Olala...Olahraga bisa mencegah rambut beruban lo...

Olahraga bisa mencegah rambut beruban? Apa benar? 

Tak seorangpun tidak mengerti manfaat besar olahraga bagi kesehatan mereka. Bukan hanya fisik, aktivitas ini bahkan mampu menyehatkan tubuh kita secara psikis atau mental. Dan inilah benang merah yang berhasil menghubungkan antara olahraga dan rambut beruban

Mari saya ajak anda mengetahui bagaimana seseorang bisa beruban.

Kenapa kita bisa beruban?

Semua orang pasti rela jika beruban, karena itu memang alami sebagai proses penuaan. Namun hanya sedikit orang yang rela beruban di usia muda. Umumya mereka malu karena pendapat di masyarakat mengaitkan uban dengan usia. Jika beruban berarti sudah tua, jika masih muda mustahil beruban. Namun adakalanya saat usia masih kepala dua, orang-orang tertentu bahkan sudah mengoleksi beberapa helai rambut kelabu ini.

Istilah orang bahwa orang beruban pertanda sudah tua memang betul adanya. Saat usia kita semakin menua, sel-sel di batang rambut yang bertanggung jawab membuat warna rambut menjadi hitam akan mengurangi produksi pigmennya. Bahkan sel khusus yang berada di batang rambut pada usia tertentu akan berhenti total memproduksi sejumlah pigmen warna gelap ( melanin ), sehingga rambut akan kehilangan pigmen atau warna. Itulah sebab warna rambut kita saat semakin tua akan berubah menjadi kelabu atau putih.

Rambut kelabu masih mempunyai pigmen, namun tidak sebanyak pigmen rambut yang berwarna nila, cokelat atau hitam. Kalau rambut anda sudah berwarna putih, itu artinya memang sudah tidak diproduksi lagi melanin dalam batang rambut anda. 

Pada umur paruh baya, antara umur 40-60, anda akan mendapati rambut anda semakin semarak dengan warna yang berbeda. Ada putih, kelabu, cokelat, hitam. Kenapa warna rambut kita tidak seragam? Karena respons setiap helai rambut kita terhadap perubahan pigmen tidak sama. Karena itulah proses perubahan warna menjadi bertahap. 

Sebagian orang mulai beruban di usia 30 tahun, tapi sebagian yang lain belum juga beruban hingga mereka berusia 60-an. Hal ini disebabkan Adanya perbedaan genetik dan lingkungan. Ada yang cepat merespon penuaan yang berjalan, ada yang lambat merespon. 

Apa hubungan antara olahraga dengan proses terjadinya uban?

Seperti yang dikatakan di awal intro di atas, efek olahraga bagi kesehatan fisik dan mental seseorang memang sangat signifikan. Terutama yang berhubungan dengan mental. 

Telah banyak diketahui salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan mental seseorang adalah mengurangi perasaan stres, tertekan dan cemas. Perasaan yang sehat setelah kita melakukan olahraga akan membawa diri seseorang dalam perasaan yang bahagia.  Nah inilah kuncinya. 

Anda mungkin pernah mendengar teman anda berujar “ Jangan terlalu keras berfikir, nanti rambut kamu cepat beruban,lo...” perkataan teman anda mungkin ada benarnya. Kenapa? Pada kenyataannya perasaan stres dan tertekan akan menghambat laju produksi pigmen. Termasuk pigmen yang ada di dalam helai demi helai rambut anda. Nah, apa jadinya jika rambut kita kekurangan pigmen? Akan muncul uban bukan?

Perasaan stres dan marah memang sangat buruk bagi manusia. Bagaimana tidak perasan tertekan ini akan membuat sel-sel tubuh lebih cepat menua dari pertumbuhan normal. Sebaliknya olahraga teratur dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan stres psikologis, kecemasan serta mencegah rambut beruban sebelum waktunya. Dengan demikian anda bisa sedikit memperlambat proses penuaan rambut anda lewat kegiatan olahraga yang dikerjakan secara teratur. 

Kalaupun ternyata anda tidak bisa mencegah rambut anda beruban, mempunyai fisik dan mental yang prima karena olahraga, saya kira adalah bentuk kebahagiaan tersendiri bagi anda. 

Selamat sehat....




Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger