Hebat! Cara ini bisa hancurkan batu ginjal

cara-hancurkan-batu-ginjal
Saya sering sedih, setiap kali melihat pasien yang berjalan kesana kemari dengan mententeng kateter wadah urine. Tak salah lagi mereka adalah pasien dengan keluhan sakit di sekitar organ kemih yaitu ginjal. Tak jarang pasien tersebut akan berkahir menjadi pasien cuci darah akibat organ penyaring darahnya yaitu ginjal gagal menjalankan fungsinya sebagai penyaring darah. Salah satu penyebab gagal ginjal adalah adanya batu di ginjal (batu ginjal). Batu di dalam ginjal akan mengakibatkan peradanangan, penyumbatan, infeksi dan lain-lain. Keadaan-keadaan ini bisa menurunkan fungsi ginjal. Bahkan ada yang terhenti sama sekali (gagal ginjal).

Ya sudahlah, yang terjadi biarlah terjadi. Tak usah gundah. Kalau sudah didiagnosa menderita batu ginjal harus segera berobat untuk mendapatkan penanganan. Agar tidak di operasi arena batu sudah terlanjur mengeras dan besar.  Kabar baiknya adalah batu ginjal tak selamanya berakhir di meja operasi atau cuci darah. Ia bisa di hancurkan dengan alat maupun dengan cara tradisonal. Kalau dengan alat medis batu ginjal dalam keadaan tertentu bisa dihancurkan dengan menggunakan alat-alat khusus bernama ESWL ataupun juga uretrhoscope. Namun alat tersebut tidak bisa menghancurkan batu yang telah terlanjur besar. Namun sebelum kesana ada baiknya anda mencoba beberapa cara yang mampu mengusir batu ginjal yang anda derita, Ceck it out!

Konsumsi sayur dan buah 

Sayur dan buah menjadi makanan terdepan dalam usaha anda mengusir batu ginjal di organ ginjal anda. Buah yang kaya kandungan air seperti semangka dan melon, sangat baik untuk melindungi atau mengobati ginjal anda yang sakit akibat batu ginjal. Apalagi semangka sudah terkenal sebagai buah penggelontor batu ginjal. Sedangkan buah paling baik untuk ginjal anda adalah buah dari golongan berry, seperti, blueberi, juga cranberi. Anggur menjadi buah berikutnya yang bisa anda jadikan referensi melawan batu ginjal. Setali tiga uang dengan buah, andapun bisa mencoba sayuran untuk memerangi batu ginjal. Kol, seledri, bit, kacang panjang, terong dan asparagus adalah contoh sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal. 

Hindari potasium 

 Salah satu tugas ginjal adalah menjaga kadar potasium dalam darah. Karena itu jika dala darah anda terlalu banyak terdapat zat potasium, ginjal akan bekerja ekstra keras untuk meyaringnya. Karena itu hindari makanan yang banyak mengandung zat ini. Sebaliknya anda sangat di sarankan memakan makanan rendah potasium seperti apel, jagung, terong, pir, serta oyong. 

Perbanyak zat besi

Kebalikan dari potasium, ginjal justru sangat membutuhkan zat besi. Zat besi menjaga ginjal untuk terus bekerja secara optimal. Karena itu makanlah makanan kaya zat besi seperti jenis  sayuran hijau.  

Jadilah penggila air putih

Sebagian besar organ dalam tubuh kita memerlukan air untuk menjaga kesehatan ginjal. Air putih, layaknya oli dalam mesin motor. Sangat diperlukan untuk kinerja ginjal. Lebih tentu saja adalah opsi terbaik. Lebih dari itu air bisa menggelontor mineral pembentuk batu ginjal yang sedikit demi sedikit mengendap di dalam ginjal. Air seperti gelombang yang menyapu gundukan pasir di muara sungai. Minumlah kira kira 2,5 liter air sehari. Ini membuat batu yang berukuran kecil bisa tergelontor bersamaan dengan air seni.

Coba Habatussauda

Beberapa orang memang meyakini bahwa habatussauda tidak baik untuk ginjal, namun sebagian besar meyakini sebaliknya. Habatussauda justru membuat kuat ginjal anda. Cari tahu informasi lengkapnya di “Apakah jintan hitam merusak ginjal?”. Jintan hitam terbukti mengandung beberapa senyawa kimia anti inflamasi / peradanagn yang sanagt baik untuk ginjal. Perpaduannya dengan  madu akan semakin membuatnya kuat untuk melawan batu ginjal.

Jangan berhenti berolahraga 

Olahraga akan membuat seluruh oragan anda sehat. Utamanya ginjal. Setelah berolahraga anda akan banyak kehilangan air. Hal ini memicu tubuh untuk minum banyak. Ketika air masuk banyak dalam tubuh, maka ginjal akan terhidrasi dengan baik. Sehingga tumpukan mineral yang mungkin telah mengendap akan hanyut di bawa oleh air yang anda konsumsi.
Bagaimana mencegah batu ginjal datang?


Mencegah batu ginjal datang (lagi)


Bila ginjal anda telah sukses menusir batu, kini saatnya anda melindungi agar batu tidak kembali lagi bersarang di sana. ( orang yang pernah terkena batu ginjal, biasanya mempunyai kecenderungan terkena batu ginjal lagi di masa datang ) dengan cara :

Kurangi konsumsi minuman bersoda 

Diperbolehkan mengkonsumsi minuman bersoda dalam level sedang. Tapi jika anda termasuk penggila, anda harus mulai menguranginya. Hal yang di takuti saat anda meminum minuman bersoda adalah kehilangan rasa haus setelah meminumnya. Padahal air sangat dibutuhkan oleh ginjal untuk terus melumasi organ ginjal agar terus sehat.

Banyak mengkonsumsi air putih. 

Selain mengobati, minum air putih termasuk juga cara untuk menjaga ginjal anda terus dalam kondisi fit. Konsumsi air putih setiap hari minimal 2 liter perhari sangat disarankan bagi mereka yang rentan mengidap batu ginjal.

Jangan menunda buang air kecil. 

Logikanya, penumpukan urine yang berisi bahan material sisa dari penyaringan darah akan terus menumpuk di dalam ginjal. Jika tidak  di keluarkan dia akan mengendap, baik itu di dalam ginjal, di saluran kemih maupun di kantung kemih.

Jangan membiasakan duduk terlalu lama. 

Pada mereka yang keseharian dalam pekerjaan dihabiskan dengan duduk terlalu lama, disarankan untuk sering bergerak. Duduk terlalu lama akan membuat otot otot disekitar saluran kemih tegang. Keadaan ini membuat endapan mineral did alam ginjal akan sulit keluar bersama urine. Bagi mereka yang sering membawa kendaaran dalam jarak jauh disarankan pula untuk sering beristirahat, berkemih dan banyak minum air putih.


Selamat sehat....

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger