Mengapa Pria Harus merawat kulit wajah mereka ?



perawatan-kulit-wajah-pria-segar-sehatKesalahan fatal yang sekarang sering diamini pria adalah bahwa perawatan wajah hanya untuk kaum hawa saja, sedang untuk para pria merawat wajah adalah hal yang tabu dilakukan. Itulah sebab kenapa sekarang banyak beredar produk-produk perawatan wajah bagi wanita sedang untuk mencari produk perawatan wajah pria sangat langka di pasaran.

Padahal jika kita bisa berfikir sederhana, wajah termasuk bagian tubuh yang harus di rawat. Tidak mengenal istilah gender. Toh, sama-sama wajah, kenapa yang satu dirawat sedang yang lain tidak?

Anggapan salah ini semakin membuat para pria yang tidak tahu akan semakin skeptis dengan hal yang berbau perawatan wajah. Sikap pria yang cenderung menyukai hal-hal yang praktis dan simpel membuat mereka semakin jauh dengan kesadaran merawat wajah mereka sendiri. Hal  itu segera menjadi pembenaran bahwa mereka tidak perlu melakukan hal yang ribet itu (merawat wajah).

Sukurlah kini semakin banyak pria yang menyadari atas kesalahan anggapan ini. Kini semakin banyak pria yang memberi prioritas tinggi untuk merawat wajah mereka. Indikasinya adalah bermunculan produk perawatan wajah yang khusus dibuat untuk wajah pria. Para perusahaan kosmetik yang dulu sangat getol memunculkan produk kecantikan perempuan kini berlomba melebarkan sayapnya untuk memenuhi kebutuhan para pria akan produk perawatan wajah yang khusus diciptakan untuk kulit wajah mereka.

Kenapa produk itu “khusus” untuk pria? Mari kita berangkat dari penjelasan di bawah ini.


Beda Kulit Wajah Pria dan Wanita


Jika berbicara mengenai perawatan wajah, berarti kita sedang berbicara tentang kulit wajah. Memang tida bisa disama ratakan antara kulit wajah pria dan wanita. Karena ternyata kulit wajah pria dan wanita mempunyai ciri khas unik masing-masing sebagaimana perbedaan yang terjadi pada hal yang lain.

Perbedaan mencolok ada pada anatomi kulit. Kulit pria cenderung memiliki ketebalan yang lebih dari pada kulit wanita, Seperti yang di utarakan Dermatolog Dr Apratim Goel mengatakan hampir 25 persen tekstur kulit pria lebih tebal dari wanita. Hal ini membuat cara merawat pun harus dibedakan. Produk perawatan wanita belum tentu cocok untuk pria, demikian juga sebaliknya.

Selain perbedaan bentuk anatomi kulit, kulit wajah wanita akan sering mengalami perubahan tekstur kulit akibat sering terjadinya perubahan hormon terutama hormon yang berhubungan dengan siklus haid. Siklus haid yang dialami wanita memiliki dampak atau efek pada berubahnya tekstur kulit mereka. Hal ini tidak mungkin terjadi pada pria, karena itu tekstur kulit pria akan cenderung tetap.

Namun para pria tidak boleh lega dulu karena terhindar dari perubahan tekstur kulit. Karena pada kenyataanya pria juga mengalami perubahan hormonal dalam tubuh terutama hormon androgen yang membuat kulit pria lebih tebal dengan kelenjar minyak yang lebih banyak.
Kondisi ini akan diperparah dengan seringnya para pria terpapar oleh debu, kotoran karena lebih seringnya mereka beraktifitas di luar ruangan. Akibatnya kulit mereka akan semakin kusam karena tumpukan kotoran yang mengendap di permukaan kulit yang bercampur dengan minyak di wajah. Jika di biarkan tidak mustahil wajah pria akan menjadi lahan subur bagi jerawat untuk tumbuh.
Tidak ada alasan para pria untuk tidak merawat kulit wajah
Setelah mengetahui seluk beluk kulit wajah harusnya pria sekarang semakin sadar bahwa ternyata kulit wajah mereka juga mengalami problem yang sama dengan perempuan. Bahkan di beberapa kasus masalah kulit pria akan lebih kompleks dibandingkan dengan masalah kulit wanita. Karena itu perlu kiranya para pria sadar agar merawat wajah mereka seperti halnya yang para wanita lakukan.
Setiap pria harusnya juga menyadari bahwa wajah mereka adalah aset yang perlu di jaga. Tentu orang akan  lebih senang berinteraksi dengan pria yang berwajah segar dan sehat dari pada dengan pria yang berwajah kusam, berminyak dan cenderung tidak terurus. Bahkan seringkali faktor wajah menetukan penilaian orang lain terhadap dirinya. Utamanya di dalam pekerjaan dan penerimaan seseorang di suatu komunitas. Bukankah ada pepatah mengatakan kesan itu bermula dari wajah lalu turun ke hati? Kalau wajahnya saja sudah kusam, apalagi hatinya. ^_^
Pada akhirnya tulisan mengapa pria harus merawat kulit wajah mereka ini hanya akan menjadi sebuah teori saja jika tidak diterapkan. Sekaranglah saatnya para pria lebih memperhatikan dirinya terutama perawatan kulit wajahnya.
Untuk penerapan wacana di atas, sangat direkomendasikan untuk membaca artikel Men’s Health berikutnya tentang bagaimana cara pria merawat wajah mereka agar nampak segar dan sehat? Cek it out!








Share this article :

+ comments + 1 comments

January 28, 2015 at 12:16 AM

Meskipun pria juga jangan sampai kalah dari kaum wanita dalam melakukan perawatan wajah sebab wajah itu sangat penting dalam penampilan.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger