Mana yang anda pilih, bersepeda atau lari?

posistif-negatif-berlari-bersepedaDua jenis olah raga ini termasuk yang paling populer dilakukan oleh masyarakat. Bagaimana tidak dengan biaya yang minimalis, kita sudah bisa melakuakan olah raga lari dan bersepeda tanpa kendala suatu apapun. Kecuali membeli sepeda hampir tidak ada biaya yang akan kita keluarkan. Itupun bisa disiasati dengan meminjam sepeda milik teman atau tetangga.

Karena saking murahnya kita sering merasa bingung akan memilih melakukan yang mana? Tentu saja dilihat dari segi manfaat bagi kesehatan. Apakah bersepeda itu lebih baik dari berlari, atau justru sebaliknya?

Di bawah ini ada beberapa parameter yang bisa anda ambil untuk memilih mana diantara dua itu yang anda rasa paling baik buat anda.

Jika anda ingin senang-senang

Daya tahan olahraga kita sering terkait dengan rasa senang dan perasaan tidak terpaksa. Jika demikian pilihlah bersepeda. Sejauh apapun kita berlari tak akan bisa menandingi daya jangkau ketika kita bersepeda. Karena itu kita juga lebih bisa menikmati perjalanan, baik itu pemandangan sekitar dan atau juga cuci mata dengan sesuatu yang baru. Beda halnya dengan berlari. Kita akan lebih cenderung terfokus pada olahraganya. Selainnya,  hanya beberapa persen saja.

JIka anda ingin cepat kurus

Terbukti sudah berlari mampu membakar kalori lebih banyak dari pada saat kita bersepeda. Berlari dapat membakar kalori anda 15-20 % lebih banyak dari pada bersepeda. Ini juga berkaitan dengan ke efektifan olahraga tersebut, dengan berlari kita akan cepat mendapatkan manfaat dari olahraga. Tentu saja hasilnya masih dilihat seberapa lama dan panjang yang anda tempuh saat berlari. Yang jelas dengan berlari anda akan semakin mengefektifkan waktu anda.

Jika anda ingin dobel manfaat

Besepeda membuat anda lebih santai dalam menentukan waktu olahraga. Karena dengan bersepeda anda bisa melakukan kegiatan lain sekaligus. Misalnya saat anda ingin berangkat atau pulang kerja. Anda bisa memilih bersepeda untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus. Berolahraga sekaligus bekerja. Kegiatan Bike to work sangat bagus jika anda ingin. Tentu saja anda membutuhkan waktu lebih pagi untuk berangkat kerja.

Jika anda ingin berpetualang

Bersepeda jelas membutuhkan track yang prima, baik kondisi jalan maupun reliefnya. Namun dengan berlari anda bebas menentukan medan apapun yang ingin anda pilih. Mau jalan berlobang dan tak ratapun dengan berlari bisa anda lakukan. Bahkan saat anda ingin menaiki bukit dengan berlaripun oke. Tentu saja area taman juga sangat cocok untuk berlari dimana tempat itu jarang ditemukan jalur sepeda. Intinya berlari tidak terikat dengan kondisi medan yang akan dilalui. 

Jika anda takut cidera

Cidera dalam olahraga adalah sebuah momok yang tak jarang membuat penderitanya malah harus menghentikan kegiatan olahraganya. Jika anda termasuk orang yang takut resiko cidera pilihlah bersepeda. Karena olahraga ini relatuf aman dari pada berlari. Olahraga lari membuat sebagian besar berat badan bertumpu pada pergelangan kaki, sehingga sendi ini sanagt rentan sekali mengalami cidera. Saat bersepeda, massa tubuh tersebar di banyak titik sehingga akan mengurangi resiko cidera dengan signifikan.
Jika anda termasuk orang yang irit

Kadang anda selalu harus memperhatikan hitung-hitungan biaya untuk menentukan olahraga mana yang akan anda pilih. Dan saya yakin jika ada dua pilihan bersepeda atau berlari anda akan memilih berlari. Hanya dibutuhkan sepatu saja untuk melakukan olahraga ini ( tanpa sepatu pun tidak masaklah ). Dibandingkan dengan bersepeda yang harus membeli dulu sepeda ( kadang malu harus terus-terusan pinjam ) berlari tentu saja lebih murah.

Bagaimana? Setelah  mengetahui lebih kurangnya macam olahraga berlari atau bersepeda di atas, apakah anda sudah menjatuhkan pilihan? Yang jelas dua macam olahraga di atas sangat baik bagi tubuh terlepas dari untung dan ruginya masing-masing jenis olahraga itu.

Oke, selamat jogging dang bergowes ria ya….Selamat sehat!
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger