Kenapa anda gagal ber-diet?

alasan-gagal-diet
Diet hampir selalu menjadi senjata utama setiap orang dalam menjaga berat badan agar tetap stabil ( liat berat badan ideal di sini ). Baik bertujuan untuk kesehatan maupun sekadar menjaga penampilan agar selalu menarik di lihat orang. Karena itu berbagai macam program diet ramai muncul di permukaan, mulai dari program mengurangi kalori yang masuk sampai diet dengan hanya memakan bahan dari tumbuhan saja. Bahkan baru-baru ini telah booming program diet dengan jendela makan yang dipopulerkan oleh ilusionis terkenal, Dedy corbuser. Program diet itu bernama OCD.

Namun semua program diet itu memang tidak mudah itu dilakukan. Dalam penerapannya, justru anda akan sering menemui ganjalan. Memang, sih, ada yang berhasil. Tapi banyak juga yang gagal. Awalnya mereka berhasil menurunkan berat badan sampai beberapa kilo. Namun karena kurang konsisten, akhirnya berat badannya kembali ke posisi semula alias kembali gembrot. Malah ada yang hanya kuat menjalani proses diet beberapa hari saja. Setelah itu ia justru makin rakus sehingga BB nya malah semakin berat dari BB nya semula. Bahkan Deddy corbusser pemegang lisensi program diet OCD tidak bisa menjamin bahwa program dietnya berhasil.

Menarik kita simak sebenarnya apa sih yang membuat banyak orang gagal dalam berdiet? Sekaligus anda akan mengetahui alasan-alasan apa beberapa orang berhasil berdiet sehingga mungkin bisa kita tiru. Inilah beberapa alasan yang membuat orang gagal diet :

Reaksi tubuh

Tubuh biasanya akan merespon jika ada sesuatu diluar kebiasaan terjadi. Saat anda berdiet, otomatis anda akan mengurangi beberapa makanan tertentu yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Tujuannya tentu untuk mengurangi kalori yang masuk. Pada saat inilah tubuh akan bereaksi, dimana tubuh tidak lagi bekerja seperti biasanya. Tubuh sudah kadung terbiasa dengan kebiasaan makan semaunya seperti ngemil, fast food dan lain-lain. Efeknya mungkin bisa berupa tubuh lemas berlebihan, sering lapar, kepala pusing dan lain-lain. Ini yang membuat seseorang lalu mengurungkan program dietnya.  

Tidak Tahan Godaan Makanan Enak

Seringkali kegagalan dalam berdiet bukan berasal dari diri kita sendiri. Namun godaan itu berasal dari lingkunagn sekitar. Awalnya kita sudah bertekad untuk tidak makan, namun saat melihat makanan enak di meja, TV maupun media sosial, selalu akan timbul keinginan untuk memakannya. Apalagi jika kita sudah pernah merasakan kelezatan makanan tersebut sebelumnya. Nostalgia lidah dengan kelegitan makanan tersebut akan kembali muncul sebagai setan penggoda kedisipilinan kita untuk berdiet.

Kurangnya komitmen

Diet adalah sesuatu yang tidak enak. Bagaimana enak, kita akan dilarang memakan sesuatu yang menurut kita justru rasanya enak. Atau kita dilarang makan di jam-jam tertentu. Padahal tubuh kita terbiasa bebas. Nah, saat diet, kita seperti terkurung dengan larangan demi larangan. Itu yang membuat diet terasa berat dilakukan. Rasa berat seperti ini yang kadang membuat tekat atau motivasi kita berdiet menjadi luntur. Komitmen yang susah payah dibangun semenjak memulai diet pertama kali menjadi turun. Padahal seharusnya jika ingin sukses berdiet, kita harus senantiasa menjaga motivasi tersebut. Toh, itu semua demi kenikmatan yang lebih hakiki seperti terjaganya penampilan dan juga kesehatan yang prima.

Tekanan Orang Lain

Ini adalah sebab yang datang dari ekternal lainnya yaitu tekanan dari orang lain. Utamanya yang memang khawatir terhadap kesehatan kita seperti orang tua. Ucapan-ucapan seperti “ Ayo makan,Nak. Kalau tidak makan nanti sakit, lo…” “Kamu lemas banget, ini pasti karena diet!” atau “ Tuh kan, maq nya kumat? Makanya kalau udah waktunya makan jangan ditunda, dong….”. Pengertian yang baik dari orang-orang sekitar akan bisa mengatasi sebab gagal diet seperti ini. Coba difahamkan kepada mereka, apa tujuan anda diet. Barangkali dengan mereka faham, justru mereka akan balik mendukung anda dalam berdiet. 

Kurang  disiplin

Bedanya dengan komitmen memang sangat tipis, namun disiplin dalam hal ini lebih menitik beratkan pada kepatuhan anda terhadap diet anda. Tindakan mencuri-curi kesemptan mencicipi makanan walau hanya secuil, bisa jadi menjadi pintu masuk anda tergoda untuk memakannya. Usahakan untuk menjauhi kata-kata seperti “ Ah, hanya sedikit “  “ Ah, hari ini gagal diet tidak apa-apa. Masih ada besok.” Dan lain sebagainya. Keberhasilan anda berdiet sanagt bergantung pada kedisiplinan anda terhadap aturan main program diet yang anda ikuti.

Itulah beberapa alasan yang sering membuat orang gagal melakukan diet. Semuanya kembali ke indifidu masing-masing.  Apa tujuan anda melakukan diet. Semakin besar dan kuat tujuan anda, semakin besar kesempatan anda untuk berhasil diet.

Selamat sehat!
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger