Menghilangkan Gejala Asma Tanpa Obat? Bisa!


cara-hilangkan-gejala-asma-alami
Umumnya penderita asma akan langsung kumat jika menghirup beberapa alergen seperti debu, bau yang menyengat dan lain-lain. Demikian juga saat stres atau sehabis olahraga berat. Para penderita langsung mengalami gejala asma berupa batuk batuk, sesak dan kadang-kadang bersin. Kalau sudah seperti ini penderita harus segera meraih inhaler dan menghirupnya untuk melonggarkan rasa sesaknya. Obat yang tergolong obat beta agonist seperti ini ( Lihat lebih jelas macam-macam obat asma " mengenal macam-macam obat asma " ) baik untuk sementara namun jelek jika di pakai dalam jangka waktu yang panjang. Apalagi jika anda menggunakan obat steroid. Anda akan lebih dihadapkan kondisi kesehatan yang runyam setelahnya.

Kabar gembiranya adalah ternyata ada cara alami yang bisa digunakan untuk obat mengusir kekambuhan asma. Cara dari bahan-bahan yang bahkan kita tidak perlu pergi ke super market untuk membelinya. Mari kita simak cara-caranya seperti di bawah ini:

Menghirup uap air

Para penderita asma kadang juga menderita radang sinus. Menghirup uap air panas maupun hangat dapat meringankan hidung tersumbat dan iritasi saluran pernafasan. Demikian juga sifat melembabkan dari uap air dapat melonggatkan saluran pernafasan dan mengurangi lendir. Caranya cukupmudah, didihkan air yang sebelumnya telah di campur daun pepermint (tidak dicampurpun tidak ap-apa). Setelah mendidih, hirup uap yang keluar. Agar uap tidak ke mana-mana, anda bisa menggunakan handuk bersih yang akan anda tutupkan disekitar kepala untuk mengumpulkan uap airnya. lakukan hal ini beberapa saat sampai sesak anda terasa agak berkurang.

Minum jahe 

Beberapa studi menunjukkan,  jahe mengandung beberapa senyawa yang dapat meningkatkan kerja otot pernafasan hingga memberikan efek 'rileks yang sangat dibutunkan oleh setiap penderita asma yang sedang mengalami kekambuhan. Anda bisa menggunakan satu sendok parutan jahe. ataupun batang jahe yang sudah digerus. Bahan itu dapat  diseduh dengan secangkir air panas, kalau perlu ditambah gula. minuman ini mampu meringankan gejala asma awal. Demikian juga mengusir batuk-batuk yang kadang menyertai. 

Minyak kayu putih

saat gejala asma berupa sesak nafas menyerang akan terjadi keteganggan di daerah dada akibat otot pernafasan yang berkontraksi/ menegang. Cobalah rileks dengan bantuan usapan minyak kayu putih. Usapkan secukupnya di daerah dada dan punggung. Andapun bisa menggunakannya sebagai inhalasi. oleskan pada daerah di antara hidung dan mulut. kandungannya akan meringankan gejala asma secara perlahan.

Minum kopi 

Penderita asma yang rutin meminum kopi diketahui sepertiga lebih jarang mengalami kambuh dibandingkan yang tidak mengkonsumsi minuman yang bikin mata melek ini. Efek bronchodilating pada kopi dapat membantu melebarkan saluran pernafasan. Namun patuhi rambu-rambu meminum kopi agar efeknya bisa di rasakan dengan aman. Minum satu atau dua cangkir kopi saja setiap hari. Tips ini tidak terlalu dianjurkan untuk para penderita hipertensi atau penderita asma pada anak-anak

Bawang merah dan bawang putih 

Jika pada cerita dongeng kedua bahan ini bermusuhan, tapi untuk menyembuhkan gejala asma kedua bahan ini bisa akur. Sifat anti-inflamasi pada pada keduanya dapat menghambat penyempitan saluran pernafasan. 

Bagaimana caranya? Dengan merebus 10-12 siung bawang putih dalam secangkir minuman susu dapat membantu melancarkan pernafasan. Ramuan ini berguna untuk melancarkan kerja paru-paru dalam tugas pernafasan.

Latihan pernafasan

Sangat di anjurkan untuk para penderita asma untuk mengatur pernafasannya. Jangan terlalu dipaksa. Rilekskan badan dan mulailah bernafas perlahan. Anda bisa menggunakan pernafasan perut untuk mendapatkan oksigen yang maksimal. Pernafasan perut mewajibkan anda mengembangkan perut saat menghirup dan mengempiskan saat membuang nafas. Lakukan hal ini sambil membayangkan sesuatu yang indah untuk membantu mencapai suasana rileks.


Mungkin asma tidak bisa disembuhkan, tapi yakinlah, kita yang punya kontrol terhadap diri kita sendiri, sehingga kita pun bisa mengontrol penyakit asma yang kita derita. Dengan sikap dan action yang baik kita pasti akan mampu mengendalikan saat gejala asma menyerang.

Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger