Top sembilan, kebiasaan anti osteoporosis.

mencegah-mengobati-osteoporosis-tulang-rapuh
Apakah pernah terbayang di benak anda, bahwa suatu saat nanti saat anda menua dan berwajah keriput? Badan tak tegak lagi dan cara berjalan anda mirip kura-kura tersuruk-suruk lagi lambat. Suatu saat anda dan saya pasti begitu. Mengalami suatu kondisi yang disebut osteoporosis atau pengeroposan tulang

Tapi masalahnya ada yang belum tua atau belum terlalu tua tapi sudah mengalami hal seperti di atas. Bahkan usia masih 40-an namun sudah terasa tidak enak bergerak seperti saat usia belasan tahun. 

Ah. Itu hanya kebetulan! Tenang saja!

Eit, tunggu dulu. Kalau itu kebetulan kenapa ada juga orang yang masih segar bugar, cara jalannya pasti, postur badannya tegap dan tidak pernah merasakan sekalipun nyeri tulang, padahal usianya sudah 70-an. Apakah itu juga kebetulan? Tidak!

Menjadi tua memang sebuah kepastian. Namun semua kenyamanan terhindar dari penyakit terutama osteoporosis adalah sesuatu yang membahagiakan. Dan kenyamanan jauh dari osteophorosis itu bisa diusahakan, kok. Hanya perlu sedikit usaha dan konsistensi di masa muda untuk menikmati hasil di usia tua. 

Seperti biasa, anda akan saya ajak untuk memahami dulu apa itu osteoporosis. 

Apa itu osteoporosis?

Seperti daun-daun yang berasal dari tunas menghijau, kuning lalu gugur, tulang manusia juga mengalami hal serupa. Hal itu dinamakan demineralisasi. Atau hilangnya mineral tulang. Proses ini berjalan lambat. Akan dimulai pada usia 25 tahun. Tulang yang kehilangan mineral akan mengalami kerapuhan. Kerapuhan ini yang menjadi cikal bakal patah tulang atau pergeseran. Terutama sering terjadi pada pinggul, pergelangan tangan, tulang punggung dan tulang belakang. 

Untuk lebih lengkap memahami osteoporosis. Anda bisa klik di “ mengenal osteophorosis “
Lalu bagaimana cara agar kita dapat terhindar dari osteoporosis?

Kita benar-benar tidak bisa menghindari osteophorosis, seperti halnya kita tidak bisa menghindari usia tua. Yang kita bisa adalah memperlambat proses perapuhan tulang itu sehingga datang lebih lambat dari kebanyakan orang. 

Ada beberapa lagkah yang bisa kita perbuat agar terhindar dari osteoporosis di masa muda. Langkah langkah itu adalah :

1. Cukup mengkonsumsi kalsium

Kalsium merupakan zat sangat vital untuk perkembangan simpanan garam kalsium fosfat terbesar didalam tulang. Kalsium dalam makanan. Sebagian besar dokter merekomendasikan 1000-1200 mg kalsium perhari untuk pria dan wanita dewasa. Angka kebutuhan itu akan meningkat seiring pertambahan usia seseorang.

2. Cukup mengkonsumsi vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Ketika kekurangan vitamin D, tubuh tidak dapat menyerap kalsium dalm jumlah yang cukup kalsium untuk mencegah osteoporosis. Kekurangan vitamin D dapat berakibat dari kekurangan penyerapan vitamin oleh usus.

3. Tidak meminum minuman bersoda

Meminum minuman bersoda yang banyak mengandung fosfor tak ayal lagi sangat buruk bagi kesehatan tulang. Fosfor akan membuat tulang gampang mengalami keropos. Selain itu kandungan gula, karbohidrat yang kaya akan kalori juga akan membuat kita kelebihan kalori sehingga tidak baik bagi kesehatan secara umum.

4. Berlatih menjaga berat badan ideal

Jika anda punya berat badan berlebih, mari berlomba menguranginya. Sukur-sukur jika bisa sampai ideal ( cek di sini untuk mengetahui BB ideal anda ). Karena tak ada nilai lebih sama sekali bagi orang obes. Berat berlebih itu hampir membahayakan seluruh fungsi tubuh termasuk tulang. Secara logika jika berat badan kita over, maka tulang sebagai penyanngga tubuh juga akan over menahan beban tubuh kita. Karena itu kendalikan berat badan anda sekarang! 

5. Mengasup protein

Ingat di waktu kecil ibu selalu menyuruh kitamemperbanyak protein. Selain untuk pertumbuhan protein juga mampu menjaga pemebentukan tulang dan mepertahankannya agar selalu dalam kondisi baik. Itu semua dilakukan karena protein merupakan salah satu elemen penyusun tulang selain kalisum dan collagen.

6. Hindari steroid

Jika anda ingin mengerti secara detail tentang efek buruk steroid ini. Anda pantas untuk mengetahuinya di artikel “ membongkar efek samping kortiko steroid”. Di sana dijelaskan penggunaan steroid dalam jangka waktu lama akan menimbulkan efek kesehatan yang berarti, termasuk juga memperburuk kesehatan tulang. Corticosteroids menyebabkan pengurangan penyerapan kalsium di usus. Penggunaan kortikosteroid jangka panjang juga mampu meningkatkan kehilangan kalsium diginjal dan tulang.

7. Stop Merokok

Merokok sebenarnya bukanlah sesuatu yang mencetus terjadinya osteoporosis. Hanya saja jika memang telah terjadi kecenderungan menderita osteoporosis, maka rokok menjadi salah satu hal yang bisa saja memperburuk keadaan tulang yang sudah rapuh. Namun beberapa penelitian terbaru merokok mampu mengurangi massa tulang 5-10%. Bahkan pada wanita, merokok bisa membuat wanita ceapt mengalami menaupose sehingga semakin rentan terhadap osteoporosis.

8. Stop alkohol

Setali tiga uang dengan merokok, meminum alkohol berapapun kadarnya akan memperburuk keadaan tulang yang memang sudah ada kecenderungan merapuh. Apalagi jika cara minumnya seperti dewa mabuk dalam serial-serial kungfu china, tinggal menunggu saja berjalan sempoyongan bukan karena mabuk, tapi karena tulang kaki yang tidak bisa menyangga lagi badan karena osteoporosis. 

9. Olahraga yang tepat

Utamakan olahraga yang ringan namun berefek bagus bagi tulang, yaitu berjalan, naik tangga dan eorobik, dua jenis olahraga ini dapat meningkatkan kepadatan tulang.


Itulah sembilan besar kebiasaan yang mampu membuat kita terhindar dari osteporosis.

Sedia payung sebelum hujan. Cegah osteoporosis sebelum bertandang. Kesehatan tulang adalah tulang punggung kehidupan bahagia kita di masa datang.

Selamat sehat.....


Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger