cara paling ampuh mengatasi sulit tidur

cara-atasi-insomnia
Kami yakin anda pernah mengalami suatu keadaan saat anda ingin sekali tidur, mata sudah terpejam namun tidak bisa segera tidur. Badan rasanya remuk karena kerjaan, namun entah mengapa anda tidak juga bisa tidur. Keadaan seperti ini adalah gejala insomnia, yaitu suatu gejala kesulitan tidur yang banyak di alami oleh manusia modern belakangana ini.

Meski bukan tergolong penyakit, namun sangat menjengkelkan bukan, saat kita mengalami sulit tidur? Apalagi jika esoknya kita harus kembali beraktifitas seperti sedia kala. Aktifitas yang tentu saja membutuhkan badan yang fresh yang hanya bisa di peroleh setelah kita pada malam harinya cukup tidur

Solusi yang paling efektif mungkin adalah segera mengambil obat tidur anda. Meski dengan begitu anda terus akan di hadapkan dengan efek samping yang bisa timbul setelah meminum obat ini.

Jika anda termasuk yang takut akan efek samping obat tidur, namun juga sangat benci dengan insomnia. Mungkin anda harus mulai memikirkan dan mencoba beberapa tips mengatasi insomnia berikut ini :


1. say no to coffe
Hindarkan diri dari mengkonsumsi minuman yang bersifat diuretik (membuat anda terjaga) mungkin adalah cara yang paling efektif untuk menghindari insomnia.  Minuman diuretik memang nikmat atau membuat konsentrasi anda bertambah, namun minum ini menjelang tidur membuat anda kesulitan tidur setelahnya.

2. Jauhi gula gula.
Biarlah semut saja yang menkonsumsi makanan manis sebelum tidur, karena jika anda ingin cepat tidur hindarilah berbagai makanan yang dapat memicu meningkatkan kadar gula darah. Kenaikkan gula darah ini mengakibatkan anda terus ingin beraktifitas di malam hari.

3. cukup minum air.
Tubuh anda 80% di antaranya adalah air. Bayangkan jika anda kekurangna air. Apa yang terjadi. Saat siang hari konsumsilah air putih dalam jumlah memadai karena hal ini akan memperlancar kerja tubuh. Fungsi ginjalpun akan bekerja secara optimal. Minum cukup air akan membuat perut anda kenyang sebelum anda tidur. Namun jangan terlalu banyak ya...karena minum terlalu banyak air justru akan membuat anda sulit tidur akibat berkali-kali harus pergi ke belakangnuntuk buang air.

4. alkohol? no way
Alkohol atau minuman yang mengandung kadar alkohol termasuk bahan stimulan yang membuat anda tetap terjaga. Alkohol juga membuat anda terbangun dari tidur lelap anda dan sulit kembali tidur setelahnya. Karena itu selain menghindarkan kopi, hindarilah meminum minuman yang mengandung banyak alkohol.

5. jangan minum obat asma, alergi dan darah tinggi 
Obat-obatan tertentu jelas membuat anda susah tidur. Obat-obatan seperti obat asma alergi dan darah tinggi membuat anda kesulitan tidur. Jika anda penderita salah satu dari penyakit di atas, janganlah menkonsumsinya menjelang tidur. 

6. dengarkan lagu lembut
Lagu-lagu instrumental yang lembut dan mendamaikan hati akan membuat otak anda segera masuk ke fase alpha di mana fase itulah fase saat anda tidur. lagu-lagu lembut semacam ini akan mengurangi ketegangan syaraf-syaraf anda yang menderita akibat kerja anda yang melelahkan di siang hari. 

7. Relaksasi
Salah satu dari penyebab insomnia adalah stres. Karena itu melakukan relaksasi sebelum tidur sangat di anjurkan. Relaksasi bukan berarti anda harus menggunakan pakaian senam atau olahraga. Cukup anda berbaring dan pujilah nama tuhan sesuai kepercayaan anda. Kedekatan dengan tuhan akan membuat anda menjadi tenang sehingga melupakan stress yang sedang anda alami.

8. Jangan melihat film horor atau action 
Film horor dan action yang berdarah-darah mungkin membuat kita terrhibur. Namun tahu tidak kegiatan ini justru akan merusak pola hormonal kita. saat melihat film horor misalnya, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang tidak kita butuhkan saat kita tidur. Tidak jarang adegan-adegan yang kita saksikan pun akan terus terbayang sehingga ini membuat anda sulit untuk memulai tidur.

9. Bangun pola tidur anda 
Usahakan untuk disiplin saat tidur. Jika anda terbiasa tidur di jam 22.00 setiap harinya maka cobakah untuk selau tidur di jam yang sama pada hari berikutnya. Pola ini akan membantunotak anda merekam pola tidur anda sehingga anda akan selalu di ingatkan sesaat sebelum anda tidur

10. Matikan lampu
Jika anda termasuk yang suka dengan lampu menyala saat tidur, hentikanlah kebiasaan ini karena menurut penelitian membiarkan lampu menyala saat tidur membuat anda akan mengalami banyak masalah kesehatan. Lagipula kebiasaan ini akan membuat anda sulit tidur. Penelitian menyebutkan bahwa kondisi gelap akan membuat kita lebih tenang. Kinerja otak pun optimal untuk memulai tidur. 

11. Jauhkan gadget yang mengganggu 
Selain membuat anda terus terjaga, konsentrasi terhadap gadget membuat anda fokus untuk mengurusi berbagai macam aktifitas yang bisa anda lakukan saat memegang gadget. lebih baik anda membaca buku saja, karena membaca buku akan membuat mata kita lelah dan gampang memulai tidur. 

oke, kawan. sulit tidur bukanlah suatu penyakit, namun kekurangan tidur akan mengakibatkan anda didekati oleh berbagai macam penyakit. Tidur nyenyak kawan....

Selamat sehat....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger