Yang mesti anda faham dari Pap smear

pengertian-tes-pap-smear
Anda mesti sedih mendengar kabar bahwa kangker masih merupakan salah satu penyakit  yang paling banyak merenggutnyawa di dunia ini. Paling tidak itulah yang disimpulkan dari salah satu penelitian terbaru tentang penyakit. Dan dari data itu ditemukan bahwa angka yang paling besar dari kematian itu berasal dari kangker leher rahim atau kangker serviks

Tingginya angka kematian wanita akibat kangker serviks itu bukan disebabkan oleh tertinggalnya ilmu kedokteran dalam penyembuhan kangker ini. Melainkan lebih karena kesadaran untuk wanita atas pencegahan kangker leher rahim ini yang rendah. Ironis memang, wanita sekarang lebih update dalam informasi perkembangan jenis kosmetik baru daripada informasi tentang kesehatan mereka sendiri.  

Padahal  metode pendeteksian dini penyakit kangker serviks ini yang relatif mudah, simpel dan biayanya tidak lebih mahal dari harga tas jinjing yang kadang ganti sebulan sekali. Metode pendeteksian kangker leher rahim yang pertama adalah dengan vaksin.  Anda mesti tahu bahwa kangker serviks banyak bermula dari infeksi virus HPV, yang menyerang rahim seorang perempuan. Maka diperlukan vaksin agar virus ini tidak bisa masuk ke rahim seseorang. Metode ini disebut pencegahan kangker secara primer. Jika anda belum faham mengenai seluk beluk kangker leher rahim. Silahkan buka artikel “ Apa itu kangker leher rahim?” 

Metode pencegahan yang kedua adalah pencegahan secara sekunder. Pencegahan ini bisa berupa pemeriksaan papsmear untuk mendeteksi sedini mungkin terjadinya sel kangker di dalam leher rahim. Artikel ini akan mengkhususkan berbagai informasi mengenai papsmear dan serba-serbi di baliknya.

Lalu apa sebenarnya pemeriksaan papsmear ini?

Pemeriksaan papsemar adalah....

Pap smear atau sering disebut tes Pap adalah pemeriksaan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim seorang perempuan. Sel-sel abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker bisa dideteksi dari tes pap ini. Apa artinya? Dengan pemeriksaan ini kita jadi tahu secara dini ada atau tidaknya sel kangker yang baru atau sedang berkembang. Sehingga tindakan penyembuhan dapat segera dilakukan. Tahu sendiri kan, semakin dini seseorang melakukan tindakan terhadap kangker, semakin besar kesempatan sembuh dari kangker.

Tingkat keakurasian papsemar beragam. Ini tergantung dari prosedural yang dilakukan setiap tenaga medis. Dalam hal ini laboraturium tempat dilakukan tes juga berpengaruh. Namun secara umum keakurasian tes ini sekitar 70-95 %. Ada kalanya anda akan mendapati hasil dari pap smear adalah negatif, adakalanya juga positif. Itu juga tidak bisa menjamin. Namun ketidak akuratan itu bisa di tutupi dengan kerutinan seseorang dalam melakukan tes. Karena itu diperlukan beberapa kali papsmear agar di hasilkan hasil yang benar-benar akurat.

Namun begitu hingga saat ini metode pemeriksaan papsmear masih merupakan pemeriksaan pencegahann kangker leher rahim paling akurat dan paling baik. Anda hanya perlu mengeluarkan 50rb-300rb dari dompet anda untuk mendapatkan jasa pemeriksaan ini. 
Bagaimana papsmear dilakukan?

Anda perlu mengetahui bagaimana sebenarnya pemeriksaan ini dilakukan. Karena anda adalah pasien. Anda berhak tahu. Jangan khawatir, karena tes ini tidak seseram yang anda bayangkan. Tak perlu takut. Tes ini sederhana dan prosesnya cepat, serta biasanya tidak sakit. Dokter hanya memerlukan getah atau lendir yang ada di dinding rahim untuk kemudian dianalisa di laboraturium. Mungkin anda akan mendapatkan hasilnya setelah beberapa waktu menunggu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum dilakuakan pemeriksaan ini.  Pap smear sebaiknya dilakukan kurang lebih 5 hari setelah haid selesai. Maksudnya agar leher rahim Anda bersih dari sisa-sisa darah haid. Sebelum pemeriksaan anda juga sebaiknya menghindari beberapa perlakuan terhadap vagina seperti membersihkan vagina dengan krim atau sabun apa pun atau menyemprotkan obat pembersih ( Douching ). Sebaiknya anda jauhi suami karena sperma mungkin saja akan mempengaruhi hasil papsmear. Jika Anda keputihan, beritahukan kepada tenaga medis yang memeriksa anda agar bisa dijadikan referensi dalam pemeriksaan ini.

Kapan  sebaiknya memulai tes pap smear?

Jika anda sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seksual, anda sebaiknya melakukan tes ini. Kedua kecenderungan itu membuat sebagian besar wanita lebih besar kecenderungannya terkena infeksi HPV. Faktor lain adalah bagi anda wanita yang sudah melahirkan. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda telah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim terbaik.  

Oke ladies...jangan sungkan, atau enggan melakukan tes sederhana ini. Pengabaian anda terhadap kemungkinan terserang kangker leher rahim, bisa jadi akan anda bayar dengan sangat mahal dengan kesehatan anda. Mencegah penyakit ini lebih baik dari pada pengobatan paling canggih sekalipun. Semoga anda selalu diberikan kesehatan. 
Selamat sehat....



Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger