Cara Jalan Pintas Berhenti Merokok

cara-instan-berhenti-merokok
Ada yang mengatakan pelan-pelan saja menghentikan kebiasaan merokok. Jika dipaksa-paksa justru keinginan merokok itu menjadi semakin kuat. Sering ada yang bilang nikmatilah proses, mulai dari mengurangi beberapa batang, lambat laun hanya satu dan pada akhirnya tidak menghisap sama sekali. Hmm... namun semua itu hanyalah teori yang tidak berlaku pada semua orang. Gampang diucap tapi sukar dilakukan. Apalagi kalau memang rokok sudah jadi bagian keseharian. Susah nya akan minta ampun menghentikannya. Akhirnya yang diperlukan adalah jalan pintas untu berhenti merokok. Akhiri dengan “kejam”. Beberapa cara di bawah ini seperti dikutip laman Huffington Post adalah jalan pintas bagi anda yang tidak sabaran ingin mendapatkan hasil instan untuk segera berhenti merokok.

1.Bulatkan tekad


Ingin berhenti merokokk dengan segera? Yakinkan dulu diri Anda. Bulatkan! No excuse! Katakan pada diri anda, bahwa untuk “menjalani ini pasti sakit, tapi untuk  kebaikan akan terus aku lakukan!”. Anda harus berhasil, Karena jika tidak, Anda akan terus mengulangi kebiasaan merokok bahkan ke level yang lebih parah. Niatkan pada diri anda, semua ini untuk kebaikan anda dan kebaikan orang-orang yang anda cintai. Selain itu, mintalah dukungan dari keluarga dan orang terdekat. Jika anda seorang suami mintalah dukungan dari istri. Dukungan yang anda terima pasti akan motivasi anda untuk berhenti jadi berlipat-lipat. Jangan pernah lagi terima ajakan teman atau rekan bisnis untuk merokok. Karena lingkungan lah yang mungkin membuat anda pertama kali menghisap rokok.

2. Berhenti di  setiap Senin


Selanjutnya yang seringkali bikin pusing para perokok yang ingin berhenti adalah, “Kapan waktu yang tepat harus berhenti?” Tentu saja jawabannya adalah sekarang juga! Namun Sebuah penelitian merekomendasikan, untuk memulai semua usaha anda di hari Senin, hari pertama di setiap pekan. Mengapa hari senin? Kenapa tidak selasa, rabu atau bahkan minggu? Segala kesibukan anda akan dimulai di Hari Senin , berbarengan dengan itu, masalah keluarga, pekerjaan atau yang lainnya pasti akan dimulai. Dengan kata lain hari senin akan membawa banyak tekanan untuk semua orang. Hal ini pasti akan memancing anda untuk merokok. Coba lalui semua masalah di hari Senin tanpa merokok, hari yang penuh tekanan itu. Jika anda bisa melaluinya dengan sukses, hari lainnya pasti akan mengikuti.

3. Meditasi


Kebiasaan merokok biasanya dilakukan ketika anda sedang tertekan akibat banyak pikiran. Ini yang seringkali memicu anda menghabiskan waktu anda dengan ditemani dengan asap rokok, bahkan Banyak di antaranya yang tak terasa menghabiskan lebih dari 1 bungkus rokok, demi membunuh tekanan itu. Inilah bahayanya. Karena setiap kali tekanan datang, anda akan terlihat seperti kecanduan. Anda akan tersugesti bahwa hanya rokok yang mampu menyelesaikan kegundahan hati anda. 
Nah, meditasi adalah kegiatan untuk menenagkan diri anda. Meditasi dapat menciptakan rasa tenang dan mengusir tekanan. Sebentar saja tak usah lama-lama yang terpenting Anda mendapatkan ketenangan yang bisa membantu anda menjalani aktivitas dan kegiatan Anda. Oh ya, jika anda muslim, zikir adalah bentuk meditasi lain. Lakukan dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Niscaya rasa gundah gulana akan terhenti dengan sendirinya.

3.Rajin berolahraga


Untuk menjauhi rokok. Anda membutuhkan olahraga teratur. Mengapa? Olahraga akan meningkatkan hormon kortisol yang akan memicu perasaan nyaman di dalam hati anda. Ini akan membuat anda menjauh dari stres dan tentu juga rokok. Olahraga juga akan mendetoks tubuh anda, mengeluarkan racun-racun yang terbawa masuk dalam tubuh saat anda merokok. Dengan berolahraga anda juga berarti telah membuat organ-organ di dalam tubuh anda kembali berfungsi dengan sempurna setelah sekian lama kerjanya tertekan akibat kegiatan merokok yang pernah anda gilai. 

4. Jangan sampai ada jam kosong


Apakah Anda termasuk orang yang merokok hanya untuk menghabiskan waktu? Tenang anda tidak sendiri, di luar sana banyak sekali orang yang beralasan bahwa merokok adalah teman terbaik di saat waktu senggang. Karena itu, usahakan dengan sungguh-sungguh jangan sampai ada waktu senggang dalam keseharian anda. Gunakan waktu senggang anda full untuk istirahat. Abaikan ajakan teman anda untuk bersenang-senang sekedar nongkrong.

5. Cari hobi yang mengasikkan

Keinginan merokok kadang timbul akrena anda tidak sedang melakukan apa-apa. Karena itu carilah hobi atau kegiatan yang mengasikkan yang mampu melupakan sejenak pikiran anda pada rokok. Jika memang mencari kegiatan untuk mengisi waktu, cobalah cari hobi baru yang biasanya jarang atau bahkan tidak pernah anda lakukan seperti memancing, bersepeda, belanja, dan kegiatan-kegiatan lain yang akan mengoptimalkan usaha Anda untuk berhenti merokok. 

Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang sangat sukar diakhiri. Karena itu walaupun sifatnya jalan pintas, cara di atas tetap memerlukan proses. Jika dalam 40 hari anda berhasil  menerapkannya. Kemungkinan besar anda tidak akan merokok lagi seumur hidup anda!

Selamat sehat....

Share this article :

+ comments + 1 comments

February 26, 2015 at 5:48 AM

Infonya bagus gan Thanks

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger