Di mana wanita saat itu sangat membutuhkan kalsium. Dengan meminum-minuman bersoda, perlahan dan pasti kebutuhan tubuh akan kalsium akan diambil dari tulang. Inilah yang membuat tulang perempuan semakin cepat mengalami pengeroposan.

Soda dan fenomena obesitas

Lucu juga melihat orang yang gendutnya luar biasa. Sedang jalan sambil sesekali menenggak minuman bersoda di tangannya. Orang pasti mengira bahwa ia gendut karena banyak makan. Namun jangan salah, minuman yag ia konsumsi setiap hari itu juga punya andil besar pada postur tubuhnya yang tambun.

Mengapa minuman bersoda mampu membuat seseorang obesitas? Gara-garanya adalah gula. Gula adalah zat yang paling mendominasi dalam minuman berkarbonasi yang di jual bebas di pasaran. Selainnya adalah karbohidrat. Namun sialnya, karbohidrat pada akhirnya juga akan di rubah oleh tubuh menjadi gula. Itu artinya jika anda meminum satu botol minuman bersoda sama dengan anda meminum satu botol penuh minuman gula. Jika semua kalori yang masuk itu tidak di rubah menjadi tenaga, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak.

Tahukah anda jika anda meminum soda satu botol setiap hari, itu setara dengan konsumsi gula sebanyak 17,5 kg setahun. Makanya jangan heran jika minuman ini akan mengakibatkan tubuh anda semakin membengkak akibat semakin banyaknya tumpukan lemak yang menggumpal.

Kalau tubuh sudah seperti ini. Tubuh anda ibaratnya sebuah sawah dengan tanah yang sangat subur  sehingga menggoda setiap tanaman tumbuh di sana. baik itu tanaman yang  bermanfaat maupun yang bersifat hama untuk tumbuh. Tubuh yang disesaki lemak adalah tempat yang sangat ideal untuk dihinggapi penyakit-penyakit mematikan yang mempunyai nama tenar seperti diabetes melitus, jantung koroner, perlemakan hati, darah tinggi dan stroke. Nah lo...

Sudahlah...sekarang saatnya anda menghindari minuman bersoda ini dari daftar menu konsumsi keseharian anda. Atau paling tidak anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit sehingga pada suatu saat nanti anda benar-benar lepas dari kungkungan kenikmatan semu dari minuman berkarbonasi ini.

Saat tubuh anda dehidrasi, satu-satunya minuman yang di butuhkan adalah air putih. Demikian juga saat kerongkongan anda kehausan. Tubuh anda tidak membutuhkan minuman bersoda. Yang menginginkan minuman bersoda hanyalah mulut anda yang mungkin terlena dengan rasa manis dan sensasi kesemutan saat meminum minuman ini.

Kalau anda ingin minum minuman manis, ada teh dengan gula secukupnya sebagai pengganti. Anda juga bisa memasukkan jus buah sebagi alternatif pengganti.  Dan jangan lupa cukuplah mengkonsumsi sayuran sebagai sumber serat, juga buah sebagai sumber gula alami yang mampu menopang segala kebutuhan energi harian anda.

Okay, kenikmatan bukanlah saat minum minuman bersoda, karena kenikmatan sesungguhnya adalah saat anda menyadari bahwa tubuh anda sehat.

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger