Bagaimana cara sembuh dari mag atau gastritis?


Semakin banyak orang yang mengalami radang mukosa/dinding lambung atau gastritis selama ini. Namun hanya sedikit yang mengetahui bagaimana mengatasi penyakit yang disebut orang sebagai penyakit mag ini. Selebihnya penderita asam lambung hanya bisa menolong penyakitnya dengan obat-obatan penghilang rasa sakit atau obat-obatan mag yang tak pernah tuntas mengatasi asam lambung.

Gastritis timbul akibat meradangnya selaput yang melapisi dinding lambung sehingga menimbulkan beberapa gejala klinis. Nah, kumpulan dari beberapa gejala inilah yang kemudian menjadikan kualitas harian penderita menjadi menurun akibat sering merasakan sakit yang sangat di lambungnya.

Gejala-gejala penyakit lambung atau gastritis

Pada umumnya orang dengan gastritis akan mengalami suatu kondisi yang di sebut dyspepsia. Apa itu dyspepsia? Dyspepsia adalah kumpulan keluhan atau gejala klinis yang terdiri dari rasa tidak enak atau rasa sakit perut bagian atas yang menetap atau sering mengalami kekambuhan. Kumpulan keluhan itu bisa berupa nyeri di belakang dada, perih, sebah, perut terasa penuh walau belum makan, kembung, mual disertai muntah maupun tidak, perut terasa cepat kenyang sehingga tidak selera makan. Selain itu sering mengeluarkan gas yang berlebihan atau sering bersendawa, sering mengeluarkan air liur dalam volume yang banyak dapat dikategorikan sebagai gejala-gejala klinis penyakit gastritis.

Sebuah ciri khas lain yang bisa membedakan penyakit asam lambungdengan penyakit seputar perut lainnya adalah, rasa sakit yang di derita oleh penderita ada di area ulu hati atau bagian perut paling atas.

Jika memang anda sedang mengalami kondisi seperti di atas, segera periksakan ke dokter, apakah memang itu adalah gejala penyakit gastritis? Jika sudah jelas, jelas pulalah penanganan untuk mengatasi gejala lambung itu.

Cara untuk mengatasi asam lambung

Pada dasarnya penyakit asam lambung memang sulit disembuhkan. Namun walaupun begitu, membuat asam lambung tidak sering kambuh itu sudah menjadi hal baik bagi seseorang. Karena itu, cara mengatasinya juga bisa dengan atau tanpa obat.

Cara mengatasi asam lambung dengan jalan tanpa obat adalah dengan merubah gaya makan anda. Pola makan sehat harus segera diterapkan agar gastritis tidak sering kambuh. Waktu makan harus diatur. Dalam hal ini membiasakan makan tepat pada waktunya adalah sesuatu yang baik untuk mendukung proses penyembuhan. Pola makan harus disesuaikan dengan kebiasaa yang selama ini sudah terbentuk. Jangan telat atau juga jangan terlalu cepat. Jangan pernah merubah pola makan anda karena jika itu yang anda lakukan, lambung akan butuh penyesuaian lagi untuk membiasakan dengan kebiasaan yang baru. Jumlah makanan yang dikonsumsipun harus di atur. Jangan berlebihan, lebih-lebih kekurangan. Yang sedang-sedang sajalah...

Gaya hidup kedua adalah menyesuaikan makanan yag ramah terhadap lambung, makanan yang cocok untuk orang yang sedng mengalami gastritis adalh makanan yang tidak terlalu merangsang pengeluaran asam lambung berlebihan, hindari makanan yang banyak mengandung lemak, kopi, rokok, alkohol, pedas asam dan soda. Pada prinsipnya saat anda makan harus disiplin dalam jadwal, jumlah serta jenis.

Cara mengatasi asam lambung yang kedua adalah dengan jalan farmakologi artinya menggunakan obat-obatan  yang melapisi mukosa atau dinding lambung yang meradang. Obat-obatan yang sering beredar adalah jenis obat anti radang (promag dll) anti mual, anti muntah, atau golongan obat pelindung lambung.  

Perhatikan juga efek yang mungkin ditimbulkan oleh pengobatan yang dilakukan secara kimiawi. Jika bisa dengan merubah gaya makan, lebih baik itulah yang dilakukan terlebih dahulu sebelum ada memutuskan untuk menggunakan obat-obatan pabrik.  Mengobati asam lambung memang gampang-gampang susah. Namun dalam kesusahan itu tidak ada hal yang mustahil di lakukan.

Selamat sehat.....
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger