Bagaimana, Sih! Cara Menambah Tinggi badan?

Salam, 
Umumnya orang menganggap tinggi badan bukanlah sesuatu yang mengganggu. Berapapun tinggi badan anda tidak akan mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Tapi masih percaya dengan penilaian ini? Nyatanya tetap aja tinggi badan dipermasalahkan, contoh nya waktu anda melamar kerja, atau akan menempuh suatu pendidikan militer, tinggi badan masih menjadi penilian utama untuk masuk. Apalagi jika ada hubungannya dengan penampilan. Hmmm... Pengamat sepakbola selalu mengkambing hitamkan postur tubuh pemain timnas yang pendek sebagai biang kerok minimnya prestasi yang di dapat. Jadi tetap saja, tinggi badan berpengaruh (mungkin) hampir di setiap sisi kehidupan.  Alhasil, sekarang banyak orang yang berusaha mendapatkan tinggi badan yang proporsional sesuai keinginan mereka. Nah, disini saya akan berusaha menyajikan beberapa solusi keresahan kita tentang bagaimana sih, sebenarnya menambah tinggi badan ideal itu?

Siklus pertumbuhan tulang manusia.

Kita awali dengan siklus tumbuh tulang manusia ya... Pada dasarnya tulang manusia akan tumbuh secara pesat dalam dua periode. Yang pertama adalah masa bayi, setelah dilahirkan hingga usia kira-kira enam bulan. Pada masa ini asupan gizi dari ASI atau asupan tambahan lainnya yang sangat berpengaruh atas pertumbuhan tulang bayi.

Periode kedua adalah pada masa perpindahan antara masa kanak-kanak ke remaja (pubertas) Nah, masa inilah yang ini bervariasi untuk setiap orang. Pada masa ini umumnya wanita akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pria, para remaja wanita akan cepat tinggi dan besar dari para pria. Namun tulang wanita akan berhenti tumbuh lebih cepat dari pria. pada usia yang lebih muda. Sehingga pada akhirnya, rata-rata pria akan memiliki tubuh yang lebih tinggi karena mempunyai masa pertumbuhan tulang lebih panjang dari wanita.

Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan, hormon ini diproduksi di kelenjar pituitary yang terletak di dalam struktur otak. Hormon ini yang akan terus memberikan perintah kepada sel-sel tulang untuk tumbuh dan bertambah panjang. Banyak silang pendapat di tengah para ahli, utamanya mengenai kapan berakhirnya pertumbuhan tulang manusia. Beberapa pendapat mengatakan 18 tahun untuk wanita dan 20 tahun untuk pria. Sedang beberapa ahli lainnya mengatakan tulang akan berhenti tumbuh pada usia 18 untuk wanita dan 24 untuk pria. Namun pada umumnya, setelah masa puber berakhir, memang tulang sudah banyak kehilangan kemampuannya untuk bertambah panjang.

Cara menambah tinggi badan

Lalu kalau melewati usia tersebut masihkah ada peluang seseorang untuk bertambah tinggi? Setelah masa tulang berakhir tumbuh memang sulit sekali menambah berat badan. Namun sulit belum tentu tidak bisa bukan? Tenang saja, walaupun pertumbuhan tulang sudan melambat, masih ada kesempatan tulang untuk bertambah tinggi. Karena itu simaklah beberapa cara sebagai berikut.

Jaga olahraga anda

Cara pertama berkaitan dengan olahraga. Lakukan olah raga ringan secara teratur seperti lompat tali, joging, bersepeda atau berenang. Yang teratur ya....Olahraga teratur akan merangsang  hormon pertumbuhan untuk terus menginstruksikan tulang untuk tumbuh.

Jaga pola tidur anda

Pertumbuhan paling cepat terjadi pada saat kita tidur di malam hari. Karena pada saat itu kelenjar pituitary melepas hormon pertumbuhan lebih banyak dari sebelumnya. Buktinya setelah tidur anda pasti akan mengalami penambahan tinggi badan, yang akan menyusut kembali pada sore harinya. Karena itu Tidurlah secara cukup, minimal 6 jam setiap hari. Karena kondisi kurang tidur sama saja dengan menghambat pertumbuhan tulang anda.

Musuhilah makanan penghambat pertumbuhan tulang

Yang termasuk makanan-makanan di atas adalah makanan berlemak, soda, kafein, alkohol. Jenis makanan makanan itu akan menghambat hormon pertumbuhan  atau HGH. Minuman kopi juga diketahui memperlambat penyerapan kalsium yang sebagaimana tentunya menghalangi pertumbuhan tulang. Hindari pula makan sebelum tidur. Hal ini karena hormon insulin yang terpicu setelah makan makan sebelum tidur akan menghambat distribusi hormon pertumbuhan badan 
.

Konsumsilah multivitamin tulang

Karena tulang memerlukan kalsium untuk tumbuh, hal utama yang harus dilakukan adalah mencukupi asupan kalsium dalam tubuh kita. Salahsatunya dalah dengan mengkonsumsi multivitamin kalsium. Tapi anda harus selektif. Berhati-hatilah dalam memilih vitamin untuk dikonsumsi. Kalsium memang tidak bisa serta merta menambah tinggi badan, paling tidak kalsium akan menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat.

Itulah beberapa langkah dan cara agar anda yang ingin menambah tinggi badan walau sudah tidak remaja lagi. Goog luck ya...

Selamat sehat...

Share this article :

+ comments + 2 comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger