6 Kebiasaan di kantor yang bisa membahayakan kesehatan anda

Anda mungkin sudah sangat terbiasa bekerja di kantor dengan jam kerja yang panjang. Anda bisa menghabiskan 8 jam sehari untuk bekerja. Itupun kadang ditambah jam lembur di akhir pekan. bahkan mungkin pekerjaan akan terbawa sampai di rumah. Mulanya mungkin akan baik-baik saja, karena anda tak merasakan apa-apa, terutama tak ada keluhan kesehatan apapun yang anda rasakan. Anda terus enjoy dan makin tenggelam dalam pekerjaan yang anda lakukan rutin setiap hari. Lain perasaan anda lain tubuh anda. Sebenarnya kalau bisa berbicara tubuh anda pasti sudah menjerit sejadi-jadinya. Akibat kebiasaan anda di kantor yang anda lakukan setiap hari. Karena ternyata ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan di kantor bisa membahayakan diri kita sendiri utamanya dalam hal kesehatan. Seperti yang di lansir dalam businessinsider.com. ternyata ada beberapa kebiasaan di kantor yang jika rutin di kerjakan bisa membahayakan bagi tubuh kita. Apa saja itu?

1. Duduk Sepanjang Hari

Duduk adalah hal utama yang kita lakukan saat kita bekerja kantoran. Hampir sebagian besar waktu kita bekerja di lakukan dengan duduk. Tidak salah jika kita mungkin akan terkena gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk. Jika anda menghabiskan waktu Anda sepanjang hari dengan duduk, risiko Anda terkena sejumlah penyakit seperti diabetes, sakit jantung, dan gangguan tulang, akan semakin besar. Duduk dalam waktu yang sangat lama itu berbahaya bagi tubuh Anda karena tubuh jadi pasif, kurang gerak dan ‘menganggur’. Rasa nyeri di bagian tubuh tertentu seperti pinggang, panggul dan tulang belakang adalah akibat yang paling kecil dari duduk sepanjang hari. Terus apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari itu? Anda bisa sesekali menggerakkan badan anda, tangan, maupun kaki. Ambil waktu jeda di sela-sela duduk anda, coba berdirilah dan mulai menggerak-gerakkan anggota badan anda yang pasif waktu duduk.

2. Ada di ruangan dengan kualitas udara buruk

Fenomena ini biasa disebut "Sick Building Syndrome", di mana udara di dalam gedung bisa 100 kali lebih kotor daripada udara di luar gedung. Mengerikan sekali bukan? Ini bisa timbul karena banyak faktor. Ventilasi gedung yang kurang seringkali menyebabkan ini. Perawatan ruangan yang tidak dilakukan secara konsisten memperparah kualitas udara di dalam ruangan. banyak polusi yang ditimbulkan oleh pendingin ruangan, partikel beracun, dan bakteri berbahaya saat di dalam ruangan. Alhasil, bisa-bisa kita sering minta ijin tidak masuk kerja karena sakit akibat ruangan dalam kantor yang kebersihannya tak kondusif. Perawatan ruangan yang di lakukan secara terus menerus mutlak di perlukan untuk menghindari sakit akibat kualitas udara kantor yang buruk.

3. Bekerja Lebih dari 10 Jam Per Hari

Penelitian ini banyak dilakukan di Eropa, para ilmuwan itu menyimpulkan bahwa orang-orang yang bekerja 10 jam atau lebih per hari memiliki risiko 60 persen lebih besar terkena gangguan kardiovaskular. Gangguan kardivaskuler yang dimaksud ini adalah serangan jantung, darah tinggi dan angina/nyeri dada. Tak di pungkiri, selai untuk bekerja tubuh kita ini juga perlu istirahat. Terutama organ jantung dan sistem pembuluh darah. Mesin pabrik yang dibiarkan setiap hari bekerja tanpa istirahat bisa rusak, demikian juga organ manusia. Mulailah menyayangi tubuh anda. Jangan berlebihan dalam bekerja. Ambil istirahat penuh di akhir pekan. 

4. Mengetik Terlalu Lama

Pekerjaan anda selalu berhubungan dengan urusan mengetik? Kalau iya, anda harus mulai waspada gangguan kesehatan yang akan terjadi. Karena ada gangguan tubuh yang bernama Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS adalah keadaan tangan dan lengan yang makin lama semakin sakit karena syaraf yang terjepit di pergelangan tangan. Situasi ini bisa disebabkan oleh terlalu lama tangan digunakan untuk mengetik sesuatu di tuts komputer. Bayangkan jika jam kerja anda yang 8 jam perhari itu digunakan untuk mengetik terus menerus. Bagaimana sangat menderitanya jari-jari dan pergelangan tangan anda. Syndrome ini mungkin termasuk salah satu syndrome yang disebabkan oleh penggunaan teknologi yang pernah di bahas di web ini sebelumnya ( lihat “penyakit yang disebakan oleh teknologi ). Untuk memperkecil risiko terkena CTS, Anda harus selalu menjaga proporsi  kerja mengetik komputer anda. Selingi dengan kegiatan yang lain atau juga bisa istirahat sejenak sekadar merenggangkan otot-otot lengan anda. Anda juga bisa memperhatikan meja dan kursi anda agar sesuai dengan bentuk postur anda sehingga nampak ergonomis.

5. Rasa bosan saat di kantor

sebuah penelitian dari University College London, orang-orang yang sering mengeluh bosan memiliki kecenderungan meninggal di usia muda. Bahkan rasa jemu yang sudah memuncak bisa meningkatkan risiko Anda terkena stroke atau sakit jantung. Wah, sampai segitunya ya.... Tapi tak bisa dipungkiri, kondisi hati seseorang akan sangat mempengaruhi kondisi fisiknya. Stres tidak berarti berasal dari sesuatu masalah, karena tidak mempunyai masalah itu kadang justru menjadi masalah. Demikian juga kondisi menjemukan di ruang kerja. Kerja keseharian yang “begitu-begitu saja” memaksa kita mengulang dan mengulang hal yang sama setiap hari. Ini kadang menimbulkan rasa jemu dan bosan. Jika rasa bosan itu datang, cobalah untuk mengubah letak meja dan kursi  ruang kerja Anda. Meletakkan foto dan beberapa pernik yang mengingatkan keluarga anda dirumah pasti akan lebih menyenangkan. Sesekali menantang diri anda meminta pekerjaan yang lebih menantang gpada bos anda mungkin bisa menjadi solusi bagi rasa bosan anda bekerja melakukan hal yang sama setiap hari. 


6.  Tidak memanfaatkan jam istirahat sebaik mungkin

Karena tenggelam dalam pekerjaan memaksa seseorang tidak memanfaatkan waktu istirahatnya untuk benar-benar istirahat. Kadang karena dikejar target, akhirnya kita sama sekali tidak mengindahkan waktu istirahat barang semenit pun. Apalagi mungkin pekerjaan yang hampir selesai menjadi alibi seseorang untuk terus bekerja sampai selesai padahal waktu istirahat sudah berbunyi. Sering terjadi memaksakan diri seperti di atas justru barakhir dengan terbengkalainya pekerjaan kita akibat kita jatuh sakit. Istirahat adalah hal yang mutlak di perlukan oleh tubuh untuk me recovery diri. Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin, bisa dengan tidur sebentar, bisa dengan bercanda dengan teman sejawat sambil menikmati secangkir kopi atau beberapa kegiatan lain yang membuat tubuh anda rileks.

Kita wajib bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Namun kita juga perlu mengerti rambu-rambunya sehingga tidak malah terkena efek samping atau resiko yang di timbulkan oleh kebiasaan kebiasaan buruk selama kita bekerja. Tetap produktif dan sehat ya.....


Selamat sehat.....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger