Ajaib!! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok

Perubahan yang ajaib, itulah kira-kira kalimat yang pas saat seseorang memutuskan berhenti merokok. Perubahan itu terjadi pada organ-organ dalam tubuh perokok yang selama ini merasakan efek samping dari kegiatan merokok. Sistem metabolisme dalam tubuh pun bisa diperbaiki setelah seseorang berhenti total memasukkan nikotin dari dalam tubuh.

Meskipun awalnya sangat sulit, tapi sebagian orang berhasil melawan keinginan untuk terus merokok. Hal ini mestinya bisa menjadi pemicu seseorang untuk berhenti dari kegiatan merokoknya. Orang yang sudah kecanduan merokok, akan sangat sulit berhenti. Saat ia melawan  yaitu dengan berhenti merokok, ia akan mengalami sakit kepala, mual, nyeri dada, berkeringat dan tekanan darah naik dan lain sebagainya.

Namun setelah ia berhasil melawan artinya memang ia berhenti total merokok, ia akan mendapatkan hadiah berupa perbaikan kualitas kesehatan dari dalam tubuhnya. Perbaikan kesehatan itu bisa di jelaskan secara bertahap sebagai berikut.

1. Setelah 30 Menit

Hanya butuh waktu selama setengah jam untuk membuat tekanan darah menjadi normal setelah sebelumnya meninggi. Ini mirip saat kita minum kopi. Tekanan darah akan naik setelahnya, lalu berangsur turun setelah berhenti.


2. Setelah 9 Jam

Racun pembakaran berupa karbon monoksida akan membuat kadar oksigen dalam darah turun. Ini sangat bahaya karena seluruh sel dalam tubuh nyatanya membutuhkan pasoka oksigen yang cukup. Keadaan ini akan berlangsung selam sembilan jam. Saat berhenti merokok, tubuh mengalami penurunan karbon monoksida, yang berakibat tubuh akan mengalami peningkatan oksigen. Setelah itu kadar oksigen tubuh akan kembali normal.


3. Setelah 2 Hari

Resiko serangan jantung menurun dalam waktu 48 jam paska merokok. Tingkat nikotin juga akan berkurang dalam darah. Maka yang meracuni tubuh hanyaah nikotin yang sudah di tumpuk sebelumnya. Dengan progam  detoksifikasi nikotin, kadar nikotin akan semakin turun dan resiko serangan jantung juga akan semakin turun.


4. Setelah 3 Hari

kerja dari Paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas  akan mulai ringan. Sel-sel dalam tubuh juga mulai dapat menikmati lebih banyak udara. Karena berhenti merokok dapat membantu mendistribusikan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Ini akan membuat seluruh organ dan sel dalam tubuh akan bekerja secara normal dan maksimal.


5. Setelah 2 Minggu

Sistem sirkulasi darah akan meningkat setelah dua minggu. Hal ini akan terus berlanjut dan semakin sempurna hanya dalam kurun waktu 10 minggu saja. Jantung akan memompa lebih banyak darah ke organ tubuh lainnya. Pada fase ini perlawanan tubuh karena tidak mendapatkan nikotin akan mulai turun. Stres tubuh akibat radikal bebas akan turun. Dan mantan perokok akan semakin terasa bugar.


6. Setelah 8-9 Bulan

Kapasitas paru-paru menjadi meningkat, sehingga dapat menyerap udara lebih 15 persen lebih banyak. Masalah paru-paru seperti sesak napas dan batuk akan sembuh pada rentang waktu ini.


7. Setelah Setahun

Resiko serangan jantung dan stroke akan berkurang menjadi setengahnya. Karena Fleksibilitas pembuluh darah yang dulu kaku karena rokok akan mulai berjalan normal sehingga perderan darah juga semakin lancar termasuk pembuluh darah jantung.


8. Setelah 5 Tahun

Kesehatan hati akan membaik seperti orang-orang yang tidak pernah merokok, kerja hati pun sudah semakin ringan karena tidak ada lagi racun yang masuk ke dalam tubuh. Setelah masa ini, kemungkinan terkena serangan jantung semakin mengecil secara drastis.


9. Setelah 10 Tahun

Risiko penyakit yang paling di takuti yaitu kanker paru-paru akan berkurang setelah berhenti merokok selama rentag masa ini. 


Itulah beberapa keadaan yang akan terjadi pada tubuh kita saat kita memutuskan untuk berhenti merokok. Semoga saja bisa memotivasi kita agar bisa menghentikan kebiasaan buruk ini.


Selamat sehat....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger