Berlemak tapi menyehatkan! Inilah 6 Jenis Makanan Itu

makanan-berlemak-baik-sehat
Satu kata yang sangat traumatis didengar orang yang pernah mengalami gangguan kadar kolesterol dalam darah adalah “lemak”. Ya, semenjak dokter mengatakan bahwa kita mengidap kolesterol, kata lemak se akan-akan menjadi momok yang membuat merinding waktu mengucapkannya. Seakan-akan semua makanan yang mengandung lemak itu  berhukum haram. Padahal kalau di luruskan tidak begitu. Benar, bila berlebihan memakana makanan yang kaya akan lemak tidak baik. Namun tidak berarti sama sekali tidak makan, bukan? Malahan jika di cermati, ada beberapa makanan kaya lemak tertentu yang justru disarankan oleh sebagian besar dokter untuk dimakan. Kata mereka, jenis lemaknya yang menyehatkan. Makanan-makanan apakah itu?

Berikut ini beberapa makanan berlemak yang justru baik untuk kesehatan kita :
 

Buah Alpukat
Buah berbentuk aduhai ini merupakan buah yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal(monounsaturated) yang baik untuk tubuh terutama jantung dan sistem peredaran darah karena sifat lemak tak jenuh mampu merendahkan kadar kolesterol (LDL) dalam darah. Satu buah alpukat ukuran biasa rata-rata mengandung 30 gram lemak tak jenuh. 

Telur ber omega tiga
Telur adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun pada umumnya telur mengandung lemak jenuh yang tinggi. Baik putih telur maupun kuningnya. Walaupun Putih telur lebih sehat dibandingkan kuning telur namun tetap saja lelur adalah penyumbang kolesterol darah yang cukup tinggi. Telur beromega tiga kebalikannya, telur beromega tiga malah akan menurunkan jenis lemak jahat LDL dari dalam tubuh. Sehingga menyehatkan bagi orang yang rentan terhadap gangguan lemak darah. Ada bonusnya, jika anak anda rajin makan telur ber omega 3, kemungkinan anak anda lebih cerdas akan lebh besar karena kandungan DHA yang tinggi di dalam telur.

Minyak Zaitun (olive oil)
Pada umumnya berbagai macam minyak itu buruk bagi kesehatan. Namun beda sekali dengan minyak yang satu ini. Minyak zaitun namanya. Dengan mengkonsumsi jenis minyak ini, justru tubuh anda akan diuntungkan karena zifat minyak zaitun adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa memasak dengan minyak zaitun ini dan menggunakannya sebagai campuran salad bisa mengurangi risiko terkena stroke secara signifikan Bahkan minyak zaitun sekarang menjadi terapi dari beberapa penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi bahkan langker.

Kacang-kacangan
Lagi-lagi kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat kacang-kacangan yang membuat orang dengan gangguan kolesterol akan baik-baik saja setelah makan makanan jenis ini. Kacang almond, kenari, dan kacang pistachio adalah kacang dengan kandungan nutrisi yang tinggi serta kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkan. Kacang almond kaya akan vitamin E ( suatu zat yag memerangi efek rdikal bebas ), kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3. Sedangkan kacang pistachio mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu tubuh menggelontor lemak jahat di dalam aliran darah.

Ikan (laut)
Ikan laut dalam seperti Ikan seperti tuna salmon,  mackerel, sarden, dan trout umumnya mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Di tambah kandunganasam lemak omega-3 nya  yang baik untuk jantung dan sistem kardiovaskuler. Maka tidak salah jika menu masakan dengan bahan pokok ikan laut dalam ini menjadi menu keseharian kita. Menurut Asosiasi jantung America, kita setidaknya perlu mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggunya demi menjaga kesehatan jantung kita.

Nah, sudah tahu, bukan jenis-jenis makanan yang berlemak yang justru menyehatkan? Semua tidak dari karena kandungan lemak tak jenuh yang ada di masing-masing jenis makanan di atas. Masih ingat dengan perbedaan lemak jenuh tak jenuh? Kalau lupa review ulang ya  di “ Mengenal jenis lemak darah “

Oke, jika sewaktu-waktu istriatau ibu anda memasak menu makanan seperti tersebut di atas, jangan sungkan utuk menyantapnya, ya.... Tapi ingat, jangan berlebihan. Karena yang berlebihan itu adalah jatah orang lain yang belum memakan. He2.

Selamat sehat....
Share this article :

+ comments + 1 comments

December 16, 2014 at 7:06 PM

ternyata ada juga ya buah yang berlemak tapi menyehatkan. sekarang gak usah kuatir gemuk lah.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger