Apakah saya terkena Hepatitis? Kenali gejalanya

Jika  anda sering mendengar kata orang tentang penyakit liver, itulah Hepatitis, meskipun tidak semua penyakit yang menyerang liver adalah hepatitis. Hepatitis adalah sutu peradangan yang terjadi pada liver atau hati karena sebab tertentu, umumnya disebabkan oleh karena virus. Hepatitis ini bisa bersifat singkat atau akut yaitu berkisar 6 bulan atau bisa juga sampai bertahun-tahun yang disebut hepatitis kronis


Jenis dan Penyebab Hepatitis

Jenis Hepatitis dikelompokkan sesuai dengan jenis virus yang menginfeksi. Ada 7 jenis virus yang kesemuanya di wakili oleh abjad huruf A sampai G. Hepatitis akibat virus hepatitis A disebut hepatitis A. Hepatitis akibat serangan virus hepatitis B disebut hepatitis B. Demikian juga seterusnya sampai G. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus.

Penyebab lain dari hepatitis ini bisa karena penggunaan obat yang salah dan juga konsumsi alkohol berlebih.Yang perlu dicermati, penyebab hepatitis ini bukan akibat virus, obat atau alcohol semata, melainkan juga bisa akibat terkena paparan berbagai zat kimia berupa polusi udara, air maupun darat. Paparan berbagai zat kimia bisa jadi mencakup arsen, fosfor, tetraklorida, dan lainnya, yang biasanya digunakan dalam industri modern. Zat-zat kimia tersebut dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai macam cara mulai dari terhirup hidung, tertelan sampai diserap kulit.

Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa semakin memburuk dan bisa-bisa menjadi terbentuknya jaringan parut di hati atau sirosis hepatis. Sirosis hepatis adalah cikal bakal terjadinya kangker hati.

Apa saja gejala hepatitis?

Apakah anda sering mengalami mual, isi perut seakan ingin keluar, nafsu makan menurun sehingga berat badan anda juga menurun? Dan anda kadang juga merasakan mengalami demam ringan. Boleh jadi itulah gejala hepatitis. Apalagi jika beberapa hari atau minggu kemudian muncul tanda-tanda yaitu warna mata menjadi kuning dan kencing berwarna keruh seperti teh. Sebenarnya jenis gejala di sesuaikan dengan jenis hepatitis yang diderita, Namun rata-rata gejala yang nampak pada semua jenis penyakit hepatitis adalah seperti di atas. 

Hanya saja hampir separuh orang yang terkena hepatitis tidak akan menyadari bahwa ada peradanagn di dalam livernya. Karena saking tidak kentaranya gejala-gejala hepatitis yang timbul, beberapa orang bahkan tidak mengalami gejala sama sekali. Mereka seperti tidak sedang menderita apa-apa. Keadaan tubuh mereka baik-baik saja. Ini lah yang bahaya sampai bisa dideteksi adanya aktifitas virus di dalam hati seseorang.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mendeteksi Hepatitis?

Selain gejala anda bisa mengenali  penyakit ini dari pemeriksaan darah. Terutama item-item tertentu yang behubungan dengan hati. Item paling penting adalah pemeriksaan protein hati bernama SgOT dan SgPT. Dua jenis protein hati di atas adalah indikasi dari fungsi hati seseorang, Jika angka OT/PT meningkat, otomatis bisa dikatakan fungsi hati sedang terganggu. Umumnya jika OTPT meningkat sedikit tidak usah merisaukannya, karena mungkin peningkatan itu bukan berasal dari infeksi virus. Namun Jika meningkatnya fungsi hati lebih dari dua kali lipat angka normal, anda harus mulai waspada akan serangan penyakit ini. Hasil  OT/PT ini biasanya didukung dengan pemeriksaan HbSaG, anti HbS, LED, albumin darah dan  bilirubin-urobilin dalam urine.

Itulah pengenalan awal penyakit liver bernama Hepatitis. Selain beberapa keterangan di atas, ada banyak lagi hal yang perlu di pelajari dari penyakit yang sebagian ahli mengatakan lebih berbahaya dari HIV ini. Informasi-informasi mengenai hepatitis seperti “ komplikasi hepatitis”, “sebab hepatitis selain dari virus “ dan juga “ pengobatan hepatitis” saya kira sangat layak anda lahap sebagai tambahan pengetahuan. 

Semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini. Kalaupun anda sekarang sedang menderita hepatitis, jangan patah arang.Hepatitis mungkin termasuk penyakit yang sukar sembuh, namun kesembuhan juga bukan hal yang mustahil terjadi. Jadi tetaplah maju, lawan penyakit ini dengan keyakinanmu!


Selamat sehat….
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger