Hanya Butuh 7 Hari Menghilangkan Kecanduan Kopi. Cobalah dan Anda Akan Terkejut!


Sebenarnya tak ada salahnya minum kopi, bahkan baik jika di minum secara benar dan tepat. Seperti artikel saya terdahulu  Apakah kopi menyebabkan hipertensi?   tidak akan membuat anda terkena hipertensi seperti kata orang. Sebaliknya, minum kopi justru akan membuat anda sehat. Konon, kandungan anti oksidan dalam kopi sangat melimpah sehingga sangat baik bagi tubuh. Efek minum kopi bagi kecemerlangan otak juga hebat. Ini membuat anda tetap terjaga dan fokus dalam beberapa waktu. 

Hanya saja sesuatu makanan/minuman baik tapi dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk,  tetap menjadi prinsip yang kuat di dunia ini. Jika anda terus menerus dan berlebihan meminum kopi akan muncul rasa tidak enak jika suatu saat tidak minum kopi. Anda akan merasa kurang fokus terhadap segala sesuatu bahkan lebih parah dibandingkan saat anda tidak meminum kopi. Tubuh akan lemas, kurang bersemangat bahkan pusing menjadi tanda awal anda mulai kecanduan kopi. Ini tentu tidak baik. Bagaimana jika anda di hadapkan pada moment sangat penting sedang dan anda tidak ada akses untuk minum kopi? pasti runyam kan?

Belum lagi beberapa efek negatif  kopi bisa jadi anda rasakan. Anda perlu tahu, kopi akan menghambat asupan kalsium di usus, daya serap tulang untuk menyerap zat yang di butuhkan untuk kepadatan tulang itu berkurang. Sehingga rawan terhadap osteoporosis maupun patah tulang akibat rapuh tulang. Ini tentu semakin berbahaya jika pecandu kopi adalah seorang wanita, di mana tulang mereka sangat rapuh akibat pengaruh hormonal. Dilain hal, jika kopi dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan, hal ini bisa memperberat kerja kelenjar adrenalin dalam tubuh, meningkatkan kadar asam dan memicu penyakit asam lambung, menyebabkan gangguan tidur yang berujung insomnia dan berbagai masalah lain.

Mereka yang telah jatuh cinta pada kopi mungkin akan jatuh pada situasi kecanduan, rasanya akan cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan minum kopi berlebih. Karena itu anda mungkin perlu meredam kebiasaan ini. Mengendalikannya sehingga tidak menjadi kecanduan. Namun jika anda memang sudah kecanduan, tenang ada solusi jitu untuk mengatasi itu. Bahkan hanya butuh 7 hari saja untuk mewujudkan semuanya? Ya benar 7 hari saja. Coba dan anda akan terbelalak! Asal anda mau menerapkan aturan-aturan main seperti di bawah ini.  : 

·    Hari Pertama
Pada hari pertama, anda boleh konsumsi kopi seperti biasa. Hanya saja, takaran yang anda gunakan harus dikurangi. Hal ini untuk menghindari kekagetan tubuh atas kekurangan tubuh terhadap kafein yang biasanya tersedia cukup melimpah pada darah anda. Dalam masa ini anda sama sekali tidak boleh  mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung soda. Ingat tidak ada soda dalam menu hari ini!

·    Hari Kedua Sampai Hari Keempat
Pada rentang hari kedua hingga hari keempat, ubah komposisi kopi yang biasa anda seduh, anda hanya perlu  mencampur kopi biasa dengan kopi decaf, kopi tanpa kafein yang bisa dengan mudah anda dapatkan di supermarket. Campuran seduhan kopi anda adalah 50:50. 50% kopi murni, 50% lagi untuk kopi decaf. Jika tidak kuat dengan perbandingan 50:50, sebagai langkah awal, anda bisa mengkonsumsi kopi dan decaf dengan perbandingan 75:25. 75 persen kopi murni dan 25 persen kopi decaf. Gampang kan! 

·    Hari Kelima Dan Keenam
Untuk rentang waktu ini anda kembali harus memainkan komposisi kopi.  Komposisi kopi yang awalnya 50:50 di ubah menjadi 25:75,  kurangi jumlah kopi murni yang harus anda konsumsi. Jadi campurkan 25 persen kopi murni dan 75 persen kopi decaf tanpa kafein. Intinya merubah kebiasaan sedikit demi sedikit. Oh ya, masih ingat kan tentang aturan makanan minuman bersoda?! Saat melakukan program ini, anda harus tetap konsisten untuk tidak konsumsi segala makanan atau minuman yang mengandung soda. 

·    Hari Ketujuh
Pada hari ketujuh, no more coffe! Tidak ada lagi kopi. Hanya saja anda coba untuk menggantinya dengan minuman lain yang masih bercafein namun tak terlalu banyak. cobalah untuk tidak minum kopi dan mencoba minuman lain yaitu teh. Kita mesti paham bahwa teh memiliki nutrisi lebih baik jika dibandingkan dengan kopi. Itu artinya lebih baik efeknya, lebih-lebih tidak mengakibatkan kecanduan. 

Segala perubahan tetap saja membutuhkan konsistensi dan waktu. Lakukan cara di atas bahkan setelah 7 hari lewat. Cobalah beberapa bulan tanpa sedikitpun menyentuh kopi. Sampai anda benar-benar baik tanpa kopi. Agar cara ini berhasil dan anda pun bisa terbebas dari kecanduan kopi. Usahakan untuk menghilangkan pemikiran bahwa hidup tanpa kopi akan membuat lemas, tidak fokus, dan mudah mengantuk sambil terus melanjutkan konsumsi teh sebagai ganti kopi. Anda bisa menambahkan jeruk lemon, madu, jahe atau susu agar teh terasa lebih segar dan bersahabat dengan lidah anda. 

Bagaimana?? Tertarik menerapkannya?? Terapkan, dan bilang cara ini ke teman-teman anda yang sulit melepaskan kebiasaan minum kopi berlebih. Sebar, sebar!!

Selamat sehat....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger