Sering Sakit? Jangan-Jangan Kamu Lahir di Bulan-Bulan Ini


Kamu lahir bulan apa? Serius saya tanya seperti itu, karena bulan lahirmu ternyata berpengaruh terhadap kesehatanmu. Ya saya tidak sedang membual.

Ibu mana coba yang tidak mau melihat anaknya sehat dan tidak gampang terserang sakit?  Namun walau begitu tetap saja ada, anak yang sakit-sakitan atau sering sakit walau si ibu sudah sangat ekstra ketat memperhatikan kesehatannya. Sebaliknya akan ada anak yang sangat jarang sakit walau lingkungan atau kegiatan sehari-harinya sangat beresiko terkena sakit. Kalau melihat anak anda sering sakit, jangan-jangan itu karena dia lahir di bulan yang “salah?” Tenang, saya bukan sedang menyalahkan Tuhan, atau sedang meramal. Tapi hanya mau berbagi saja atas temuan beberapa ahli tentang bulan kelahiran yang dihubungkan dengan riwayat kesehatan seseorang.

Seperti dikutip dari sciencedaily.com, anak-anak yang lahir di musim panas (negara yang memiliki 4 musim), yaitu antara bulan Juni, Juli dan Agustus ternyata mempunyai kecenderungan jadi anak sehat dibanding anak-anak lain yang lahir di bulan selainnya.

Ini merujuk pada sebuah penelitian yang dilakukan Medical Research Council (MRC) Epidemiology Unit, University of Cambridge, Hasilnya, bayi yang lahir di bulan Juni, Juli dan Agustus mempunyai kecenderungan punya semua kriteria sebagai bayi ang sehat. Diantaranya ditandai dengan berat tubuh normal, pertumbuhan tulang cepat sehingga memiliki postur tubuh lebih tinggi dan rata-rata anak-anak yang lahir di bulan Juni, Juli dan agustus mengalami masa puber tepat waktu sehingga tumbuh jadi orang dewasa yang sehat.

Alasannya adalah sinar matahari. Atau seberapa banyak bayi atau anak-anak terkena sinar matahari yang menyehatkan? menurut penelitian tersebut, bayi yang terkena lebih banyak sinar matahari memiliki imun tubuh yang lebih kuat karena mendapat banyak vitamin D di awal-awal hidupnya. Bukan hanya memengaruhi tingkat kesehatan tubuh anak laki-laki saja, anak perempuan yang lahir di bulan-bulan tersebut juga akan mengalami pubertas yang normal dan lebih baik saat menjelang masa remaja nanti. Ini Mengindikasikan tingkat kesehatan dan kesuburan yang lebih baik saat tumbuh dewasa nanti.

Sari pati dari penelitian itu adalah bahwa bulan kelahiran memiliki efek penting bagi perkembangan kesehatan seseorang. Dengan pengetahuan ini orang tua bisa dapat memperkirakan dan mengukur saat yang tepat untuk mereka mempuntai bayi.
Bagai mana dengan yang di Indonesia?

Karena inti dari penelitian tersebut di atas adalah sinar matahari, maka bayi-bayi di Indonesia akan lebih lama mendapatkan sinar matahari yang menyehatkan mengingat Indonesia mempunyai 2 musim saja sehingga mendapatkan sinar matahari yang lebih lama. Jadi mungkin jika kamu ingin punya anak, ada baiknya diprogram lebih dulu, ya..... Pilih saat di mana kira-kira anda melahirkan anak karena akan berpegaruh terhadap kesehatan mereka di masa tua.

Selamat sehat.....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger