Benarkah Tidak Sarapan Bikin Langsing?

makan-besar-pagi-bikin-kurus
Orang-orang yang sedang menjalani program diet mungkin beranggapan bahwa semakin sedikit kesempatan untuk makan semakin besar kesempatan untuk menjadi kurus. Dan waktu yang tepat untuk tidak makan adalah pagi hari dengan dalih malas atau masih belum lapar. Karena itu mereka menghindari sama sekali sarapan pagi atau hanya sarapan pagi sekadarnya saja.

Sialnya, ternyata pemikiran ini kurang tepat. Sedikit makan pagi justru membuat tubuh sulit kurus. Sebaliknya dengan porsi makan yang banyak saat sarapan, justru membuat tubuh gampang kehilangan berat badan. Karena itu bisa di maklumi ada beberapa orang yang sarapan seadanya namun  tubuhnya justru  semakin melar.

Bagaimana bisa seperti ini?

Sebabnya adalah orang-orang dengan porsi sarapan yang lebih besar cenderung memiliki kadar hormon ghrelin yang lebih tinggi. Hormon tersebut berfungsi mengontrol nafsu makan, sehingga pada makan-makan berikutnya setelah sarapan cenderung tidak berlebihan.

Kesimpulan ini diambil dari sebuah penelitian yang yang melibatkan 93 perempuan dengan masalah Obesitas (Obes). Perempuan-perempuan ini dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok A  dan B. Kelompok A sarapan dengan porsi lebih banyak dari makan siang dan malam. Sedang kelompok B sarapan lebih sedikit porsinya dengan peningkatan porsi bertahap pada saat makan siang dan malam.


Hasil cukup menghentakkan. Dalam 12 minggu. perempuan Obes di kelompok A cenderung mengalami penurunan berat badan sebannya 8 kg. Sementara itu perempuan pada kelompok B hanya mengalami penurunan 3,3 kg. 

Meskipun begitu alangkah baiknya tidak makan dengan kandungan kalori berlebih. Hindari makanan dan minuman manis. Konsumsi lah makanan yang mengandung serat tinggi karena kata Astri Kurniati, S.T, MAppSc, Manager of Nutrition and Health Science Department dari Nutrifood Research CenterBahwa tubuh mencerna makanan berdengan serat tinggi dan berkadar gula rendah secara lambat sehingga akan akan menyediakan energi yang konstan dan membuat tubuh tidak cepat lapar pada siang harinya.

Kalau begitu Masihkah anda ragu sarapan besar hari ini? 


Referensi :detik.com, okezone.com, erabaru.net
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger