Makanan yang tidak boleh dimakan setiap hari

Makanan sehat tentu sangat bemanfaat bagi tubuh. Makanan tersebut akan membuat kebutuhan tubuh anda terhadap energi bisa terpenuhi dengan baik. Beberapa makanan sehat juga memberikan tubuh kekuatan untuk membangun diri berupa penguatan otot, organ, dan sirkulasi metabolisme tubuh.

Karena itu anda mungkin tidak ragu untuk melahap segala jenis makanan sehat kapanpun dimanapun dalam jumlah yang banyak mengingat kegunaan vital makanan-makanan tersebut bagi tubuh

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi segala jenis makanan, termasuk makanan sehat sekalipun. Karena ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik dimakan setiap hari atau makanan sehat yang sebaiknya di makan di waktu-waktu tertentu saja.

Hal ini berkaitan dengan pengendalian berat badan. Kita tentu saja sepakat jika berat badan berlebih selalu menimbulkan masalah sekarang maupun di kemudian hari. Mulai dari penampilan sampai penyakit-penyakit yang mengintai saat kita mengalami kelebihan berat badan.

Karena itu sebaiknya anda mengetahui beberapa makanan yang tidak baik di konsumsi setiap hari. Makanan apa sajakah itu?

Segelas susu

Susu adalah tambahan makanan yang mengandung kalsium sangat tinggi. Selain kalsium susu juga kaya akan nutrisi seperti vitamin dan beberapa mineral penting bagi tubuh. Namun kalau dikonsumsi setiap hari oleh orang dewasa, maka bisa menyebabkan kemajuan metabolisme  terhambat. Apalagi kalau anda sedang mengalami masalah pada kolesterol darah yang tinggi.

Keadaan bisa lebih runyam jika anda biasa minum susu lebih dari satu gelas perhari. Apalagi susu yang anda konsumsi adalah susu biasa yang tinggi akan lemak.

Sebaiknya memang Anda tidak setiap hari minum susu. Anda perlu memberi jeda pada tubuh. Toh, asupan kalsium tidak melulu datang dari susu saja.

Makanan penutup yang manis

Menu Makanan harian anda selalu terdiri dari karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja utnuk memenuhi kebutuhan tubuh anda terhadap energi harian untuk beraktifitas. Nah, kebiasaan yang buruk yang sering kita lakukan setiap hari adalah setelah makan besar kita masih menambahkan makanan tambahan atau pencuci mulut sebagai hidangan penutup. Padahal Anda harus ingat bahwa karbohidrat dan gula yang ada di dalam makanan utama sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika anda memaksakan memakan makanan tambahan, berarti anda sudah siap untuk mengalami kelebihan kalori dalam tubuh anda.

Makanan penutup ini boleh-boleh saja anda makan pada momen-momen tertentu saja. Ini akan membuat sensasi makan akan lebih nikmat anda rasakan.

Makan nasi di malam hari

Metabolisme tubuh dalam mencerna makanan sebenarnya sanggup untuk terus bekerja. Hanya saja organ cerna dan metabolisme makanan pada tubuh memerlukan waktu jeda dan istirahat agar kerjanya semakin prima. Kesempatan istirahat tubuh ada pada malam hari.

Keadaan bisa berbalik manakala anda memutuskan untuk makan besar di malam hari. Apalagi makanan tersebut mengandung karbohidrat berat seperti nasi. Ini membuat organ cerna akan terus menerus di forsir kerjanya sehingga sama sekali tidak punya kesempatan untuk beristirahat. Sebaiknya hal ini tidak boleh terjadi. Untuk mengganti karbohidrat berat anda boleh memakan buah secukupnya.

Kentang

Selama ini kentang disalah artikan sebagai makanan yang bisa menurunkan berat badan karena mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari pada nasi. Padahal kentang hanyalah makanan pengganti nasi sehingga tidak berpengaruh banyak terhadap berat badan. Karena kampanye yang salah ini banyak orang mengonsumsi kentang setiap hari agar mendapatkan berat badan ideal. Padahal lebih baik tidak mengkonsumsi kentang setiap hari, namun di variasikan dengan jenis karbohidrat lainnya.

Memperhatikan gizi dan nutrisi pada makanan sehat memang sangatlah penting, Namun Anda juga harus tahu berapa aturan main untuk mengkonsumsi makanan tersebut agar manfaat yang ingin anda peroleh bisa anda dapatkan.

Selamat sehat!

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger