Cara membuat Hand sanitizer Alami!

cara-buat-hand-sanitizer-alami
Di Jaman penuh kuman, virus dan bakteri seperti sekarang, melindungi tubuh dari serangan maklhuk renik sangat diperlukan. Tidak menutup kemungkinan, maklhuk super kecil yang masuk ke tubuh kita akan menimbulkan penyakit bagi kita. Penyakit seperti tipes, kolera, mencret, influenza adalah beberapa contoh penyakit yang biasa timbul dikala kita tidak menjaga imun tubuh kita dengan baik. 

Tangan merupakan bagian tubuh yang sering membawa bibit penyakit. Celakanya, tangan jugalah yang sering kita gunakan untuk aktifitas sehari-hari. Karena itu kebersihan tangan mutlak sangat diperlukan agar ia tidak menjadi sarana bibit penyakit masuk ke tubuh kita. Bahkan beberapa orang yang berprofesi sebagi perawat, dokter, dan tenaga medis membutuhkan ke-sterilan tangan dalam mendukung pekerjaannya lain. Demikian juga para juru masak dan pramusaji. 

Karena itu sekarang banyak orang menggunakan hand sanitizer atau cairan anti septic yang di usapkan ke seluruh permukaan tangan. Cairan ini sangat mudah di apat, juga mudah sekali di gunakan. Hanya saja di balik kepraktisan ini ternyata ada titik lemahnya. Anda mesti mengetahui bahwa Hand sanitizer yang bebas di jual di pasaran saat ini bisa membuat kuman resisten atau kebal terhadap cairan anti septik itu. Kalau sudah kebal akhirnya percuma menggunakan hand sanitizer bukan?

Dilansir dari mom.me, Dr. Lawrence Rosen seorang dokter spesialis anak dan penulis Treatment Alternatives for Children menyatakan bahwa pembersih tangan instan akan membuat kuman menjadi resisten. Demikian juga cairan inin juga memiliki efek hormonal dan malah menurunkan sistem imun seseorang.

Lalu solusinya seperti apa?
Tidak usah kahawatir, alam sebenarnya telah menyediakan segala sesuatu untuk kemanfaatan manusia. Kita saja yang belum mengetahuinya. Berikut adalah beberapa bahan bersifat anti septic yang sangat mudah dibuat secara alami untuk dijadikan hand sanitizer alami. 

1. Menggunakan Cuka sebagai Hand sanitizer alami.

Cuka memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membunuh 99% bakteri. Selain itu, cuka juga tidak beracun, tidak menimbulkan polusi, dan tidak berbahaya juga jika termakan. Untuk menggantikan pembersih tangan instan, Anda bisa bawa sebuah botol kecil yang berisi cuka dengan sedikit campuran air. Menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal meneteskan cuka ke tangan Anda dan oleskan merata.

Apakah tidak berbau? Pada dasarnya, bau cuka yang tajam akan hilang dengan cepat dan membuat tangan Anda bersih seketika. Tetapi jika Anda tidak suka dengan baunya, Anda bisa tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau lemon. Jika anda masih tidak cocok, cara kedua di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi.

2. Campuran Bahan-Bahan Alami

Beberapa bahan alami ini jika dicampurkan akan menjadi pembersih tangan yang ampuh. Bahan-bahannya antara lain 150 cc air, 1 sendok teh lidah buaya yang sudah di hancurkan, 2 tetes larutan kayu manis, 2 tetes larutan cengkeh, 2 tetes larutan bunga rosemary, dan 2 tetes minyak kayu putih, dan jangan lupa 5 tetes minyak lemon. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam sebuah botol yang sudah biasa anda gunakan untuk menampung larutan obat.

Kayu manis, cengkeh, bunga rosemary, dan minyak kayu putih memiliki kandungan anti mikroba. Mencampurkan bahan-bahan tersebut dan menjadikannya sebagai pembersih tangan alami sangat efektif untuk membunuh kuman. Jika Anda merasa kesulitan mencari semua bahan tersebut, Anda bisa pilih satu dari bahan-bahan tersebut. Itu saja sudah cukup untuk membunuh kuman.

Itulah beberapa bahan yang disediakan alam yang ternyata sangat efektif membasmi kuman sebagai pengganti Hand sanitizer buatan pabrik. Menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami tentu lebih baik bukan?

Selamat sehat…

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger