Apa yang menyebabkan Haid Tidak Lancar?

sebab-haid-mens-tidak-teratur
Wanita normal pasti akan mengalami Menstruasi atau Haid.  Apakah menstruasi itu? Menstruasi adalah Pengeluaran secara periodik darah dan sel – sel darah tubuh yang keluar melalui vagina secara berulang setiap bulan. Nah, ada kalanya pengeluaran rutin ini tiba-tiba tidak terjadi pada waktu yang semestinya. Padahal jika diperhatikan menstruasi itu siklusnya sangat teratur lo....Saat mendapati siklus haid yang tidak lancar/teratur beberapa wanita akan terlihat panik. Bahkan ada yang menghubungkannya dengan kehamilan. Jangan keburu panik,karena haid yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak hal.

Usia, kesehatan fisik wanita, nutrisi, emosi, dan berat tubuh adalah beberapa faktor yang mempengaruhi. Diet yang terlalu kuat misalnya dapat mengurangi bahan dasar pembuatan hormon estrogen  dan progesteron. Dimana keduanya dibuat dari lemak yag didapat dari makanan kita sehari-hari. Apabila asupan lemak kurang, maka pembentukan hormon pun berkurang. Demikan pula dengan kekurangan vitamin dan mineral sebagai pengatur metabolisme hormon  dan organ-organ di seluruh tubuh. Sebaliknya Seseorang yang kegemukan juga akan mempengaruhi pola haidnya. Keadaan jiwa yang labil juga sering menjadi awal mula terjadinya ketidak teraturan menstruasi. 

Baiklah, penyebab haid tidak teratur secara panjang lebar bisa di jelaskan sebagai berikut:

1. Stres
Saat anda mengalami stres, otak dengan segera memproduksi hormon kortisol secara besar-besaran.  Padahal  hormon stres ini juga mempengaruhi jumlah hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Jika jumlah kedua hormon itu terlalu banyak dalam darah, akan  menyebabkan perubahan siklus menstruasi.Stres merupakan kondisi paling umum yang dijumpai pada wanita-wanita yang sering mengalami ketidak teraturan siklus menstruasi. 

2. Kehamilan
Ini adalah sebab yang sangat jelas karena saat hamil, tubuh seorang wanita menghasilkan hormon yang berfungsi menghentikan menstruasi. Keadaan seperti ini akan terus berlangsung sampai jabang bayi keluar. Beberapa orang yang memang tidak atau belum menghendaki punya anak, sering menghubungkan dengan keterlambatan menstruasi dengan kehamilan. Padahal belum tentu terlambat Haid itu selalu hamil.

3. Diet dan Kegemukan
Penyebab lain menstruasi tak teratur adalah asupan makanan dan berat badan. Jika anda melakukan Diet yang terlalu kuat, sama saja anda mengurangi bahan dasar pembuatan hormon estrogen  dan progesteron. Dimana keduanya dibuat dari lemak yag didapat dari makanan kita sehari-hari. Apabila asupan lemak kurang, pembentukan hormon pun berkurang. Dengan begitu siklus haid akan terganggu. Kekurangan vitamin dan mineral juga berakibat sama, karena kedua unsur tersebut sebagai pengatur metabolisme hormon  dan organ-organ di seluruh tubuh. Seseorang yang kegemukan juga akan mempengaruhi pola haidnya. Menjadikan tubuh memproduksi hormon tertentu yang menggeser masa ovulasi. 

4. Olahraga berlebih
Tubuh membutuhkan energi agar terjadi menstruasi. Olahraga berlebihan dan membakar energi terlalu banyak membuat tubuh memerlukan waktu lebih banyak untuk mempersiapkan siklus menstruasi. Ketika kadar lemak dalam tubuh di bawah 20 persen, siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Saat berolahraga terlalu keraspun anda rentan sekali dengan stress atau depresi yang juga memicu haid anda tidak lancar.

5. Pil KB
Hal ini terjadi saat awal-awal anda meminum pil KB. Haid akan sedikit tidak teratur dari biasanya. Hal ini karena pil KB rata-rata mempengaruhi hormon seks pengatur siklus menstruasi yaitu estrogen dan progesteron. Ketidak teraturan produksi kedua hormon seks ini membuat menstruasi juga ikut tidak teratur. Keadaan ini akan berangsur normal kembali setelah tubuh mampu menyesuaikan diri dengan pil KB yang di konsumsi

6. Terlalu banyak minum alkohol
Sebagian lemak tubuh ditimbun di dalam organ hati, karena itulah hati membantu mengatur siklus menstruasi utamanya dalam hal metabolisme estrogen dan progesteron. Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan mungkin akan mengganggu hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi di atas.

7.  penyakit kelamin
Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksinya seperti endometriosis, kanker ovarium, kangker srviks, kista rahim, dan lain-lain nyata-nyata mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita. 

8. Menopause
Menopause pada seorang wanita pasti akan terjadi. Keadaan ini tentu akan mempengaruhi siklus haid. Bahkan haid bisa berhenti sama sekali. Pemicunya adalah produksi estrogen dan progesteron yang jauh berkuang dari saat ia masih remaja. Keadaan stress, depresi sering uring-uringan memperberat ketidak teraturan siklus haid yang di alami seorang wanita pada masa menopouse.

10. Menyusui
Kekurangan progesteron setelah melahirkan bisa membuat Haid Tidak Lancar. Kadarnya yang turun setelah melahirkan menyebabkan keluhan kejiwaan. Hal ini akan mempengaruhi haid seseorang.Salah satu faktor menyebabkan haid Tidak Lancar setelah melahirkan yaitu menyusui. Ketika Anda sedang menyusui , tubuh anda akan mengeluarkan hormon prolaktin yang dipengaruhi oleh kelenjar hipofisis. hormon prolaktin ini akan merangsang produksi susu namun sebaliknya hormon ini akan menekan terjadinya ovulasi. Oleh karena itu biasanya wanita yang menyusui akan mengalami haid yang mundur beberapa bulan.


Nah, Sekarang anda sudah mengetahui kenapa bisa terjadi ketidak teraturan menstruasi. Saatnya anda mengetahui bagaimana agar Haid anda teratur yang saya rangkum di artikel beriku ini “cara agar haid teratur”.  Semoga beberapa alasan di atas bisa membuat anda nantinya tidak panik saat mengalaminya.

Oh ya jika anda mengalami rasa sakit sebelum menstruasi, anda bisa mengatasinya dengan mencari tahu di artikel “ mengatasi derita PMS

Selamat sehat....













Share this article :

+ comments + 1 comments

terima kasih tipsnya... sangat bermanfaat bagi para wanita yg sering kali mendapati haid tidak lancar.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger